Senin, 04 September 2017

Kisah Kan’an Anak Nabi Nuh As yang Durhaka

Kan’an adalah anak tertua Nabi Nuh AS dari empat bersaudara. Adek-adeknya bernama Yafith, Sam dan Ham. Dalam sejarah Nabi Nuh As diyakini sebagai keturunan ke-10 dari Nabi Adam As. dan berasal dari wilayah Armenia. Kawasan ini berada di antara Iran, Turki dan Azerbaijan, serta di antara Laut Hitam dan Laut Kaspia, Asia Barat. Nabi Nuh As adalah Nabi dan Rasul Allah Swt. yang dikatagorikan dalam kelompok Rasul Ulul Azmi.

Beliau diutus untuk menyadarkan umatnya yang durhaka dan menyekutukan Allah Swt. Pada zaman Nabi Nuh, banyak manusia yang tidak mau taat kepada Allah swt dan justru berpaling dariNya. Mereka terbiasa dengan menyembah patung-patung berhala yang mereka ciptakan sendiri.

Dengan sekuat tenaga, Nabi Nuh As. berusaha menyadarkan kaumnya yang telah tersesat jauh dari kebenaran dan terjerumus dalam perbuatan syirik. Tetapi, mereka tidak mau menerima ajakan baik Nabi Nuh As. Malah yang terjadi adalah Nabi Nuh As, dicaci maki, diejek dan ditertawakan.

Setiap kali Nabi Nuh As menyampaikan peringatan dari Allah Swt, mereka pura-pura tidak mendengar. Mereka menutup telinga rapat-rapat. Bahkan, mereka tidak segan-segan menantang Allah Swt. dengan meminta datangnya azab Allah Swt kalau memang ajakan Nabi Nuh As tersebut benar.

Nabi Nuh As berdakwah sangat lama sebagimana diungkapkan dalam Al-Qur’an adalah Selama 950 tahun, Nabi Nuh As berjuang menyerukan kepada kaumnya untuk kembali ke jalan yang benar, yaitu menyembah Allah Swt. Tapi hanya sedikit orang yang mau mendengarkan seruan Nabi Nuh As. Bahkan, istri dan anaknya yang bernama Kan’an mendustakannya.

Nabi Nuh As pun merasa lelah untuk menyadarkan kaumnya tetapi mereka tetap tidak mau mendengarkannya. Kemudian, Nabi Nuh As. meminta kepada Allah Swt untuk menurunkan azab kepada mereka. Allah Swt pun memerintahkan kepada Nabi Nuh As untuk membuat sebuah kapal besar di atas gunung. Justru Nabi Nuh As dianggap gila oleh umatnya karena membuat kapal di atas gunung dan pada waktu musim panas. Dan akhirnya kapal itu selesai dibuat setelah 40 tahun lamanya.

Akirnya Nabi Nuh As memerintahkan orang-orang beriman naik kapal tersebut atas perintah Allah Swt.

حَتَّىٰ إِذَا جَاءَ أَمْرُنَا وَفَارَ التَّنُّورُ قُلْنَا احْمِلْ فِيهَا مِنْ كُلٍّ زَوْجَيْنِ اثْنَيْنِ وَأَهْلَكَ إِلَّا مَنْ سَبَقَ عَلَيْهِ الْقَوْلُ وَمَنْ آمَنَ ۚ وَمَا آمَنَ مَعَهُ إِلَّا قَلِيلٌ

"Hingga apabila perintah Kami datang dan dapur telah memancarkan air, Kami berfirman: "Muatkanlah ke dalam bahtera itu dari masing-masing binatang sepasang (jantan dan betina), dan keluargamu kecuali orang yang telah terdahulu ketetapan terhadapnya dan (muatkan pula) orang-orang yang beriman". Dan tidak beriman bersama dengan Nuh itu kecuali sedikit." (QS. Hud : 40)

وَقَالَ ارْكَبُوا فِيهَا بِسْمِ اللَّهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا ۚ إِنَّ رَبِّي لَغَفُورٌ رَحِيمٌ

"Dan Nuh berkata: "Naiklah kamu sekalian ke dalamnya dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya". Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS. Hud : 41)

Segeralah orang-orang yang beriman segera menaiki perahu, tidak ketinggalan pula burung-burung dan binatang-binatang berpasang-pasangan. Mulailah air keluar dengan deras dari celah-celah bumi. Sementara dari langit turun hujan yang sangat lebat. Nabi Nuh As bersama orang-orang yang beriman di dalam perahu hanya bisa pasrah kepada Allah Swt melihat dan menunggu detik-detik tenggelamnya bumi.

Orang-orang kafir mulai kebingungan mencari tempat perlindungan dari air yang semakin lama-semakin dalam, sebagian mereka tewas terseret arus sebagian lain tenggelam akibat tingginya air. Saat perahu mulai berlayar, nampak Kan’an, anak Nabi Nuh As, tetap ingin menyelamatkan diri dengan berenang menuju puncak sebuah gunung yang belum terjamah air. Kan’an yakin air tidak mungkin sampai puncak gunung. Pada saat air telah menutup bumi, Naluri kasih sayang seorang ayah membuat Nabi Nuh As berusaha keras membujuk dan merayu anaknya agar mau naik perahu bersamanya.

يَا بُنَيَّ ارْكَبْ مَعَنَا وَلَا تَكُنْ مَعَ الْكَافِرِينَ

“Kan’an anakku! Naiklah ke perahu bersama kami! Janganlah kau mati bersama-sama orang yang kafir!”(QS. Hud : 42)

قَالَ سَآوِي إِلَىٰ جَبَلٍ يَعْصِمُنِي مِنَ الْمَاءِ ۚ قَالَ لَا عَاصِمَ الْيَوْمَ مِنْ أَمْرِ اللَّهِ إِلَّا مَنْ رَحِمَ

Kan’an menjawab? “Tidak Ayah! Aku akan selamat berada di puncak gunung itu”. “Kan’an….dengarkan Ayah! Tidak ada satu pun yang dapat melindungimu dari keadaan ini selain Allah yang Maha Penyayang”.  (QS. Hud : 43)

Belum selesai pembicaraan antara ayah dan anaknya, tiba-tiba datang gelombang besar yang menjadi penghalang antara keduanya. Kan’an hilang dari pandangan Nabi Nuh As.

Nabi Nuh As berusaha mencari, namun Beliau tidak menemukan selain ombak yang semakin tinggi. Nabi Nuh As sedih, Beliau telah kehilangan anak yang dicintainya. Seluruh permukaan bumi telah tenggelam dan semua manusia telah mati kecuali yang tersisa dalam perahu. Kemudian Perahu mengapung di atas permukaan air yang tidak kunjung surut. Hingga akhirnya datanglah perintah Allah Swt agar bumi dan langit tidak mengeluarkan air lagi. Sebagaimana di sebutkan pada surah Hud ayat 44.

Hati Nabi Nuh masih sedih yang dalam akan kematian anaknya dan menyesali mengapa tidak mengikuti ajakannya. Ia bertanya-tanya kenapa Allah Swt tidak menyelamatkan anaknya. Beliau tidak tahu bahwa Kan’an menyembunyikan kekafirannya di hadapan Nabi Nuh As. Hingga terucap,

رَبِّ إِنَّ ابْنِي مِنْ أَهْلِي وَإِنَّ وَعْدَكَ الْحَقُّ وَأَنْتَ أَحْكَمُ الْحَاكِمِينَ

“Ya Tuhanku, sesungguhnya anakku termasuk keluargaku dan sesungguhnya janji Engkau itulah yang benar. Dan Engkau adalah Hakim yang seadil-adilnya”. (QS. Hud : 45)

Allah Swt pun menjelaskan kepada Nabi Nuh As,

قَالَ يَا نُوحُ إِنَّهُ لَيْسَ مِنْ أَهْلِكَ ۖ إِنَّهُ عَمَلٌ غَيْرُ صَالِحٍ ۖ فَلَا تَسْأَلْنِ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ ۖ إِنِّي أَعِظُكَ أَنْ تَكُونَ مِنَ الْجَاهِلِينَ

“Hai Nuh, sesungguhnya Kan’an itu bukanlah termasuk kelauargamu yang dijanjikan akan diselamatkan. Sesungguhnya perbuatannya tidak baik. Sebab itu, janganlah kamu memohon kepadaKu sesuatu yang kamu tidak mengetahui hakekatnya. Aku peringatkan kepadamu supaya kamu jangan termasuk orang-orang yang tidak berpengetahuan”. (QS. Hud : 46)

Nabi Nuh As tersadar dan memohon ampun kepada Allah Swt atas kekhilafannya. Sementara perahu terdampar di daratan, seluruh penumpang turun dan memanjatkan syukur kepada Allah Swt yang telah menyelamatkan jiwa dan keimanan mereka ebagaimana di sebutkan dalam surah Hud ayat 47.

Menghindari Sifat Tercela Kan’an.
Kan’an adalah sosok manusia yang tidak beriman kepada Allah, walau di dekatnya ada seorang penyeru yang tidak lain adalah bapaknya sendiri yaitu Nabi Nuh as. Dari kisah Kan’an di atas dapat kita perhatiakan hal-hal berikut :

1. Urgensi orang tua memperhatikan dan mendidik anak-anaknya agar tidak terjerumus dalam kekafiran.
2. Pendidikan yang diberikan kepada anak-anak meliputi Akidah, ibadah dan akhlakul Karimah.
3. Untuk mentaati orang tua selama perintahnya tidak mengandung maksiat.
4. Selalu merasa diawasi Allah, yakin bahwa Allah mengetahui apapun yang kita lakukan sampai pada gerak dan getaran hati semua tidak luput dari pengawasan Allah Swt.
5. Menghindari sikap sombong sebagimana yang dilakukan Kan’an saat diseru oleh Nabi Nuh As.

Demikianlah sahabat bacaan madani kisah Kan’an bin Nuh As. Sebagai seorang anak Nabi yang durhaka kepada ayahnya, walaupun ayahnya sekalipun sebagai seorang Rasul Ulul Azmi. Mudah-mudahan kita dan keturunan kita di jauhkan dari sifat-sifat Kan’an tersebut. Aamiin.

4 komentar:

  1. Ngelindur.... sejak kapan kapan Kanaan tenggelam dalam atau di sapu ombak dari air bah?????
    Mimpi kaleeee ya???? Sumber ente dari mana ?????

    BalasHapus
  2. Coba baca kisah nuh yang lengkap di kitab yang ditulis oleh Musa (Taurat) adanya di perjanjian lama kalo dikitabnya yang menurut anda orang kafir. itu kitabnya masih ditulis dalam bahasa aslinya yaitu bahasa ibrani. yang terjemahannya anda cukup baca perjanjian lama.

    Seharus nya anda bertanya-tanya kenapa kisah nya bisa berbeda.
    Perlu anda ketahui kisah-kisah, sejarah, tradisi, perjanjian YHWH dengan umat terdahulu, hukum-hukum dll tertulis di kitab perjanjian lama (anda hanya mengenalnya taurat dan zabur), kalo orang kriten di tambah kitab Injil (perjanjian baru) seluruh ayat ayatnya: 31.102 [PL: 23.145 / PB: 7.957] sedangkan Quran 6.666, ini menunjukan kisah-kisah dalam perjanjian lama yang tertulis di Quran pasti diringkas atau mungkin ya tidak akurat sama sekali.

    PERLU ANDA INGAT TUHAN (YHWH) ADALAH TUHAN YANG MAHA SEGALANYA, BERKUASA, BERDAULAT, MAHA MENGETAHUI, DAN MAHA-MAHA YANG LAIN NYA.

    KALO ANDA BILANG KITAB-KITAB TERDAHULU TELAH DIPALSUKAN DAN DIRAGUKAN KEASLIANNYA, BERARTI ANDA MELECEHKAN TUHAN ATAU MENYEPELEKAN TUHAN, BERARTI DIA TIDAK MAMPU MENJAGA KITAB NYA....

    NAH KALO BEGITU MENGAPA ANDA KOK MASIH PERCAYA PADA TUHAN YANG SAMA????? BAGAIMANA MUNGKIN ANDA YAKIN DIA TUHAN YANG MAHA BENAR DENGAN FIRMANNYA?????? MIKIR DIKIT DEH.

    BalasHapus
  3. @Prasetyo orang bodoh ya kaya kamu itu, nalarnya cm sedangkal mata kaki. Dasar oon

    BalasHapus
  4. saya ingin memberikan kritik terhadap kisah dan cerita ini.

    pertama, apakah benar kan'an putra nabi nuh tertua? dari mana sumbernya?
    Kedua, berapa jumlah istri nabi nuh? satu ataukah dua?
    ketiga, kalau memang istri nabi nuh satu, lalu bagaimana dengan hadits ini "Aku diutus dari keturunan bani Adam yang terbaik pada setiap kurunnya, hingga sampai pada kurun dimana aku dilahirkan" [ HR. Bukhari 3557 ]. karena kalau cuma satu, berarti rahim yang di dalamnya pernah terdapat nur Muhammad adalah wanita pengkhianat dan kafir. maka dengan hal ini sangat bertentang dengan hadits nabi.
    ke empat, pada ayat (إِنَّهُ عَمَلٌ غَيْرُ صَالِحٍ) anda mengartikan dengan "sesungguhnya perbuatannya tidak baik", bukankah dhomir hu pada lafadz innahu kembali kepada kan'an, lalu lafadz tersebut di lanjutkan dengan kata "amalun" (masdar), fungsi dari pada masdar adalah dua yakni "hasil dari pelaku perbuatan dan waktu perbuatan" kenapa anda memberikan pemaknaan yang begitu?
    pertanyaan selanjutnya akan dilanjut setelah anda jawab....
    wassalam

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.