Manfaat dan Keberkahan Sahur Puasa Ramadhan


Sahur adalah suatu rutinitas yang biasa kita jalankan ketika kita menunaikan ibadah puasa. Tetapi terkadang kita tidak tahu apa sebenarnya manfaat dan keberkahan melaksanakan sunnah makan sahur, bahkan banyak diantara kita yang justru meninggalkannya dengan alasan klasik yaitu ngantuk atau males bangun. Padahal kalu kita melaksanakan makan sahur sesuai tuntunan Rasullah maka ada banyak keberkahan yang bisa kita peroleh. 

Hukum sahur sendiri adalah sunah, tidak wajib, juga tidak termasuk rukun puasa. Nabi SAW sangat menganjurkan kita sahur karena kata beliau Dari Abi Said al-Khudri RA : "Sahur itu barakah maka jangan tinggalkan meski hanya dengan seteguk air. Dan termasuk sunnah ketika sahur adalah untuk mengakhirkannya.

Berdasarkan penelitian bangun di sepertiga malam terakhir itu bermanfaat luar biasa untuk kesehatan kita. Bahkan dapat menjadi pilar utama kesuksesan kita dalam menjalankan berbagai macam diet.

Rasulullah Saw menganjurkan umat Islam sahur dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Beliau menegaskan, sahur itu mengandung berkah.

Dari Anas bin Malik, ia berkata, bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Makan sahurlah kalian karena dalam makan sahur terdapat keberkahan.” (HR. Muttafaqun ‘alaih).

Keberkahan Sahur
Yang dimaksud dengan berkah (barokah) adalah “bertambah” dan “tumbuh”. Berkah sahur adalah bertambahnya energi atau kekuatan untuk berpuasa dan bertambahnya pahala puasa karena sahur merupakan sunah.

Rasulullah Saw juga menjelaskan, “Beda antara puasa kami (umat Islam) dan puasa Ahli Kitab adalah makan sahur.” (HR. Muslim dan Abu Daud).

Makan sahur seorang Mukmin yang paling utama ialah buah kurma. Sabda Rasulullah Saw, “Sebaik-baik makan sahur seorang Mukmin ialah kurma”. Kurma bisa dimaknai sebagai makanan yang manis dan mengandung gizi.

Bagi yang tidak memiliki makanan sahur, tetap dianjurkan untuk sahur minimal dengan minum air, meskipun hanya seteguk.

Nabi Saw menjelaskan, “Makan sahur seluruhnya berkah, janganlah kalian meninggalkannya, meskipun hanya minum seteguk air, karena Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang yang bersahur.” Dalam hadits lain, Rasulullah Saw juga bersabda, “Siapa yang hendak berpuasa hendak- bersahur meskipun hanya sedikit.”

Dari Abdullah bin Al-Harits dari seorang laki-laki dari sahabat Nabi SAW mengatakan, “Saya pergi menemui Nabi SAW sedang makan sahur, lalu Beliau SAW bersabda, “Ia (sahur) suatu keberkahan yang diberikan Allah kepada kalian, maka janganlah kalian tinggalkan dia."

Manfaat Sahur.
1. Makan Sahur bisa menambah kekuatan dan Keikhlasan dalam Berpuasa, Sebagai cadangan energi kita saat berpuasa dan Bisa menyeimbangkan asam lambung kita sehingga kita kuat dalam menjalani puasa selama hampir 12 jam.

2. Dapat mencegah gangguan kesehatan seperti kencing manis.

3. Dapat meminimalisir diabetesa, sebab penderita diabetes cenderung mengalami hipoglikemia saat berpuasa. Hipoglikemia adalah kadar glukosa secara abnormal rendah. 

4. Meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Membantu keberhasilan diet.

6. Sahur membantu menghilangkan kemarahan dan tabiat buruk yang biasa muncul karena lapar

7. Saat sahur adalah saat ketika doa-doa kita dikabulkan

8. Pada waktu sahur, seseorang berkesempatan untuk mengingat Allah SWT, berdzikir, dan mengangkat tangannya ke hadirat Allah SWT untuk berdoa

Dengan syarat menu sahur harus seseuai dengan asupan makanan sehat.
Share on Google Plus

About Bacaan madani

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

1 komentar :

  1. infonya bermanfaat
    lebih baik sahur ketika puasa lebih afdol
    terima kasih artikelnya

    ReplyDelete