Monday, March 23, 2020

Membaca Quran Sebaiknya Dengan Tafsirnya

Banyak sekali keutamaan Al Quran jika anda ingin mengungkapnya satu per satu . Sudah barang tentu banyak sekali keberkahan yang akan didatangkan kepada kita ketika kita rajin membaca Al Quran, apalagi ayat yang pertama turun dalam Al Quran adalah tentang perintah untuk membaca. Jika kita saja sudah diperintahkan untuk tetap membaca kenapa kita masih mengingkarinya? Bahkan Allah saja sudah berfirman untuk siapapun yang mencintai Al Quran maka orang tersebut pasti mencintai Allah dan Rasulnya.  Sebenarnya, sangat mudah untuk membaca Al Quran karena anda hanya butuh meluangkan waktu bukan malah menunggu waktu luang. Akan tetapi tidak hanya membaca saja namun anda juga harus memahami tafsir Al Quran. Ada beberapa surat beserta tafsir yang memiliki beberapa keutamaan walaupun semua surat dalam Al quran memang istimewa. Namun, beberapa surat ini dianggap mewakili hal – hal yang sering anda lalui sebagai manusia.
  1. Surat Adh Dhuha yang memiliki arti waktu dhuha ini memang memiliki banyak keistimewaan tentang bersyukur. Salah satu hal yang wajib kita petik dari surat ini mengenai nikmat. Bahkan dalam ayat ini juga disebutkan anda dapat meminta kepada Allah baik itu harta dan ilmu. Allah juga sangat menyukai hambanya yang mudah bersyukur karena Allah sudah banyak memberi kita nikmat baik nikmat duniawi hingga nikmat ukhrawi.
  2. Surat Al Fatihah Seringkali disebut sebagai ummul kitab atau ibu dari segala surat dalam Al quran. Surat ini bisa dianggap demikian karena di dalam surat ini mengandung berbagai hal prinsipal yang ada di dalam Al quran. Bahkan dalam surat ini cukup lengkap mengandung ajaran inti seperti aqidah, syariah, ibadah, hingga keyakinan kita atas hari akhir. Bahkan ada cerita bahwa pintu langit dibuka berbekal surat Al baqarah dan surat Al fatihah.
  3. Surat Al Baqarah Jika anda rajin membaca surat Al Baqarah di dalam rumah, maka Allah akan menjauhkan rumah anda beserta keluarga yang ada di dalamnya dari tipu daya setan yang terkutuk. Dalam surat ini juga mengandung ayat yang paling agung yag ada di dalam al quran yakni ayat kursi. Ayat kursi berada di ayat 255 surat Al baqarah. Sehingga jika anda membaca surat al baqarah maka sama halnya anda membaca tentang ayat yang paling agung di dalam Al Quran.
  4. Surat Al Kahfi Seringkali kita akan mendengar perintah untuk jangan pernah lupa membaca al kahfi pada hari jumat. Namun, tahukah anda kenapa anda diperintahkan untuk membacanya? Banyak hadist yang mengungkapkan bahwa orang yang membaca al kahfi pada hari jumat maka orang tersebut akan disinari cahaya oleh Allah diantara dua hari jumat. Selain itu anjuran lain yang sebaiknya anda lakukan adalah menghafal 10 ayat pertama surat al kahfi karena Allah menjanjikan akan menjaganya dari tipu daya yang dilakukan oleh dajjal.
  5. Surat Yasin Mungkin anda sangat sering membaca surat ini saat ada orang meninggal. Namun, apakah anda tahu bahwa sebenarnya surat ini memiliki banyak manfaat dan arti yang mendalam? Segera baca tafsirnya juga!
  6. Surat An Naba’ Surat yang membahas tentang hari akhir ini memang merupakan surat makkiyah sehingga jumlah ayatnya cukup sedikit.
  7. Surat Al Mulk Surat ini jika dibaca secara rutin akan mampu mencegah anda dari siksa kubur. Untuk menghindarinya maka anda cukup dengan membaca surat al mulk beserta terjemahannya.
  8. Surat Ar Rahman Surat unik karena memiliki 31 kali penyebutan terhadap nikmat yang diberikan oleh Allah dan kita harus tetap bersyukur apapun yang terjadi.
  9. Surat Al Waqiah Surat yang seringkali dianggap gerbang pembuka segala rezeki ini memang menjadi idola dari para muslimin.
  10. Surat Yusuf surat ini memang menceritakan tentang bagaimana Nabi Yusuf bersikap sabar. Bahkan banyak ibu – ibu yang hamil yang sering membaca surat ini karena merasa akan mampu membuat bayinya seganteng Nabi Yusuf. Walaupun memang secara ilmiah frekuensi al quran dapat memberi pengaruh yang cukup baik terhadap janin

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin Segera Bisa? Klik disini Sekarang!

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.