Selasa, 10 Januari 2017

Nur Allah di Hati Pembunuh Bayaran

Hidayah adalah sebab utama keselamatan dan kebaikan hidup manusia di dunia dan akhirat. Sehingga siapapun yang dimudahkan oleh Allah Ta’ala untuk meraihnya, maka sungguh dia telah meraih keberuntungan yang besar dan tidak akan ada seorangpun yang mampu mencelakakannya. Hidayah Allah berikan kepada siapapun yang dikehendakinya. Termasuk kepada orang-orang yang selalu berbuat dosa, bahkan terhadap orang-orang yang memusuhi Rasulullah Saw dan orang yang mau membunuh Rasulullah Saw.

Tatkala Rasulullah Saw. dalam perjalanan dari Mekah untuk hijrah ke Madinah, berkumpullah orang-orang kafir Mekah di Darun Nadwah (nama tempat pertemuan) di rumah Abu Jahal. Dalam pertemuan tersebut, diputuskan untuk mengadakan sayembara, “Barangsiapa berhasil membawa Muhammad saw. kepada kami, atau berhasil membawa kepalanya, maka kami (tokoh kafir Quraisy) akan memberi hadiah 100 unta merah yang hitam biji matanya.”

Kemudian, berdirilah seorang di antara mereka, namanya Suraqah bin Malik. Ia berkata, “Aku yang sanggup membawa Muhammad saw.”

Setelah itu ia langsung keluar untuk mengejar Rasulullah Saw. Ketika berhasil menemukan Rasulullah Saw., tanpa membuang waktu, Suraqah langsung menghunus pedangnya hendak membunuh Rasulullah Saw. Pada saat itulah, Allah Swt. menunjukkan kekuasaan-Nya. Allah Swt. memerintahkan bumi untuk patuh kepada perintah Rasulullah Saw. Rasulullah Saw. memerintahkan bumi untuk menahan Suraqah, sehingga ia dan kudanya terperosok ke dalam bumi sampai sebatas lututnya.

Ketika melihat kudanya tidak dapat bangun, Suraqah memohon pertolongan kepada Rasulullah saw. seraya berkata, “Wahai Muhammad, amankanlah diriku! Amankanlah diriku!”

Maka, Rasulullah Saw. berdoa kepada Allah Swt. untuk menolong Suraqah yang hampir tertelan bumi. Akhirnya, Suraqah pun terbebas dari bahaya yang hampir merenggut nyawanya.

Setelah menyelamatkan Suraqah, Rasulullah Saw. kembali melanjutkan perjalanannya menuju kota Madinah. Namun, Suraqah kembali mengejarnya dengan pedang terhunus di tangannya. Ternyata Suraqah masih tetap ingin membunuh Rasulullah Saw. Seperti sebelumnya, Allah Swt pun kembali memerintahkan bumi untuk menelan kaki kuda Suraqah. Bahkan, kini amblasnya hingga ke batas pusarnya. Karena takut ditelan bumi, Suraqah kembali memohon pertolongan Rasulullah Saw. dengan amat memelas. “Wahai Muhammad, selamatkanlah diriku. Aku tidak akan menyakitimu lagi setelah ini.”

Karena mendengar permohonan Suraqah yang demikian memilukan, Rasulullah Saw. pun memohon kepada Allah Swt. agar menyelamatkan Suraqah. Setelah selamat untuk yang kedua kalinya, Suraqah kemudian turun dari kudanya dan menghadap Rasulullah Saw. untuk memohon ampun atas perbuatan jahatnya. Dengan penuh kelembutan, Rasulullah Saw. pun memaafkannya. Suraqah akhirnya menyatakan keislamannya di hadapan Rasulullah Saw.

Demikianlah sahabat bacaan madani kisah Suraqah yang mendapat hidayah Allah Swt. walaupun sebelumnya berusaha membunuh Rasulullah Saw. mudah-mudahan kita juga mendapatkan hidayah dari Allah Swt. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.