Senin, 10 April 2017

10 Golongan Orang Islam Tidak Akan Masuk Surga

Surga adalah tempat yang penuh  dengan kenikmatan yang disediakan untuk-orang-orang yang taat kepada Allah dan Rasulnya.  Surga selalu terbuka bagi siapa pun dari orang Islam yang menginginkan isinya, maka dipersilahkan memasukinya Tentu saja ada persyaratannya.

Dari Abi Hurairah ra. berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda, "Setiap ummatku pasti akan masuk surga, kecuali yang tidak mau." Sahabat bertanya, "Ya Rasulallah, siapa yang tidak mau?" Beliau menjawab, "Mereka yang mentaatiku akan masuk surga dan yang menetangku maka dia telah enggan masuk surga." (HR. Bukhar)

Sebaliknya, bagi orang mengingkari Allah Swt dan Rasulnya sudah dipastikan masuk neraka. Meski punya banyak perbuatan yang terbilang baik di mata manusia. Tapi sayang di mata Allah Swt justru dia merupakan penentang utama. Allah Swt mengutus Nabi dan Rasul, dia malah mengingkarinya. Allah menurunkan kitab suci, dia malah membuangnya.

Adapun golongan orang Islam yang tidak masuk surga adalah,

Ibnu Abas ra. berkata bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda, "Ada sepuluh golongan dari umatku yang tidak akan masuk surga, kecuali bagi yang bertaubat. Mereka itu adalah al-qalla’, al-jayyuf, al-qattat, ad-daibub, ad-dayyus, shahibul arthabah, shahibul qubah, al-‘utul, az-zanim, dan al-‘aq li walidaih."

Selanjutnya Rasulullah ditanya siapakah mereka itu. Lalu rasulullah Saw menjawab dan menjelaskan satu persatu.

1. Al-Qalla’ adalah orang yang suka mondar-mandir kepada penguasa untuk memberikan laporan batil dan palsu.

2. Al-Jayyuf adalah orang yang suka menggali kuburan untuk mencuri kain kafan dan sebagainya.

3. Al-Qattat adalah orang yang suka mengadu domba dan senang dengan permusuhan.

4. Ad-Daibub adalah germo atau orang yang menjadi pengelola dan perantara antara para pelacur dengan pelanggan atau pemakainya.

5. Ad-Dayyus adalah laki-laki yang tidak punya rasa cemburu terhadap istrinya, anak perempuannya, dan saudara perempuannya.

6. Shahibul Arthabah adalah penabuh gendang besar yang sengaja untuk meramaikan kegiatan yang beraroma dosa.

7. Shahibul Qubah adalah penabuh gendang kecil yang sengaja untuk memeriahkan kegiatan yang berbau maksiat.

8. Al-’Utul adalah orang yang tidak mau memaafkan kesalahan orang lain yang meminta maaf atas dosa yang dilakukannya, dan tidak mau menerima alasan orang lain.

9. Az-Zanim adalah orang yang dilahirkan dari hasil perzinaan yang suka duduk-duduk di pinggir jalan guna menggunjing orang lain.

10. Al-’Aq li Walidaih adalah anak atau orang yang durhaka kepada kedua orang tuanya.

Demikianlah sahabat bacaan madani penjelasan tentang 10 golongan umat Islam yang tidak masuk surga. Dari kesepuluh golongan tersebut sudah terlihat bahwa orang-orang tersebut adalah orang-orang yang tidak taat kepada Allah Swy dan Rasulnya. Mudah-mudahan kita tidak masuk diantara golongan orang-orang tersebut. Aamiin.

1 komentar:

  1. Maksudnya ad-dayyus apa ya? Tolong di jelaskan ya!

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.