Sedikit Yang Menyadari Tiga Tanda Pasti Sebelum Ajal Tiba

Ajal adalah berpisahnya jasad dengan ruh. Ajal merupakan ketentuan Allah Swt. yang tidak diketahui oleh siapapun, kapan, dimana diwafatkan. Setiap yang bernyawa akan merasakan kematian. Sebab tidak makhluk Allah Swt yang kekal di atas dunia.

Kematian adalah kepastian yang akan dialami oleh setiap manusia sebagaimana yang telah ditegaskan dalam firman Allah SWT,

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ

"Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati." (QS Ali Imran : 185)

Setiap manusia yang meninggal, secara tidak langsung Allah Swt telah memberikan tanda kepada manusia. Walaupun banyak manusia yang tidak menyadarinya. Hal ini pernah di sampaikan malaikat Izrail kepada nabi Ya’kub AS.

Dikisahkan bahwa malaikat pencabut nyawa atau yang sering kita dengar dengan istilah malaikat maut, yaitu malaikat Izrail yang bersahabat dengan Nabi Ya'kub AS. Suatu ketika Nabi Ya'kub berkata kepada malaikat maut. "Saya menginginkan sesuatu yang harus kamu penuhi sebagai tanda persaudaraan kita."

"Apakah itu?" tanya malaikat maut. "Jika ajalku Sudah dekat, kasih tahu aku." Malaikat maut berkata, "Baiklah saya akan memenuhi permintaanmu, saya tidak hanya akan mengirim satu utusanku, namun saya akan mengirim dua atau tiga utusanku." Setelah nabi Ya'kub dan malaikat Izrail sepakat, Malaikat Izrail dan nabi Yakub kemudian berpisah.

Setelah beberapa lama, malaikat Izrail kembali menemui Nabi Ya'kub. Kemudian, Nabi Ya'kub bertanya, "Wahai sahabatku, apakah engkau datang untuk berziarah atau untuk mencabut nyawaku?"

"Saya datang untuk mencabut nyawamu." Jawab malaikat Izrail. "Lalu, mana ketiga utusanmu?" tanya Nabi Ya'kub. "Sudah saya kirim." Jawab malaikat, "Putihnya rambutmu setelah hitamnya, lemahnya tubuhmu setelah kekarnya, dan bungkuknya badanmu setelah tegapnya. Wahai Ya'kub, itulah utusanku untuk setiap anak cucu Adam."

Dari kisah singkat di atas, menunjukkan begitu sayangnya Allah Swt kepada kita. kita masih diberikan peringatan kepada kita sebelum ajal menjemput kita. Artinya kita diberikan kesempatan untuk lebih meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah Swt. Pada umumnya manusia akan menjumpai tiga tanda tersebut. Tiga tanda tersebut adalah memutihnya rambut yang sebelumnya hitam; melemahnya fisik yang sebelumnya kekar dan kuat, dan bungkuknya badan yang sebelumnya tegap.

Tujuan akhir dari hidup kita di dunia ini adalah wafat dalam keadaan beragama Islam. sebagaimana firman Allah Swt.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

"Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dengan sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam." (QS Ali Imran : 102)

Sebelum ajal tiba, tentunya kita harus menyiapkan diri untuk bekal di akhirat kelak. Rasulullah SAW mengingatkan agar kita bersegera untuk menyiapkan bekal dengan beramal saleh. Bersegeralah kamu beramal sebelum datang tujuh perkara: kemiskinan yang memperdaya, kekayaan yang menyombongkan, sakit yang memayahkan, tua yang melemahkan, kematian yang memutuskan, dajjal yang menyesatkan, dan kiamat yang sangat berat dan menyusahkan." (HR Tirmidzi).

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang 3 tanda yang menemui kita sebelum ajal tiba. Mudah-mudahan kita sadar dengan tanda tersebut. Aamiin.
Share on Google Plus

About Bacaan madani

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Post a Comment