Beginilah Gambaran Warna dan Cahaya Api Neraka


Kata neraka sering disebutkan dalam kitab suci Al-Qur'an dan jumlahnya sangat banyak sekali. Dalam bahasa Arab disebut naar . Tempat ini menurut keyakinan umat Islam adalah tempat di mana manusia dan jin adalah para makhluk yang membangkang terhadap syariat Allah dan mengingkari para nabi.

Siapapun orang yang dimasukkan ke dalam neraka, dia tidak akan keluar darinya. Pintu neraka berdiri kukuh dan tertutup rapat. Itulah penjara bagi orang-orang yang menganggap remeh berita tentang pengadilan akhirat. Ada juga orang-orang yang terakhir kali masuk surga, setelah mereka di siksa sesuai dengan dosa-dosanya yang telah mereka perbuat. Di dalamAl-Qur'an disebutkan bahan bakar neraka adalah dari manusia dan batu (ada yang mengartikan berhala).
Warna dan cahaya api neraka ini berbeda dengan warna api pada umumnya di dunia ini, begitu juga dengan panasnya. Sebagaimana keterangan-keterangan dalam hadits Rasulullah Saw.

Dari Abu Hurairah Ra : Rasulullah Saw bersabda :

"Sesungguhnya neraka jahannam itu lebih panas daripada apimu di dunia, 70 kali lipat. Api neraka itu berwarna Hitam dan Gelap tak bercahaya."

Rasulullah Saw bersabda :

"Api neraka itu dinyalakan semenjak 1000 tahun hingga berwarna putih, kemudian dibakar 1000 tahun hingga berwarna merah, setelah itu dibakar lagi 1000 tahun hingga berwarna hitam, Api neraka itu berwarna hitam tidak bercahaya."

Al-A'masy meriwayatkan dari Abu Dhabyan dari Sulaiman berkata : 

"Neraka itu hitam Gelap, baranya tidak pernah padam dan kobarannya tidak bercahaya, kemudian dia membacaya ayat 50 surat Al-anfal : "Rasakanlah olehmu siksa neraka yg membakar."

Dari Ubay bin Ka'ab dia berkata Allah membuat perumpamaan orang Kafir dalam Surat An-Nur ayat 40 :

"Atau seperti gelap gulita di lautan yg dalam, yg diliputi oleh ombak, yg diatasnya ombak (pula), diatasnya (lagi) awan, gelap gulita yg bertindih-tindih, apabila dia mengeluarkan tangannya, tiadalah dia dapat melihatnya, (dan) barangsiapa yg tiada diberi cahaya (petunjuk) oleh Allah tiadalah dia mempunyai cahaya sedikitpun."

Orang Kafir itu berpindah-pindah dalam 5 kegelapan dan kesesatan : Ucapannya kegelapan, amalnya kegelapan, tempat masuknya juga kegelapan, tempat keluarnya kegelapan dan tempat kembalinya juga kegelapan di neraka.

Abu Ja'far dari ar-Rabi bin Anas berkata : "Sesungguhnya Allah menciptakan api dunia ini bercahaya dan mampu menerangi sekelilingnya sebagai salah satu kenikmatan bagi penghuni dunia. Namun Allah menciptakan api neraka dengan Warna Hitam Pekat tidak bercahaya seperti di dalam kubur."

Sahabat bacaan madani yang dirahmati Allah Swt. semoga kita dan keluarga kita di jauhkan dari siksa api neraka. Aamiin.

Baca Juga :
Dahsyatnya Suara Api Neraka
Share on Google Plus

About Bacaan madani

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Post a Comment