Senin, 27 Februari 2017

Manusia Pertama yang Mengetuk Pintu Surga

Surga adalah tempat yang sangat dirindukan oleh seluruh orang beriman ketika hidup di dunia. Dan untuk mendapatkannya tiket antri tersebut, mereka telah banyak berkorban dengan harta, jiwa, dan raga. Surga itu memiliki delapan pintu. Sebagaimana Sabda Rasulullah Saw.

Dari Ubadah, Rasulullah Saw bersabda, “Barangsiapa yang bersaksi tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan tiada sekutu bagi-Nya, Muhammad adalah hamba dan utusan Allah, Isa adalah hamba Allah dan anak dari ibunya (Maryam), ia adalah kalimat dan Ruh dari-Nya yang Dia sampaikan kepada Maryam, bersaksi bahwa surga benar adanya, dan neraka benar adanya, maka Allah akan masukkan dia dari delapan pintu surga yang mana saja yang Dia kehendaki.” (HR. Bukhari)

Dari penjelasan hadits tersebut bahwa orang yang masuk surga itu adalah orang yang taat kepada Allah dan Rasulnya. Akan tetapi diantara umat manusia yang taat kepada Allah itu tidak sekaligus masuk surga. Ada yang dahulu ada juga yang belakangan. Lalu siapakah manusia pertama yang mengetuk pintu surga dan siapa pula manusia pertama yang masuk kedalam surga?
Diriwayatkan dari Annas ra, Rasulullah bersabda :

"Pada hari kiamat saya datang ke pintu surga, kemudian Aku meminta supaya pintu tersebut terbuka." Penjaganya berkata : "Siapakah Anda?", Saya menjawab : "Saya adalah Muhammad", penjaga Surga berkata : "betul, aku diperintahkan untuk tidak membuka pintu surga bagi selain Engkau". (HR. Muslim)

Dalam riwayat lain disebutkan, Rasulullah Saw bersabda :

"Saya adalah orang pertama yang menggerak-gerakan rantai pintu surga, kemudian pintu tersebut di buka untuk ku dan aku masuk kedalamnya, bersamaku adalah kaum fakir dan orang-orang yang beriman, dan tidak ada kebanggaan dalam hal ini, saya adalah orang yang paling mulia dari manusia generasi pertama dan terakhir dan tidak ada kebanggan yang melibihi daripada itu" (HR. TIrmidzi dan Darimi)

Diriwayatkan dari Anas bin Malik ra, Rasulullah Saw bersabda :

"Saya adalah orang yang paling banyak pengikutnya pada hari kiamat, dan saya adalah orang yang pertama kali mengetuk pintu surga." (HR . Muslim)

Tapi apakah Hanya Rasulullah orang yang pertama kali Masuk kedalam Surga ?

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah bersabda:

"Saya adalah orang yang pertama kali membuka pintu surga, namun aku didahului oleh seorang wanita, Saya tanyakan kepadanya : "Kenapa anda mendahului ku siapakah anda ??", Wanita tersebut menjawab : "Saya adalah seorang wanita yang melayani anak yatim"
(Sumber : Hadil Arwaah Ila Biladir Afrah oleh : Ibnu Qayyim al-Jauziyah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.