Monday, December 25, 2017

5 Istilah-istilah Tasawuf

Harun Nasutian berpendapat bahwa istilah-istilah tasawuf dibagi menjadi lima diantaranya :

1. Ahl as-suffah (orang yang pindah).
Ahl as-suffah (orang yang pindah) Artinya orang yang ikut pindah dengan Rasulullah saw dari Mekah ke Madinah. Ada kata lain Suffah artinya serambi tempat duduk yakni serambi masjid Nabawi di Madinah yang disediakan untuk orang-orang yang belum mempunyai tempat tinggal dari kalangan Muhajirin di masa Rasululloh saw. Mereka biasa dipanggil ahli suffah (pemilik serambi) karena diserambi masjid itulah mereka bernaung.

2. Saff (Barisan).
Saff (Barisan) Artinya barisan maksudnya kaum sufi mempunyai iman kuat, jiwa bersih, ikhlas dan senantiasa memilih barisan yang paling depan dalam sholat berjamaah.

3. Sufi (Suci ).
Sufi (Suci ) Artinya suci lahiriyah maupun bathiniyah.

4. Sophos (Kebijaksanaan).
Sophos (Kebijaksanaan) Artinya kebijaksanaan maksudnya sikap mental yang selalu memelihara kesucian diri, beribadah, hidup sederhana, rela berkorban untuk kebaikan dan selalu bersikap bijaksana.

5. Suf (Bulu domba).
Suf (Bulu domba) Disebut suf karena banyak orang sufi yang senang memakai pakaian yang terbuat dari bulu domba yang kasar sebagai lambang akan kerendahan hati mereka, juga untuk menghindari sikap sombong di hatinya disamping untuk menenangkan jiwa. Serta meninggalkan usaha-usaha yang bersifat duniawi.

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang lima Istilah-istilah Tasawuf. Sumber Buku Akhlak Kelas XI MA Kementerian Agama Republik Indonesia, 2015. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.

No comments:

Post a Comment