Thursday, July 20, 2017

Pakaian Penghuni Surga Terbuat dari Pohon Thuba yang Super Rindang

Alquran dan Hadits banyak menggambarkan tentang surga, baik dari para penghuninya, kenikmatan-keikmatan di dalamnya, hingga makanan-makanan surga yang super lezat. Di dalam surga segala sesuatu halal untuk dikonsumsi, karena surga adalah tempat dari segala sesuatu yang baik.

Bahkan dikatakan dalam sebuah riwayat bahwa untuk melewatinya dari sisi kiri dan sisi kanan, seseorang membutuhkan waktu 100 tahun perjalanan dengan menggunakan kendaraan kuda yang super cepat.

Thuba adalah pohon yang sangat besar. Bahkan dikatakan dalam sebuah riwayat bahwa untuk melewatinya dari sisi kiri dan sisi kanan, seseorang membutuhkan waktu 100 tahun perjalanan dengan menggunakan kendaraan kuda yang super cepat.

Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah Saw, beliau bersabda, “Sesungguhnya di dalam surga ada sebuah pohon. Jika orang yang berjalan dengan mengendarai kuda yang berlari cepat selama 100 tahun, dan tidak akan putus naungannya (ketika mengelilinginya).” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari pohon inilah pakaian penghuni surga dibuat. Dalam Musnad Ahmad, Tafsir Ibnu Jarir, dan Shahih Ibnu Hibban, disebutkan dari Abu Sa’id al-Khudri ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda,

“Thuba adalah pohon di dalam surga. Besarnya sejauh perjalanan seratus tahun. Pakaian penghuni surga dibuat dari kelopak bunganya.”

Disebutkan pula bahwa pakaian penghuni surga itu terbuat dari buah di surga. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam Musnad yang disebutkan dari Abdullah bin ‘Amr ra. bahwa ada seseorang yang datang kepada Rasulullah Saw.

lalu berkata, “Wahai Rasulullah, beritahukan kepada kami tentang pakaian penghuni surga, apakah ia makhluk yang diciptakan atau kain tenun yang ditenun?” 

Maka sebagian kaumnya mentertawakannya. Kemudian Rasulullah saw. bertanya, “Kalian mentertawakan apa? Apa karena seseorang yang belum tahu bertanya kepada orang yang tahu?”

Kemudian beliau menghadap kepada mereka dan bertanya, “Mana orang yang bertanya tadi?” 

Inilah saya, wahai Rasulullah.” Jawab orang yang tadi bertanya.

Maka Rasulullah saw. bersabda, “Tidak, tetapi pakaian mereka terbuat dari buah di surga.” Beliau mengatakan ini tiga kali. (HR Ahmad dalam Musnad)

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang pohon Thuba yang ada di surga begitu besarnya. Mudah-mudahan kelak kita bisa berkumpul dibawah pohon tersebut. Aamiin.

No comments:

Post a Comment