Saturday, February 22, 2020

8 Manfaat Mempelajari Peradaban Islam di Dunia

Yusuf Qardhawi mendefenisik perdaban adalah sekumpulan dari bentuk-bentuk kemajuan, baik yang berupa kemajuan bendawi, ilmu pengetahuan, seni, sastra maupun sosial yang terdapat pada suatu masyarakat atau pada masyarakat yang serupa.

Islam merupakan agama yang diwahyukan Allah Swt. kepada para Rasulnya mulai dari Nabi Adam As hingga Nabi Muhammad Saw yang isinya tentang peraturan-peraturan agar dijadikan sebagai panduan dan pedoman manusia dalam menggapai kebahagia dunia dan akhirat.

Di dalam agama Islam mengatur bagaimana kita sebagai manusia berhubungan dengan tuhan Nya, sesama manusia, diri sendiri dan dengan lingkungan sekitarnya. Makna peradaban Islam meliputi kemajuan dan kesuksesan umat Islam sebagai hasil penggunaan segala potensi yang dimilki dan semua nikmat yang diberikan Allah Swt dalam suatu periode kekuasaan.

Berikut beberapa manfaat mempelajari peradaban Islam di dunia :

1. Memberikan motivasi untuk melestarikan hasil karya seni dan peradaban untuk dijadikan inspirasi untuk masa yang akan datang.

2. Melalui perkembangan peradaban umat di berbagai penjuru dunia, kita memiliki saudara seiman yang banyak. Sehingga menimbulkan semangat dan gembira dengan memiliki saudara yang banyak.

3. Dengan cinta ilmu dan gemar membaca akan berdampak pada perkembangan dan kemajuan suatu negara.

4. Memberikan gambaran bahwa Islam adalah sebagai agama yang fitrah, dapat berkembag denga pesat ke penjuru dunia, tanpa melalui kekerasan dan peperangan.

5. Perkembangan Islam yang sangant pesat tersebut, menjadi pendorong kaum muslimin untuk meningkatkan kualitas pribadi dan umat Islam, agar mampu berperan dalam perkembangan ilmu dan teknologi di dunia ini.

6. Memberikan gambaran bahwa agama Islam adalah agama yang cinta damai dan tidak ada kekerasan dalam menyampaikan dakwah.

7. Kecerdasan pemimpin menyebabkan kemajuan dan rakyatnya pun makmur.

8. Semakin meyakini kebenaran agama Islam. Dengan bukti tidak satu pun agama di zaman modern ini yang perkembangannya sangat cepat kecuali Islam, walaupun dengan banyak tudingan miring terhadap Islam

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang manfaat mempelajari peradaban Islam di Dunia peradaban Islam di dunia. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin Segera Bisa? Klik disini Sekarang!

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.