Inilah Perbedaan Sedekah, Hibah dan Hadiah



Sedekah ialah pemberian sesuatu kepada seseorang yang membutuhkan, semata-mata hanya mengharap ridha Allah. Mengenai Shadaqah Allah swt berfirman:

Artinya:

Maka ketika mereka masuk ke (tempat) Yusuf, mereka berkata: "Hai Al Aziz, kami dan keluarga kami Telah ditimpa kesengsaraan dan kami datang membawa barang-barang yang tak berharga, Maka sempurnakanlah sukatan untuk kami, dan bersedekahlah kepada kami, Sesungguhnya Allah memberi balasan kepada orang-orang yang bersedekah". (Q.S. Yusuf : 88)

Dalam ayat lain, Allah juga berfirman:

Artinya:

"Dan kamu tidak menafkahkan, melainkan karena mencari keridhaan Allah dan sesuatu yang kamu belanjakan, kelak akan disempurnakan balasannya sedang kamu sedikitpun tidak akan dianiaya". (QS. Al-Baqarah: 272)

Pemberian sedakah hendaknya benar-benar ikhlas, jangan sampai ada rasa riya’ atau pamrih. Kemudian setelah shadaqah diberikan kita tidak boleh menyebut-nyebut pemberian kita lebih-lebih memperolok-olok si penerima shadaqah. Karena hal tersebut dapat menghapus pahala sedekah.

Hibah, Menurut bahasa hibah artinya pemberian. Sedangkan menurut istilah hibah ialah pemberian sesuatu kepada seseorang secara cuma-cuma, tanpa mengharapkan apa-apa.

Hukum asal hibah adalah mubah (boleh). Tetapi berdasarkan kondisi dan peran si pemberi dan si penerima hibah bisa menjadi wajib, haram dan makruh.

Hadiah adalah pemberian sesuatu kepada seseorang dengan maksud untuk memuliakan atau memberikan penghargaan. Rasulullah SAW menganjurkan kepada umatnya agar saling memberikan hadiah. Karena yang demikian itu dapat menumbuhkan kecintaan dan saling menghormati antara sesama.

Rasulullah saw. bersabda :

"Hendaklah kalian saling memberikan hadiah, niscaya kalian akan saling menyayangi" (HR. Abu Ya'la)

Hukum hadiah adalah mubah. Nabi sendiri juga sering menerima dan memberi hadiah kepada sesama muslim, sebagaimana sabdanya:

"Rasulullah saw menerima hadiah dan beliau selalu membalasnya". (HR. AI Bazzar)

Perbedaan:
Shadaqah diberikan oleh seseorang atas dasar untuk mencari ridha Allah semata.

Hibah diberikan kepada seseorang atas dasar rasa kasih sayang, iba atau ingin mempererat tali silaturrahim.

Hadiah diberika kepada seseorang sebagai bentuk penghargaan atas prestasi yang telah dicapai
Hukum asal shadaqah adalah sunnah sementara hibah dan hadiah adalah mubah.

Sedangkan persamaannya adalah:

1. Sebagai pernyataan rasa syukur kepada Allah SWT. yang diwujudkan dengan memberi
    sebagian harta kepada orang lain.
2. Dapat menciptakan rasa kasih sayang, kekeluargaan dan persaudaraan yang lebih intim
    antara pemberi dan penerima.

Demikianlah sahabat bacaan ulasan tentang perbedaan sedekah, hibah dan hadiah. Semoga artikel ini semoga bermanfaat unuk kita. Aamiin.
Share on Google Plus

About Bacaan madani

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Post a Comment