Saturday, September 14, 2019

Contoh Sikap Tawazun (Seimbang) dalam Menjalani Kehidupan

a. Kisah tiga sahabat yang tidak bersikap tawazun dalam hidup
Rasulullah SAW memerintahkan kita untuk bersikap tawazun dalam menjalani kehidupan, seperti contoh kisah para sahabat Rasulullah saw. Ada tiga orang sahabat Rasulullah saw yang datang kepada beliau dan mengutarakan maksudnya masingmasing, orang yang pertama mengatakan bahwa dia tidak akan menikah selama hidupnya, kemudian orang yang kedua mengatakan bahwa dia akan berpuasa setiap hari dan terus menerus seumur hidupnya dan yang terakhir mengatakan bahwa ia akan sholat tanpa henti, namun apa kata Rasulullah Saw, kalian jangan seperti itu, masing-masing urusan ada haknya, urusan dunia haknya sedangkan urusan akhirat ada juga haknya, jalankanlah hal itu dengan seimbang. Hal ini ada dalam hadis berikut:
Artinya: "Anas bin Malik r.a. berkata: “Ada tiga orang yang mendatangi rumah-rumah istri Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam menanyakan ibadah Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam. Maka tatkala diberitahu, mereka merasa seakan akan tidak berarti (sangat sedikit).

Mereka berkata: ‘Di mana posisi kami dari Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam, padahal beliau telah diampuni dosa-dosanya baik yang lalu maupun yang akan datang.’

Salah satu mereka berkata: ‘Saya akan qiyamul lail selama-lamanya.

Yang lain berkata: ‘Aku akan puasa selamanya.’

Dan yang lain berkata: ‘Aku akan menghindari wanita, aku tidak akan pernah menikah.’

Lalu datanglah Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam seraya bersabda: ‘Kaliankah yang bicara ini dan itu, demi Allah, sungguh aku yang paling takut dan yang paling takwa kepada Allah. Akan tetapi aku berpuasa dan berbuka, aku sholat, aku tidur, dan aku juga menikah. Barang siapa yang benci terhadap sunnahku, maka ia tidak termasuk golonganku.”(HR. Al-Bukhari).

b. Kisah Abu Darda’ yang tidak tawazun dalam hidup dan ditegur oleh saudaranya Salman Al Farisi, kemudian mereka mengadu kepada Rasulullah saw. Dan beliau bersabda:
Artinya: “Sesungguhnya Tuhanmu mempunyai hak, tubuhmu mempunyai hak, dan juga keluargamu mempunyai hak atasmu. Maka berikanlah hak itu pada semuanya”

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang contoh sikap tawazun (seimbang) dalam Menjalani Kehidupan. Sumber Modul 4 Konsep Tawassuth, Tawazun dan Tasamuh dalam Al Quran Hadis PPG dalam Jabatan Tahun 2019 Kementerian Agama Republik Indonesia JAKARTA 2019. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.

No comments:

Post a Comment