Sunday, April 15, 2018

Ilmu yang di Kuasai Aisyah dan Jumlah Hadis yang Diriwayatkannya

Aisyah adalah istri Nabi Muhammad Saw, putri Abu Bakar as-Siddiq sahabat dan orang yang paling dikasihi Nabi Muhammad Saw.. Aisyah masuk Islam ketika masih kecil sesudah 18 orang yang lain. Rasulullah Saw memperistrinya pada tahun 2 H. Beliau mempelajari bahasa, syair, ilmu kedokteran, nasab-nasab (ansab) dan hari-hari Arab. Ia dikutip sebagai sumber dari banyak hadits, di mana kehidupan pribadi Nabi Muhammad Saw menjadi topik yang sering dibicarakan.

Berkata Ibnu Abdil Barr,

“Aisyah adalah satu-satunya wanita di zamannya yang memiliki kelebihan dalam tiga bidang ilmu: ilmu fiqih, ilmu kesehetan, dan ilmu syair.”

Berkata Az-Zuhri:

“Andaikata ilmu yang dikuasai Aisyah dibandingkan dengan yang dimiliki semua istri Nabi Saw dan ilmu seluruh wanita niscaya ilmu Aisyah yang lebih utama”.

Urwah juga mengatakan:

“Aku tidak pernah melihat seorangpun yang mengerti ilmu kedokteran, syair dan fiqh melebihi ‘Aisyah”.

Abu Musa al-Asy'ari berkata:

“Tidak ada sesuatu yang sulit pada kami kemudian kami tanyakan kepada Aisyah kecuali kami dapatkan ilmu padanya dan dia tidak wafat sehingga ilmu tersebar di tengah-tengah umat, sehingga dikatakan bahwa seperempat hukum syara’ diriwayatkan dari padanya.”

Berkata Abu Musa al-Asy’ari,

“Tidaklah kami kebingungan tentang suatu hadits lalu kami bertanya kepada Aisyah, kecuali kami mendapatkan jawaban dari sisinya.” (Lihat Shahih Sunan at-Tirmidzi (3044))

Jumlah hadis yang diriwayatkan `Aisyah sebanyak 2.210 buah hadis. Imam al-Bukhari meriwayatkan darinya sebanyak 54 hadis dan Muslim meriwayatkan sebanyak 68 hadis. Ia meninggal pada tahun 57 H/668 M pada bulan Ramadhan sesudah melakukan shalat witir. dan Abu Hurairah ikut menshalatkannya.
Baca Juga :
4. Biografi Abdullah bin Amr bin ‘As ra dan Jumlah Hadis yang Diriwiyatkannya
5. Biografi Abdullah bin ‘Abbas ra dan Jumlah Hadis yang Diriwayatkannya

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang ilmu yang di kuasai Aisyah dan jumlah hadis yang diriwayatkannya. Semoga kita dapat mengambil pelajaran dari pembahasan tersebut. Aamiin. Sumber Hadis Ilmu Hadis Kelas X MA, Kementerian Agama Republik Indonesia, Jakarta 2014. Kujungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.

No comments:

Post a Comment