Senin, 10 September 2018

Karya-karya (Kitab Karangan) KH. Hasyim Asy’ari

Disamping aktif mengajar, berdakwah, dan berjuang, Hasyim Asy’ari juga merupakan seorang penulis yang produktif. Karya-karyanya banyak yang merupakan jawaban atas berbagai problematika yang terjadi di masyarakat. Misalnya, ketika umat Islam banyak yang kurang memahami secara benar persoalan tauhid atau aqidah, ia lalu menyusun sebuah kitab tentang aqidah, di antaranya Al-Qalaid fi Bayani ma Yajib min al-Aqaid, Ar Risalah al-Tauhidiyah, Risalah Ahli Sunnah Wa al-Jama’ah, Al-Risalah fi al-Tasawuf, dan lain sebagainya.

Hasyim Asy’ari juga sering menjadi kolumnis di majalah-majalah, khususnya majalah NU. Biasanya, tulisannya berisi jawaban-jawaban atas masalah-masalah fiqhiyyah yang ditanyakan oleh banyak orang, seperti hukum memakai dasi saat itu, hukum mengajari tulisan kepada kaum wanita, hukum merokok, dan lain-lain. Selain membahas masalah fiqhiyah, ia juga mengeluarkan fatwa dan nasehat kepada kaum muslimin, seperti al Mawaidz, doa-doa untuk kalangan warga NU, keutamaan bercocok tanam, anjuran menegakkan keadilan, dan sebagainya.

Di antara kitab-kitab yang pernah ditulisnya adalah:

1. Adab al-’Alim wa al-Muta’allim (kitab tentang etika yang harus dimiliki oleh seorang guru dan murid. Kitab ini merupakan ikhtisar dari kitab Adab al-Mu’allim karya Syekh Muhammad bin Sahnun (w. 256 H/871 M); Ta’lim al-Muta’allim fi Thariq atTa’allum karya Syeikh Burhanuddin al-Zarnuji (w. 591 H); dan Tadzkirat al-Saml wa al-Mutakallim fi Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim karya Syeikh Ibn Jama’ah. Kitab ini telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Penulis dengan judul terjemahan Etika Pendidikan Islam, diterbitkan pada tahun 2007 oleh Titian Wacana Press Yogyakarta).

2. Ziyadatu Ta’liqat (kitab berisi bantahan terhadap pernyataan-pernyataan Syekh Abdullah bin Yasin Pasuruan yang dianggap mendiskreditkan orang-orang Nahdlatul Ulama).

3. At-Tanbihatu al-Wajibat (berisi penjelasan seputar praktek perayaan Maulid Nabi SAW di tanah air).

4. Ar-Risalah al-Jam’iah (mengulas berbagai persoalan tentang kematian, tanda-tanda hari kiamat, serta penjelasan seputar konsep sunnah dan bid’ah).

5. An-Nur al-Mubin fi Mahabbati Sayyid al-Mursalin (menjelaskan makna dan hakikat mencintai Rasulullah SAW serta beberapa hal menyangkut itba’ (mengikuti) dan ihya’ (memelihara) terhadap sunnah-sunnah beliau).

6. Hasyiyatu ‘ala Fath ar-Rahman bi Syarhi Risalati al-Waliy Ruslan li Syaikh al-Islam Zakariya al-Anshori (berisi penjelasan dan catatan-catatan singkat beliau atas kitab Risalat al-Waliy Ruslan karya Syekh Zakariya al-Anshori).

7. Ad-Durar al-Muntatsirah fi al-Masail at-Tis’a ‘Asyarah (mengulas 19 persoalan seputar tarekat dan hal-hal penting menyangkut para pelaku tarekat. Pada tahun 1970-an kitab ini diterjemahkan oleh KH Tholhah Mansoer atas perintah KH M Yusuf Hasyim, diterbitkan oleh percetakan Menara Kudus).

8. At-Tibyan Fi an-Nahyi ‘an Muqatha’ati al-Arham wa al-Aqaribi wa al-Ikhwan (membahas pentingnya menjaga silaturrahmi dan bahaya memutus silaturrahmi).

9. Ar-Risalatu at-Tauhidiyyah (menjelaskan konsep dan akidah ahlussunnah wal jamaah).

10. Al-Qalaid Fi Bayani Ma Yajibu Min al-’Aqaid (menjelaskan tentang akidah-akidah wajib dalam Islam).

11. Dhau-ul Misbah fi Bayan Ahkam al-Nikah (berisi penjelasan tentang tata cara nikah secara syar’i; hukum-hukum, syarat, rukun, dan hak-hak dalam pernikahan).

12. Arba’in Haditsan Tata’allaq bi Mabadi’ Jam’iyah Nahdhatul Ulama’ (berisi penjelasan 40 hadits Nabi terkait dasar-dasar pembentukan Nahdhatul Ulama).

13. Mawaidz (berisi fatwa-fatwa dan peringatan bagi umat).

14. Risalah fi Ta’kid al-Akhdz bi Madzhab al-A’immah al-Arba’ah (risalah untuk memperkuat pedoman bermadzhab).

15. Mukaddimah al-Qanun al-Asasy Li Jam’iyyah Nahdhatul Ulama (kitab undang-undang dan prinsip dasar (landasan pokok) organisasi Nahdhatul Ulama).

Di samping itu, Hasyim Asy’ari juga sangat concern dengan dunia kepustakaan. Perpustakaan pribadinya di Tebuireng berisi buku-buku keislaman yang sangat penting dan sebagian jarang dijumpai, baik dalam bentuk buku atau kitab maupun manuskrip. Ia memuat sejumlah besar kitab dalam bahasa Arab, Indonesia, Jawa, Malaysia, dan bahasa-bahasa asing lainnya, sehingga perpustakaan ini menyaingi perpustakaan Lembaga Kajian Islam di Jakarta.

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang karya-karya (kitab karangan) KH. Hasyim Asy’ari. Sumber Buku SKI Kelas XII MA. Kementerian Agama Republik Indonesia, 2016. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.