Thursday, September 7, 2017

Dampak Yang Ditimbulkan Dari Perang Salib

Perang salib yang berlangsung lebih kurang dua abad membawa beberapa akibat yang sangat berarti bagi perjalanan sejarah dunia. Perang salib ini menjadi penghubung bagi bangsa Eropa mengenali dunia lslam secara lebih dekat yang berarti kontak hubungan antara Barat dan Timur semakin dekat.

Kontak hubungan Barat-Timur ini mengawali terjadinya pertukaran ide antara kedua wilayah tersebut. Kemajuan ilmu pengetahuan dan tata kehidupan masyarakat Timur yang maju menjadi daya dorong pertumbuhan intelektual bangsa Barat, yakni Eropa. Hal ini sangat-besar andil dan peranannya dalam melahirkan era renaissance di Eropa.

Pasukan salib merupakan pembuka jalan bagi bangsa Eropa dalam memperluas perdagangan dan perniagaan terhadap bangsa-bangsa Timur. Selama ini bangsa barat tidak mengenal kemajuan pemikiran bangsa Timur. Maka perang salib ini juga membawa akibat timbulnya kegiatan penyelidikan bangsa Eropa mengenai berbagai seni dan pengetahuan penting dan berbagai penemuan yang telah dikenali di Timur.

Misalnya, kompas kelautan, kincir angin, dan lain-lain. Mereka juga menyelidiki sistem pertanian, dan yang lebih penting adalah mereka mengenali sistem industri Timur yang telah maju. Ketika kembali ke negerinya, Eropa, mereka lantas mendirikan sistem pemasaran barang-barang produk Timur.

Masyarakat Barat semakin menyadari betapa pentingnya produk-produk tersebut. Hal ini menjadikan semakin pesatnya pertumbuhan kegiatan perdagangan antara Timur dan Barat. Kegiatan perdagangan ini semakin berkembang pesat seiring dengan kemajuan pelayaran di laut tengah.

Baca Juga : Peran Salahuddin Dalam Perang Salib

Namun, pihak Muslim yang semula menguasai jalur pelayaran di laut tengah kehilangan supremasinya ketikabangsa-bangsa Eropa menempuh rute pelayaran laut tengah secara bebas.
Sumber Buku SKI MA Kelas XI, Kementerian Agama Republik Indonesia.

No comments:

Post a Comment