Senin, 19 Maret 2018

Kunci Jawaban Soal Materi Ekonomi Islam Kelas XI SMA/SMK K 13

Kembali Ke Soal
Kunci Jawaban Soal Pendidikan Agama Islam Materi Ekonomi Islam Kelas XI SMA/SMK K 13
I. Kunci Jawaban Objektif.
1. e. 1, 3, dan 4
2. b. 1, 3, dan 4
3. d. atas kehendak sendiri
4. d. kerugian dalam waktu berusaha ditanggung oleh mudarrib
5. e. para karyawan perusahaan asuransi harus orang Islam
6. d. Qardul hasan
7. b. Musyarakah
8. a. Riba Fadli
9. c. Muzara’ah
10. c. Mudarabah mutlaqah

II. Kunci Jawaban Essay
1. Tuliskan pengertian riba dan macam-macamnya!
Riba adalah bunga uang atau nilai lebih atas penukaran barang. Hal ini sering terjadi dalam pertukaran bahan makanan, perak, emas, dan pinjam-meminjam.
1. Riba Fadli 2. Riba Qord 3. Riba Yadi 4. Riba Nasi’ah

2. Tuliskan tiga contoh jual-beli yang dianggap batil!
a. Jual beli barang yang tidka halal dan tidak suci. Haram menjual arak dan bangkai, begitu juga babi danberhala, termasuk lemak bangkai tersebut;
b. Menjual barangyang tidak dapat diserah terimakan. Contohnya, menjual ikan dalam laut atau barang yang sedang dijadikan jaminan sebab semua itu mengandung tipu daya.
c. Menjual barang yang bukan milik sendiri kecuali diberi kuasa.

3. Tuliskan pengertian syirkah dan macam-macamnya!
Secara bahasa, kata syirkah (perseroan) berarti mencampurkan dua bagian atau lebih sehingga tidak dapat lagi dibedakan antara bagian yang satu dengan bagian yang lainnya. Menurut istilah, syirkah adalah suatu akad yang dilakukan oleh dua pihak atau lebih yang bersepakat untuk melakukan suatu usaha dengan tujuan memperoleh keuntungan.
1) Syirkah ‘Inan
2) Syirkah ‘Abdan
3) Syirkah Wujuh
4) Syirkah Mufawadah

4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan syirkah wujuh dan berikan contohnya!
Syirkah wujuh adalah kerja sama karena didasarkan pada kedudukan, ketokohan, atau keahlian (wujuh) seseorang di tengah masyarakat. Syirkah wujuh adalah syirkah antara dua pihak yang sama-sama memberikan kontribusi kerja (amal) dengan pihak ketiga yang memberikan konstribusi modal (mal).
Contohnya: A dan B adalah tokoh yang dipercaya pedagang. Lalu A dan B bersyirkah wujuh dengan cara membeli barang dari seorang pedagang secara kredit. A dan B bersepakat bahwa masing-masing memiliki 50% dari barang yang dibeli. Lalu, keduanya menjual barang tersebut dan keuntungannya dibagi dua. Sementara harga pokoknya dikembalikan kepada pedagang.

5. Kemukakan perbedaan antara perbankan konvensional dan perbankan syari’ah!
Bank konvensional Bank konvensional ialah bank yang fungsi utamanya menghimpun dana untuk disalurkan kepada yang memerlukan, baik perorangan maupun badan usaha, guna mengembangkan usahanya dengan menggunakan sistem bunga.

Sedangkan bank syari'ah sistem bagi hasil atau bank yang menjalankan operasinya menurut syariat Islam. Istilah bunga yang ada pada bank konvensional tidak ada dalam bank Islam. Bank syariah menggunakan cara yang bersih dari riba.

Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.