Sabtu, 15 Februari 2020

Faktor-Faktor Penentu Kemunduran Peradaban Islam di Dunia

7 Faktor Penentu Kemunduran Peradaban Islam di Dunia
Kaum muslimin di masa lampau mencapai puncak peradaban dan membawa pencerahan bagi dunia karena mereka mencintai ilmu. Bangsa-bangasa Barat mengalami kemajuan, karena mereka mewarisi tradisi Islam tersebut. Sayangnya, umat Islam justru hanya bangga dengan kejayaan masa lalu, dan tidak mewarisi tradisinya, sehingga wajar saja jika umat Islam mengalami kemunduran peradaban.

Sejarah umat manusia terus bergulir mengikuti “sunnatullah”, yaitu hukum Allah Swt. yang berlaku bagi makhluk-Nya. Siapa yang gigih berjuang dan memenuhi syarat untuk menang, maka dialah yang menang, dan begitu pun sebaliknya. Perjalanan panjang sejarah peradaban umat Islam telah mengalami pasang dan surut seiring dengan kuat-lemahnya daya juang dan spirit jihad dalam jiwa mereka.

Yang menjadi faktor penentu kemunduran peradaban Islam di dunia adalah sebagai berikut,

1. Umat Islam semakin jauh dari ajaran Al-Qur’an dan Hadits dalam kehidupan beragama dan bernegara. Sedangkan al-Qur’an dan Hadits merupakan pedoman hidup umat Islam yang bisa mengangkat harkat dan martabat umat Islam

2. Meninggalkan cara-cara yang berlandaskan al-qu’an, sehingga umat Islam telah kehilangan nilai-nilai, prinsip dan tidak memiliki paradigma dan konsep dalam hidup. Pada akhirnya umat Islam mengikuti gaya kehidupan orang di luar Islam

3. Terpecah belahnya umat Islam dan kurangnya persatuan antar umat Islam.

4. Adanya gazwul fikri oleh orang-orang yang benci terhadap umat Islam. Seperti umat Islam di pengaruhi untuk menjauhi nilai-nilai dan konsep Islam, contohnya ekonomi, poliitik dan sosial budaya yang tidak sesuai Islam.

5. Konflik konflik politik dan kepentingan banyak terjadi di kalangan umat Islam dan negara-negara Islam.

6. Para penguasa lebih mementingkan kenikmatan dunia menurut hawa nafsu dibandingkan kepentingan kemaslahatan umat.

7. Hilangnya semangat dan keberanian umat untuk berjihad di segala bidang, disebabkan sudah merasa puas dengan apa yang sudah dimilki.

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang 7 faktor penentu kemunduran peradaban Islam di dunia. Sumber Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XII SMA. Kementerian Agama Republik Indonesia, 2016. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.