Wednesday, September 4, 2019

Hikmah Pengulangan Qashash (Kisah) dalam Alquran

Dalam memberikan sinar petunjuknya, Alquran telah memberikan landasan hidup melalui contoh-contoh tentang perbuatan baik dan buruk ataupun melalui kisah-kisah yang dapat dijadikan ibrah (bahan pembelajaran) bagi manusia untuk memperkokoh keimanannya. Sebagaimana telah dijelaskan Allah Swt bahwa salah satu cara Alquran untuk menyampaikan ajarannya adalah melalui kisah-kisah (qashash). Manna al-Qattan menjelaskan hikmah diulangnya kisah kisah dalam Alquran adalah sebagai berikut:

a. Menjelaskan kebalaghaan Alquran pada tingkat yang lebih tinggi.
Ia dapat mengungkapkan suatu makna dalam berbagai macam bentuk. Pengulangan cerita disajikan pada seluruh tempat dengan gaya bahasa yang berbeda-beda sehingga manusia tidak merasa jenuh atas pengulangan ceritanya, bahkan makna yang ditangkap selalu baru dan cocok dengan kondisi mereka

b. Meneguhkan sisi kemukjizatan Alquran.
Ketika suatu makna dalam al-Alquran diungkapkan dalam bentuk yang berbeda, tak seorangpun dapat menandinginya

c. Untuk memberi penekanan tentang pentingnya masalah tersebut dan betapa besarnya perhatian al-Alquran terhadap kisah tersebut sehingga manusia mampu ibrah dan melekatkan pesan-pesan yang terkandung di dalamnya

d. Menunjukkan perbedaan tujuan dari tiap-tiap pengulangan penyebutan kisah.
Hal ini dapat dilihat pada metode penyebutan kisah, yakni sebagian dari maknamaknanya diterangkan di suatu tempat karena hanya itulah yang diperlukan, sedangkan makna-makna lainnya dikemukakan di tempat lain sesuai dengan keadaan.

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang hikmah pengulangan qashash (kisah) dalam Alquran. Sumber Modul 1 Konsep Dasar Ulumul Quran PPG dalam Jabatan Tahun 2019 Kementerian Agama Republik Indonesia JAKARTA 2019. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.

No comments:

Post a Comment