Sabtu, 24 Agustus 2019

Pembagian Sifat Wajib bagi Allah Swt


Dua puluh sifat sifat wajib bagi Allah Swt di atas jika dikelompokkan (kategori) menjadi 4, yaitu:

a. Nafsiyah
Sifat Nafsiyah berkaitan dengan diri (Zat) Allah Swt semata. Sifat Nafsiyah Allah Swt hanya satu, yaitu Wujud (ada).

b. Salbiyah
Sifat salbiyah adalah sifat yang menolak segala sifat-sifat yang tidak layak (tidak patut) bagi Allah Swt, sebab Allah Swt Maha Sempurna dan tidak memiliki kekurangan. Sifat salbiyah ini hanya dimilki oleh Allah dan tidak dimiliki oleh makhluk-Nya. Sifat salbiyah ada lima, yaitu: Qidaâm, Baqa', Mukhalafatu Lil-Hawâditsi, Qiyâmuhu bi-Nafsihi, dan Wahdâniyah.

c. Ma‘ani
Sifat Ma'âni, yaitu sifat yang terdapat dalam zat Allah Swt sesuai dengan kesempurnaan-Nya. Sifat-sifat Allah yang masuk dalam kategori sifat Ma'âni ada tujuh, yaitu: Qudrat, Irâdah, 'Ilmun, Hayât, Sama‘, Bashar, dan Kalâm.

Sifat-sifat Ma'âni juga dimiliki oleh makhluk- Nya. Bedanya, jika sifat ini melekat dalam diri Allah Swt maka maknanya tidak tebatas, sedangkan jika yang memiliki makhluk, maka maknanya terbatas. Contohnya: Allah Swt Maha Hidup artinya selamanya dan tidak akan mati. Sedangkan makhluk-Nya juga hidup, tapi suatu saat akan mati.

d. Ma‘nawiyah
Sifat Ma‟nawiyah merupakan sifat yang selalu tetap ada pada zat Allah Swt dan tidak mungkin pada suatu ketika Allah tidak bersifat demikian. Jumlah sifat ma‟nawiyah sama dengan jumlah sifat ma'âni, yaitu: Qâdiran, Murîdan, „Aâliman, Hayyan, Samî'an, Bashîran, dan Mutakalliman.

Sifat-sifat ini sebagai penguat dari sifat-sifat Ma'âni Allah Swt. Sifat Ma'âni Allah dan Ma'nawiyah-Nya tidak bisa dipisahkan satu dengan yang lain, sebab setiap ada sifat Ma'âni tentu ada sifat Ma'nawiyah. Sifat Ma'nawiyah Allah Swt menggambarkan keber-Ada-an dan Zat Allah Swt yang terus menerus memiliki sifat Ma'âni. Jika Allah Swt bersifat Qudrah (Kuasa), maka secara otomatis Allah Swt adalah Zat yang Maha Kuasa dan akan tetap seperti itu tanpa ada batasnya.

Pembagian sifat-sifat wajib bagi Allah Swt di atas, jika disimpulkan dalam bentuk table berikut ini:

Pembagian Sifat Wajib bagi Allah Swt

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang dalil naqli sifat wajib bagi Allah Swt. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.