Wednesday, November 11, 2015

7 Penyebab Orang Baik Menjadi Jahat



1.Jabatan.
Jabatan adalah merupakan amanah kepada seseorang. Dengan jabatan yang dimilikinya kadang tingkah laku baik seseorang sebelum jadi pejabat berubah jadi buruk setelah menjadi pejabat. Dulunya jujur, setelah menjabat berubah tingkah lakunya dan menjadi orang yang di buru pihak KPK maupun kepolisian. Karena sudah ketahuan korupsi.


2.Turun dari jabatan yang di dudukinya.
Tidak semua orang bisa menerima kenyataan turun atau diturunkan dari jabatan. Kadang orang bisa berubah jadi buruk disebabkan perasaan dirinya tidak berharga lagi.


3.Harta kekayaan.
Dengan harta kekayaan yang dimiliki seseorang bisa merubah perilaku baiknya menjadi buruk. Contoh seperti Qarun di zamannya Nabi Musa, as. Setelah kaya Qarun menjadi orang yang sombong.


4.Kemiskinan.
Kemiskinan dan kekurangan yang di alami seseorang bisa membuat orang gelap mata. Apalagi orang tersebut tidak bisa mengendalikan nafsunya. Ingin memiliki sesuatu tapi tidak punya uang, dengan penguasaan nafsunya akhirnya mencari jalan pintas sepeti mencuri, merampok dan menipu.


5.Kesedihan dan kecemasan.
Orang yang memiliki kesedihan dan kecemasan yang berlebihan akan membuat orang tersebut terjerumus kedalam perilaku buruk.


6.Penyakit.
Penyakit adalah merupakan cobaan, tetapi tidak semua orang sabar menghadapi penyakit yang di idapnya. Sehingga orang tersebut lupa kepada Allah swt. Bahkan sampai bunuh diri karena tidak tahan menanggung penyekit yang di idapnya.


7.Usia tua.
Disaat usia seseorang sudah tua, kekuatan pun berkuarang, kesehatan menurun maka akan berpengaruh terhadap perilaku. Disaat-saat itulah kadang-kadang kehilangan kesabaran, karena jiwa sudah mulai labil dan penuh dengan emosi dan tidak terkendali.


No comments:

Post a Comment