Pengertian Kitab Zabur, Isi Kitab Zabur dan Tujuan Diturunkan Kitab Zabur

Zabur adalah kitab suci yang diturunkan pada Nabi Daud As. untuk dijadikan petunjuk dan bimbingan baginya dan umatnya. Secara bahasa, Zabur berasal dari kata Zabaro-yazburu-zabrun yang artinya tulisan. Jadi Zabur menurut arti aslinya adalah kitab tertulis.

Firman Allah Swt dalam al-Quran.

وَرَبُّكَ أَعْلَمُ بِمَن فِي السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَلَقَدْ فَضَّلْنَا بَعْضَ النَّبِيِّينَ عَلَى بَعْضٍ وَءَاتَيْنَا دَاوُدَ زَبُورًا

Artinya:

"Dan Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang (ada) di langit dan di bumi. Dan sesungguhnya telah Kami lebihkan sebagian nabi-nabi itu atas sebagian (yang lain), dan kami berikan Zabur (kepada) Daud." (QS. Al Israa' : 55)

Zabur atau juga disebut Mazmur.Mazmur berisi 150 nyanyian dan pujian kepada Allah Swt.atas segala nikmat-Nya, dzikir, do’a, nasihat, dan hikmah.

Firman Allah Swt dalam al-Quran :

وَلَقَدْ كَتَبْنَا فِي الزَّبُورِ مِن بَعْدِ الذِّكْرِ أَنَّ اْلأَرْضَ يَرِثُهَا عِبَادِيَ الصَّالِحُونَ

Artinya :

"Dan sungguh telah Kami tulis di dalam Zabur sesudah (Kami tulis dalam) Lauh Mahfudz, bahwasanya bumi ini dipusakai oleh  hamba-hamba-Ku yang saleh." (QS. Al Anbiyaa'  :105)

Kitab Zabur diturunkan Allah Swt sebagai petunjuk jalan yang lurus bagi umat Nabi Daud As.Kitab zabur juga sebagai kabar gembira bahwa bumi ini dipusakai kepada hamba yang sholeh dan pemberi peringatan agar tidak alasan bagi manusia untuk mengingkari adanya Allah Swt.

Baca Juga10 Isi Utama dalam Kitab Taurat Serta Fungsi dan Tujuan di Turunkan Taurat

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang kitab zabur serta isi kitab zabur dan tujuan di turunkan Allah Swt kepada Nabi Daud dan Umatnya.
Share on Google Plus

About Bacaan madani

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Post a Comment