Sunday, September 1, 2019

Pengertian Nuzul al-Quran dan Tahapan Nuzulul al-Quran


A. Pengertian Nuzul al-Quran
Kata nuzul berasal dari Bahasa Arab yang secara etimologi berarti turun dari atas ke bawah. Imam alZarkasyi mengatakan bahwa ulama Ahlu al-Sunah sepakat bahwa kalam Allah Swt. (Alquran) itu diturunkan, namun mereka berbeda pendapat dalam memaknai kata al-Nuzul atau al-Inzal (turun). Ada yang mengatakan bahwa nuzulul Alquran berarti munculnya Alquran. Ada yang mengatakan bahwa nuzulul Alquran adalah pemberian pemahaman (al-i’lam) tentang Alquran.

Terkait dengan tema nuzulul al-Quran, para ulama berbeda pendapat dan terbagi menjadi dua kelompok.

Pertama, berpendapat bahwa nuzulul Alquran berarti turunnya Alquran, tanpa harus memalingkan makna lafazh nuzul dari maknanya yang hakiki ke makna majazi (metafor). Pendapat ini dianut oleh Ibnu Taimiyah.

Kedua, mengatakan bahwa nuzul disini harus dipalingkan dari makna hakiki ke makna majazi nya, seperti pemberitahuan, pemberian pemahaman dan lainnya. Jadi, nuzulul al-Quran adalah proses pemberian pemahaman tentang al-Alquran kepada malaikat atau Nabi Muhammad Saw.

B. Tahapan Nuzulul al-Quran
Para ulama membagi proses penurunan Alquran menjadi tiga tahapan, yaitu:

(1) ke lauhul mahfuzh,
(2) dari lauhul mahfuzh ke baitul izzah di langit dunia, dan
(3) dari baitul izzah kepada Nabi Muhammad Saw.

Terkait dengan penurunan dari lauhul mahfuzh ke baitul izzah, ulama berbeda pendapat tentang cara dan masa turunnya yaitu;

Pertama, menurut kebanyakan ulama, Alquran diturunkan ke langit dunia pada malam lailatul Qadar secara sekaligus. kemudian diturunkan secara berangsur-angsur selama 22 tahun 6 bulan kepada Nabi Muhammad Saw. Pendapat ini didukung oleh riwayat al-Nasai, Ibnu Abi Syaibah dan Hakim dari Ibnu Abbas.

Kedua, Alquran turun ke langit dunia selama 20 malam Lailah al-Qadar dalam 20 tahun atau 23 malam Lailah al-Qadar selama 23 tahun.

Ketiga, permulaan proses penurunan Alquran terjadi pada malam Lailah al-Qadar secara sekaligus, kemudian diturunkan secara berangsurangsur pada momentum yang berbeda-beda pada semua waktu.

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang pengertian nuzul al-Quran dan tahapan nuzulul al-Quran. Sumber Pendalaman Materi Al-Quran Hadits Modul 1 PPG dalam Jabatan Tahun 2019 Kementerian Agama Republik Indonesia JAKARTA 2019. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.

No comments:

Post a Comment