Haid/Menstruasi Dan Khas Pembawaan Wanita di Saat Haid


Haid/menstruasi menurut bahasa berarti mengalir, adapun menurut istilah syara’ adalah darah yang mengalir dari dalam rahim perempuan yang dangkal dan berlangsung/keluar pada waktu-waktu tertentu, dimana ia memberikan pengaruh pada rahim wanita manakala telah baligh. Darah ini bukanlah darah yang keluar dari leher rahim yang menyambung pada vagina atau pembuluh darah, yang biasa disebut juga dengan istilah darah istikhadha (penyakit).

Haid/menstruasi yang dialami oleh setiap wanita baligh adalah merupakan qodrat Allah SWT. yang sangat alamiyah, sehat dan normal, yang mana biasanya darah tersebut keluar secara teratur pada setiap bulan. Haid/menstruasi juga salah satu tanda bahwa wanita itu telah sampai pada usia baligh. Dimana ketika seorang wanita telah sampai pada usia baligh tersebut, maka ia telah wajib menjalankan hukum-hukum syar’i, seperti shalat 5 waktu, puasa pada bulan Ramadhan dan lain sebagainya.

Dengan demikian Haid/menstruasi ini menunjukkan sebuah indikasi akan kesehatan dan kesetabilan hormon yang ada pada tubuh wanita tersebut meskipun terkadang kedatangannya diiringi dengan tanda-tanda yang sangat khas sekali, dimana dikalangan kaum hawa pada umumnya telah mafhum mengenai kekhasan yang menyertainya tersebut. Sebab tiap wanita memiliki pembawaan yang berbeda-beda ketika darah haidnya telah datang diantaranya adalah:

  1.   Sikap malas dalam beraktifitas, sifatnya ini bukan dibuat-buat.
  2. Lesu dan lemah, hilangnya semangat dalam beraktifitas.
  3.  Kondisi emosi dan psikologis yang kurang stabil, sehingga mudah tersinggung dan emosi.
  4.  Mual dan nyeri pada semua sendi, perut dan kedua payudaranya.
  5. Sakit kepala
  6. Sakit punggung

Menurut pakar kedokteran menyebutkan bahwa ciri-ciri khas yang mengiringi kedatangan haid tersebut adalah dikarenakan oleh meningkatnya hormon ekstrogen pada darah dan berkurangannya hormon progesteron serta sensitifnya tubuh pada hormon-hormon penghasil indung telor.
Share on Google Plus

About Bacaan madani

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Post a Comment