Thursday, June 23, 2016

5 Pristiwa Penting Yang Terjadi di Bulan Ramadhan


Bulan Ramadhan dipercaya sebagai bulan yang penuh berkah dan ampunan. Karena di bulan Ramadhan Allah membuka pintu rahmat-Nya dengan seluas-luasnya. Dan di tahun ini, bulan Ramadhan sudah dekat dan bahkan hanya menghitung berapa hari saja.

Banyak orang yang meningkatkan intensitas ibadahnya di bulan Ramadhan, selain itu banyak hal lain yang dilakukan pada bulan Ramadhan seperti memperingati turunnya Alquran, mencari malam Lailatul Qadar, dan masih banyak yang lainnya.

Bulan Ramadhan juga bulan yang bersejarah bagi umat Islam, banyak sekali hal-hal dan peristiwa-peristiwa penting yang terjadi pada bulan suci Ramadhan ini. Jika melihat sejarah kebelakang, ada banyak sekali peristiwa penting dalam Islam yang terjadi pada bulan suci Ramadhan ini. 

Berikut di bawah ini adalah beberapa pristiwa yang terjadi diantaranya pada bulan Ramadhan, 

1. Bulan Diturunkannya Al-Qur'an.
Al-Qur'an adalah kitab suci umat Islam yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai petunjuk dan pedoman hidup manusia. Allah menurunkan Alquran pada bulan Ramadhan.

Alquran yang diturunkan Allah kepada nabi Muhammad adalah kitab terakhir yang Allah turunkan,  dan berlaku sepanjang zaman dan Allah menjamin kemurniannya.

Allah SWT berfirman:

Artinya : "(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur." (QS. Al-Baqarah : 185)

2. Bulan diturunnya Taurat, Zabur, Injil dan Suhuf Nabi Ibrahim.
Begitu istimewanya Ramadhan sehingga Allah memilih bulan suci ini sebagai bulan diturunkannya kitab-kitab-Nya. Taurat, Zabur, Injil dan Alquran turun pada bulan Ramadhan.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh imam Ahmad, Rasulullah bersabda,

"Suhuf Ibrahim diturunkan pada malam pertama Ramadhan, Taurat diturunkan pada enam Ramadhan, Injil diturunkan pada tiga belas Ramadhan, dan Allah menurunkan Al-Quran pada dua puluh empat Ramadhan." (HR. Ahmad)

Telah diriwayatkan pula hadits dari Jabir bin 'Abdullah radhiyallahu 'anhu. Di dalamnya disebutkan,

"Bahwasannya Zabur diturunkan pada dua belas Ramadhan dan Injil pada sepuluh Ramadhan."

3. Bulan Terjadinya Perang Badar.
Badar adalah pertempuran besar pertama antara umat Islam melawan musuh-musuhnya. Perang ini terjadi pada 17 Maret 624 Masehi atau 17Ramadan 2 Hijriah. Pasukan kecil kaum Muslim yang berjumlah 313 orang bertempur menghadapi pasukan Quraisy dari Mekkah yang berjumlah 1.000 orang. Setelah bertempur habis-habisan sekitar dua jam, pasukan Muslim menghancurkan barisan pertahanan pasukan Quraisy, yang kemudian mundur dalam kekacauan.

4. Pembebasan Mekkah. 
Pembebasan Mekkah (Fathu Makkah) merupakan peristiwa yang terjadi pada tahun 630 tepatnya pada tanggal 10 Ramadan 8 H, di mana Nabi Muhammad SAW beserta 10.000 pasukan bergerak dari Madinah menuju Mekkah, dan kemudian menguasai Mekkah secara keseluruhan tanpa pertumpahan darah sedikitpun, sekaligus menghancurkan berhala yang ditempatkan di dalam dan sekitar Ka'bah.

Pada tanggal 10 Ramadhan 8 H, Rasulullah dan 10.000 pasukan bergerak dari Madinah menuju Mekkah, dan kemudian menguasai Mekkah secara keseluruhan tanpa pertumpahan darah sedikitpun dan sekaligus menghancurkan berhala yang ada di sekitar Ka'bah, inilah salah satu kemenangan umat Islam terbesar di bulan suci Ramadhan.

5. Perintah Pemindahan Kiblat Umat Islam.
Sebelum Ka'bah di Masjidil Haram, kiblat umat muslim adalah Baitul Maqdis di Palestina. Namun bersamaan dengan turunnya ayat tentang kewajiban berpuasa di bulan Ramadan, Allah memerintahkan Rasulullah untuk memindahkan kiblat umat Islam dari Baitul Maqdis di Palestina ke Masjidil Haram di Mekkah. Hal ini sebagai penegasan bahwa semula kaum Yahudi merasa lebih benar dengan sebab puasa dan kiblatnya diikuti umat Islam.

Allah berfirman:

Artinya : "Sungguh Kami (sering) melihat mukamu menengadah ke langit, maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan dimana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya. Dan sesungguhnya orang-orang (Yahudi dan Nasrani) yang diberi Al Kitab (Taurat dan Injil) memang mengetahui, bahwa berpaling ke Masjidil Haram itu adalah benar dari Tuhannya; dan Allah sekali-kali tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan." (QS. Al-Baqarah  :144)

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang kejadian-kejadian penting di bulan Ramadhan. Mudah-mudahan kita dapat mengambil hikmah dari kejadian tersebut. Aamiin.

No comments:

Post a Comment