Rabu, 07 Maret 2018

Adab Bergaul dengan Teman Sebaya dan Orang yang Lebih Muda

1. Adab Bergaul dengan Teman Sebaya.
Pergaulan dengan orang yang sebaya amat penting karena dalam mengarungi kehidupan di dunia ini kita tak terlepas dari berbagai masalah dan dalam mengatasi kesulitan. Karena orang yang sebaya baik dari segi usia ataupun sebaya dari segi lainnya akan lebih tepat apabila ia memberikan nasehat, karena sama-sama merasakan nasib yang sama atau seimbang berdasarkan keseimbangan pengalaman, pengetahuan, usia dan lain sebagainya itu juga karena lebih terbuka dalam ikut serta memecahkan segala persoalan yang kita hadapi.

Teman sebaya yaitu teman yang sederajat dengan kita. Contoh teman sebaya adalah teman satu kelas di sekolah atau di madrasah, teman belajar dan teman bermain. Sebagai teman kita selalu bergaul, berbicara, bermain, bekerja sama dan sebagainya. Oleh kerena itu hubungan dengan teman harus dijaga, agar jangan sampai renggang dan putus. Jangan pula saling bermusuhan dengan teman.

Untuk memelihara hubungan baik dengan teman, harus diperhatikan adab-adabnya sebagai berikut :

a. Ucapkan salam bila bertemu dengan teman.
b. Berbuat baik, jujur dan tidak menyakiti teman.
c. Memaafkan kesalahan teman.
d. Saling menghormati dan menghargai.
e. Tidak menghina dan meremehkan teman.
f. Tidak sombong dan pelit sesama teman

2. Adab Bergaul dengan Orang yang Lebih Muda.
Orang yang lebih muda adalah semua orang yang umurnya lebih muda dari kita. Mereka diantaranya : adik kandung, adik kelas di madrasah atau teman-teman bermain yang lebih muda umurnya. Terhadap adik-adik kita harus membimbing dan menyayangi mereka. Kita harus memberikan contoh dengan tingkah laku yang baik.

Kita senantiasa dianjurkan untuk bersikap merendah, yaitu bersikap sopan santun terhadap sesame orang mumin, termasuk terhadap orang-orang yang lebih muda daripada kita.
Dalam al-Qur’an ditegaskan pada Surat al-Hijr ayat 88 sebagai berikut ;

وَلَا تَحْزَنْ عَلَيْهِمْ وَاخْفِضْ جَنَاحَكَ لِلْمُؤْمِنِينَ

Artinya: "…dan janganlah kamu bersedih hati terhadap mereka dan berendah dirilah kamu terhadap orang-orang yang beriman." (QS. al-Hijr : 88)

Adab bergaul yang baik terhadap orang yang lebih muda antara lain :

1. Memberikan kasih sayang dan bimbingan kepada mereka.
2. Memberikan contoh dengan berbuat sesuai ucapanmu.
3. Berbicara dengan sopan kepadanya.
4. Menolong bila ia dalam kesulitan.
5. Bersabar menghadapi kemauannya.

Apabila membiasakan bergaul dengan yang lebih muda dengan adab yang baik, mereka akan menghargai sebagaimana kasih sayang dan bimbingannya yang mereka rasakan.

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang adab bergaul dengan teman sebaya dan orang yang lebih muda. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.