Minggu, 01 Mei 2016

Kedahsyatan Membaca Al-Qur'an Dapat Memberi Syafaat Di Alam Qubur


Tidak dapat diragukan lagi bahwa setiap umat Islam yang ada di dunia di dalam rumahnya terdapat sebuah kitab suci Al quran, ya karenaAl quran sendiri merupakan kitab suci dari umat Islam. Namun yang menjadi pertanyaannya, apakah Al quran atau muskhaf yang ada di dalam rumah anda dibaca setiap harinya? Ataukah Al quran yang ada di rumah anda menjadi pajangan atau hiasan semata yang disimpan pada sebuah lemari secara rapi.

Dan Nabi Muhammad sendiri bersabda bahwa orang yang membaca Al quran termasuk salah satu orang yang merugi. Untuk mengetahui lebih jelasnya, berikut ini sabda Nabi yang mengatakan orang yang tidak membaca Al quran termasuk orang yang merugi.
Sabda Rasulullah SAW,

“Sesungguhnya barang siapa yang dalam dirinya tiada baca Al-Qur’an sama seperti rumah roboh.”

Jika melihat hadist diatas bahwa orang yang tidak membaca Al quran seperti rumah yang akan roboh, berarti membaca Al quran sangatlah penting bagi setiap umat muslim. Sebab Al quran memiliki keistimewaan dibandingkan dengan kitab suci lainnya, adapun Keutamaan Membaca Al Quran yang perlu anda ketahui, diantaranya adalah, membaca Al Quran bisa menjadi syafaat, yaitu dapat menjadi syafaat bagi mereka yang membacanya. Nabi Muhammad Saw bersabda dalam sebuah hadist yang ada di bawah ini.

“Bacalah Al-Qur’an karena ia datang pada hari kiamat untuk menberi syafaat kepada orang-orang yang membaca dan mengamalkan isinya.”


Dari Sa’id bin Sulaim radiyallahu'anhu, Rasulullah shallahu'alaihi wa sallam bersabda: 

“Tiada penolong yg lebih utama derajatnya di sisi Allah pada hari Kiamat daripada Al-Qur’an. Bukan nabi, bukan malaikat dan bukan pula yang lainnya.” (Abdul Malik bin Habib-Syarah Ihya). 

Bazzar meriwayatkan dalam kitab La’aali Masnunah bahwa jika seseorang meninggal dunia, ketika orang - orang sibuk dgn kain kafan dan persiapan pengebumian di rumahnya, tiba -tiba seseorang yang sangat tampan berdiri di kepala mayat. Ketika kain kafan mulai dipakaikan, dia berada di antara dada dan kain kafan.

Setelah dikuburkan dan orang - orang mulai meninggalkannya, datanglah 2 malaikat. Yaitu Malaikat Munkar dan Nakir yang berusaha memisahkan orang tampan itu dari mayat agar memudahkan tanya jawab.

Tetapi si tampan itu berkata: ”Ia adalah sahabat karibku. Dalam keadaan bagaimanapun aku tidak akan meninggalkannya. Jika kalian ditugaskan utk bertanya kepadanya, lakukanlah pekerjaan kalian. Aku tidak akan berpisah dari orang ini sehingga ia dimasukkan ke dalam syurga.”

Lalu ia berpaling kepada sahabatnya dan berkata,”Aku adalah Al quran yang terkadang kamu baca dengan suara keras dan terkadang dengan suara perlahan. 

Jangan khawatir setelah menghadapi pertanyaan Munkar dan Nakir ini, engkau tidak akan mengalami kesulitan.”

Setelah para malaikat itu selesai memberi pertanyaan, ia menghamparkan tempat tidur dan permadani sutera yang penuh dengan kasturi dari Mala’il A’la. (Himpunan Fadhilah Amal : 609)

Banyak riwayat yang menerangkan bahwa Al-Quran adalah pemberi syafa’at yang pasti dikabulkan Allah subhana wa ta'ala Aamiin.

Sahabat bacaan madani yang dumuliakan Allah Swt, kita bermohon kepada Allah Swt. semoga Al-Qur'an yang kita baca dapat menjadi syafaat untuk kita di alam kubur kelak. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.