Wednesday, January 23, 2019

Keutamaan Surat al-Baqarah Ayat 285 dan 286

Siapa di antara kita yang tidak ingin untuk memiliki kehidupan yang berkecukupan? Tentunya tidak ada di antara kita yang tidak ingin. Begitu pula, tidak ada di antara kita yang ingin untuk tidak berkecukupan di akhirat kelak, dalam artian hidup sejahtera di syurga. Tentu kita semua ingin. Kami penulis sangat ingin, dan tentu Anda pembaca pun sangat ingin.

Ada banyak amalan yang bisa dilakukan untuk meraih itu, baik amalan (pekerjaan) yg berbentuk amalan badan seperti bekerja untuk meraih apa yang diimpikan. Dan ada juga amalan yang berbentuk ibadah yang Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam perintahkan untuk kita lakukan. Ini yang kali ini akan kami bahas.

Di antara hal yang mudah dilakukan namun jarang diingat dan dipraktekkan oleh kita dalam meraih kecukupan dalam masalah duniawi dan ukhrawi kita adalah membaca dua ayat terakhir surat alBaqarah di malam hari. Padahal hal ini telah disebutkan dan dituntunkan oleh Nabi kita tercinta, shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau dalam salah satu hadits bersabda:

“Siapa yang membaca dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah pada malam hari, maka ia akan diberi kecukupan.” (HR. Bukhari no. 5009 dan Muslim no. 808)

Dua ayat terakhir tersebut adalah ayat 285 dan ayat 286 dari surat al-Baqarah. Text Ayat dan Terjemah

آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ ۚ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ ۚ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا ۖ غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ
لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

“Rasul telah beriman kepada Al Quran yang diturunkan kepadanya dari Rabbnya, demikian pula orangorang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan): “Kami tidak membeda-bedakan antara seseorang pun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya”, dan mereka mengatakan: “Kami dengar dan kami taat.” (Mereka berdoa): “Ampunilah kami ya Rabb kami dan kepada Engkaulah tempat kembali.” (QS. Al-Baqarah: 285)

"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): “Ya Rabb kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Rabb kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Rabb kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri ma’aflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.” (QS. Al-Baqarah: 286)

Penjelasan Singkat

Secara umum kedua ayat ini memiliki manfaat sebagaimana disebutkan dalam hadits yang shahih riwayat Bukhari dan Muslim tersebut di atas. Yakni, barangsiapa yang membaca kedua ayat tersebut di malam hari maka akan Allah berikan kecukupan dalam urusan dunia dan akhiratnya, dan tentunya juga akan dijauhkan dari segala keburukan.

Selain itu dengan membaca kedua ayat ini insyaaAllah akan menjadi salah satu jalan untuk menaikkan keimanan kita. Hal tersebut dikarenakan di dalam kedua ayat ini terkandung sikap pasrah kepada Allah Ta’ala, berisikan pernyataan keimanan, memohon ampunan dan memohon kebaikan bagi urusan dunia dan akhirat seorang hamba.

Kedua ayat ini sangat mudah dihafal dan dibaca, serta tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengerjakannya. Hanya perlu meluangkan 1-2 menit dalam sehari, di malam hari, mungkin setelah selesai bekerja atau menjelang tidur. Maka sangat rugi jika kita tidak membaca dan mengamalkan salah satu sunnah yang diajarkan oleh Nabi kita tercinta ini, shallalahu ‘alaihi wa sallam.

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang keutamaan surat al-Baqarah ayat 285 dan 286. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.

No comments:

Post a Comment