Bohong VS Dusta

Hanya cerita belaka obat untuk orang galau.
Alkisah, tersebutlah seorang laki-laki yang punya hobi berbohong dan pembual, sampai tidak masuk akal. Untung saja ada yang bermaksud baik, ingin menghentikan kelakuannya itu. Maka, suatu hari, ketika pembohong itu berkumpul dengan orang banyak, laki-laki yang punya maksud baik itu memancing dan berkata kepada laki-laki pembohong itu:
Laki-laki yang baik : “ceritakan dulu kabar terkhir yang kamu ketahui”
Langsung saja laki-laki pembohong itu menjawab penuh dengan semangat.
Laki-laki pembohong :”Kemaren,” katanya.”Saat hendak melaksanakan shalat zuhur, ayahku mengambil air wudhu disungai. Tiba-tiba dia melihat seekor ikan yang sangat besar melintas dengan begitu cepat. Ayahku sempat melihat kepala ikan, karena ikan itu sangat panjang, dia tidak melihat ekornya. Bahkan, ketika ayahku kembali lagi kesungai mengambil air wudhu shalat Ashar, dia belum juga melihat ekornya. Tetapi tak lama kemudian, ayahku melihat ekor ikan itu lewat di depan matanya.”
Laki-laki yang baik menimpali :”Ayahku bekerja di pabrik pembuat periuk besi. Baru saja dia dan seribu orang lainnya membuat periuk raksasa. Antara tepi yang satu dengan yang lainnya membutuhkan waktu satu jam bila ditempuh dengan berjalan kaki. Periuk itu setinggi gunung.”
Mendengar cerita tersebut, sang pembohong langsung protes.
Laki-laki pembohong : “Masakan apa yang bakal dimasak di dalam periuk buatan ayahmu tersebut?”
Laki-laki yang baik : “Periuk itu katanya khusus untuk memasak ikan yang kemaren dilihat ayahmu.” Disambut ketawak orang banyak yang ada di situ.....
Akhirnya yang suka berbohong sadar sendiri,,,,
Share on Google Plus

About Bacaan madani

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Post a Comment