Wednesday, July 18, 2018

Tips Menghafal Al Qur’an 1 Bulan Mutqin 2 juz

Oleh Muhammad Farhan Izzuddin
<farhn20@gmail.com>
“Menghafal itu gak sulit, cuman menantang aja!” –Hans
Banyak dari kita sering mendengar kalo seorang Hafidz atau Hafidzhoh itu keren. Dan ganjaran bagi orang yang telah memegang gelar tersebut ialah memberikan mahkota kepada kedua orangtuanya kelak di Syurga. Amazing Bukan!.

Tidak sedikit orang telah menyelesaikan hafalannya. Ada yang selesai setor dalam kurun waktu 30 hari, 28 hari, bahkan ada yang 15 hari!. Tapi apakah hafalan tersebut betul-betul melekat dalam ingatan?. Mungkin sebagian orang ada yang memiliki kemampuan ingatan yang kuat, sehingga dapat mengingat hafalan dengan mudah dan tersimpan di otak kecil dan masuk kedalam ingatan jangka panjang. Akan tetapi, gak semua orang bisa seperti itu bukan? Nah berikut adalah tips untuk kita-kita yang kurang cepat dalam mengingat hafalan dengan menerapkan 1 bulan 2 juz.

1. Niat.

“Innamal A’maalu bin Niaat…” Sesungguhnya segala perbuatkan itu tergantung pada Niatnya. Di tips yang pertama ini, teman-teman wajib meluruskan niat teman-teman nih. Menghafal Al-Qur’an ini untuk siapa? Apa cuman buat ajang keren-kerenan kah? Atau untuk Allah SWT semata. Karna dalam niat ini, sangat mempengaruhi perjalana menghafal kalian tema-teman. Tidak sedikit para pejuang penghafal Al-Qur’an itu yang berhenti ditengah jalan karena niat mereka kurang kuat dan lurus karena Allah SWT. So, Niatkan pada diri teman-teman masing-masing dengan sepenuh hati, untuk menghafal karena Ridho Allah SWT.

2. Pola tidur.

Kenapa pola tidur? Kenapa gak pola makan?, (temen-temen ini bukan tips diet, ini tips menghafal). Baik, kenapa pola tidur adalah salah satu tips-nya?. Jelas dong, karena dengan kita mengoptimalkan pola tidur kita, maka tubuh akan mendapatkan kondisi optimal untuk kita menghafal dengan baik. Disini ane menyarankan temen-temen untuk tidur maksimal di jam 10.00 malam, dalam kondisi lampu kamar dalam keadaan mati ya!. Karna otak pun butuh istirahat.

3. Mulai menghafal.

Di tips ini ane bakal bagiin caranya 1 hari dapet 2 halaman dengan lancar, caranya adalah; Mulailah mengafal pada jam 04.00 pagi, atau 1 jam sebelum subuh. Kenapa? Dengan menghafal diwaktu tersebut keadaan katup otak kita sedang terbuka dan fresh, dan itu memudahkan kita untuk menghafal. Usahakan dalam waktu ini teman-teman dapat menghafal 1 halaman ya!(lebih banyak lebih bagus). Setelah selesai menghafal 1 halaman dengan baik(lancar), silahkan teman-teman ulangi hafalan tersebut didalam sholat 2 rokaat sebelum subuh(setengah halaman di rokaat pertama dan setengah halamannya dirokaat kedua).

Untuk menghafal 1 halaman berikutnya, ane saranin mulai menghafal diwaktu mulai diperbolehkannya sholat Dhuha yaitu di jam 07.00 pagi ya teman-teman. Nah, setelah hafal halaman yang ke-2 ini silahkan teman-teman murojaah dari halaman yang pertama teman-teman hafal. Kemudian kalian murojaah di sholat Dhuha, cukup 2 rokaat saja. Rokaat pertama untuk halaman pertama dan rokaat kedua untuk halaman ke-2.

Sebagai catatan yaa teman-teman. Untuk menghafal di waktu Dhuha ini hanya opsi tambahan, kalua misalkan teman-teman sudah bisa langsung 2 halaman di waktu sebelum subuh yaa lebih bagus. Jadi teman-teman tinggal murojaah diwaktu Dhuha aja, tidak engan menghafal, tapi bagus lagi klo teman-teman sanggup untuk menambah hafalan.

4. Waktu muroja’ah.

Jadikan murojaah itu sebanyak teman-teman bernafas. Jadi, usahakan disegala aktifitas teman-teman semua jadikan itu sebagai waktu dari murojaah teman-teman semua. Lagi naik motor, naik mobil, main bola, lagi duduk santai, dan waktu kosong teman-teman deh pokonya, dari pada cuman bengong kan? Mending murojaah. My Murojaah, My Adventure!

5. Waktu setoran.

Untuk waktu setoran hafalan yang  sudah teman-teman hafalkan di pagi hari tadi(maksudnya setoran sebaya ya, atau ke ustad atau ke orang tua teman-teman). Jadwalkan di pagi hari jam 9-10 pagi teman-teman. Dan di waktu setelah sholat Isya’, pada jam 20.00 malam. Untuk memperkuat hafalan teman-teman semua.

So, sangat mudah bukan? Coba kita ulas kembali nih teman-teman. Dalam 1 hari kita dapat menghafal 2 halaman, 10 hari kita bisa dapat 1 juz! Insya Allah lancar-car car carrrrr!. 1 bukan kana da 30 hari, brarti bisa dapet 3 juz dong? Ets, memurojaah hafalan itu tidak semudah kita menghafalkan Al-Qur’an temen-temen. Bahkan seorang sahabat nabi pernah mengatakan “hilangnya hafalan Qur’an itu secepat kuda yang terlepas dari ikatannya”. Jadi, disini ane sarankan kepada teman-teman semua, khususnya untuk yang baru memulai hafalan untuk memaksimalkan 10 hari terakhir di setiap bulan utnuk memantapkan 2 juz yang telah dihafal, supaya makin lengket ket ketttt di kepala.

Pesan terakhir dari ane untuk para teman-teman yang ingin menghafal. Jangan bosan untuk mengulang, karena Al-Qur’an akan membersamai dan memberikan syafa’at pada orang-orang yang selalu bersama Al-Qur’an dimanapun ia berada pada hari kiamat kelak. See ya!

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang tips menghafal Al Qur’an 1 bulan mutqin 2 juz. Semoga kita dapat mengambil pelajaran dari pembahasan tersebut. Aamiin. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.

No comments:

Post a Comment