Hikmah Dan Manfaat Shalat Tahajjud


Shalat Tahajjud adalah shalat sunnah yang dikerjakan pada malam hari sesudah mengerjakan shalat Isya sampai terbitnya fajar dan sesudah bangun dari tidur, meskipun itu hanya sebentar.

Hukum Shalat Tahajjud adalah Sunnat Mu’akkad, yaitu sunnat yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan, karenanya maka Rasul SAW sangat menganjurkan kepada para umatnya untuk senantiasa mengerjakan shalat Tahajjud. Karena dalam shalat Tahajjud terdapat keutamaan dan keistimewaan yang besar sekali.

Adapun Waktu yang paling utama untuk melaksanakan Shalat Tahajud sebaiknya di lakukan pada sepertiga akhir malam atau sekitar jam 01.00 pagi sampai sebelum masuk waktu Subuh karena waktu tersebut Allah banyak menurunkan rahmatnya kebumi, sehingga barang siapa berdoa insya Allah kabulkan. 

Keutamaan Shalat Tahajjud ini sangatlah banyak yg antara lain Allah akan melindungi anda dari segala macam bencana atau bala, Wajah akan nampak bersinar, akan dicintai oleh Allah dan hamba Allah, akan mendapatkan pahala yg banyak, akan diampuni segala dosa–dosanya dan akan di kabulkan segala hajat dan doanya.

Sekarang marilah kita lihat betapa banyak hikmah yang diberikan Allah dalam Shalat Tahajjud. Berdasarkan beberapa hadits nabi, kita bisa menemukan keutamaan dan hikmah Shalat Tahajjud ini, dan diantaranya adalah sebagai berikut ;

1. Shalat Tahajjud Mendatangkan Kemuliaan
Ketahuilah bahwa ada hubungan yang erat antara shalat tahajjud dengan kemuliaan seseorang. Dalam sebuah ayat allah sendiri menjanjikan bahwa dia akan mengangkat derajat orang-orang yang melaksanakan shalat tahajjud ke derajat yang tinggi (maqama-mahmudah), sebagaimana yang terdapat dalam ayat,

“Dan dari sebagian malam itu gunakanlah untuk tahajjud sebagai shalat sunnah bagimu, semoga tuhanmu akan membangkitkanmu pada kedudukan yang terpuji. “ (QS.Al Isra’:79)
Di sisi Allah derajat tinggi itu berupa dimasukkannya seseorang kedalam deretan orang-orang yang shalih yang pada akhirnya akan mendapatkan tempat yang mulia, yakni di surga. Sementara derajat yang tinggi disisi sesama manusia allah akan memberinya sebuah kedudukan yang bukan saja tinggi namun juga terhormat. Ya, seseorang yang rajin melaksanakan shalat tahajjud akan mendapatkan kemuliaan di tengah-tengah manusia.

Dalam sebuah hadist pernah disebutkan :
“Jibril datang kepada nabi lalu berkata “Wahai Muhammad hiduplah sesukamu, tapi pasti engkau akan mati, berbuatlah sesukamu tapi pasti engkau akan dibalas menurut perbuatanmu itu, cintailah siapa saja yang engkau kehendaki tapi pasti engkau akan berpisah dengannya. Ketahuilah bahwa kemuliaan seseorang mu’min itu ialah shalat di waktu malam dan kebesarannya ialah ketiadaan butuhnya terhadap sesama manusia”

Hadits diatas memberikan satu kesimpulan bahwa kemuliaan seorang mu’min sangat dipengaruhi oleh shalat tahajjudnya, semakin banyak shalat tahajjud yang dilakukan, maka hal itu akan menjadi jaminan kemuliaannya. Sebaliknya semakin sedikit seseorang melaksanakan shalat tahajjud, maka semakin kecil pula kemuliaan itu terdapat dalam dirinya. Adalah sudah menjadi janji Allah yang disampaikan lewat malaikat Jibril kepada nabi bahwa siapapun yang sacara istiqamah melaksanakan shalat tahajjud maka derajatnya akan diangkat oleh Allah, baik sewaktu didunia lebih-lebih kelak diakhirat. Jika seorang hamba itu derajatnya sudah diangkat oleh Allah pada tingkat kemuliaan, maka bisa dipastikan bahwa seorang hamba tersebut akan menjadi manusia yang disegani dan dihormati oleh orang lain. Dan pada kesimpulan akhir kita pun bisa mengatakan bahwa bila seseorang itu secara rutin melaksanakan shalat tahajjud di tengah malam, maka pasti orang tersebut tak akan pernah menjadi orang yang hina dimata manusia. Semiskin apapun dia, tetap saja orang akan menaruh hormat kepadanya. Apalagi jika ia punya kelebihan materi, maka pengaruh shalat tahajjud akan menjadikan derajatnya malah semakin tinggi.

2. Shalat Tahajjud Mendatangkan Pertolongan
Dari sini kita akan mengetahui betapa shalat tahajjud sangat ampuh untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dianggap pelik. Dalam kaitannya dengan masalah ini, shalat tahajjud sesungguh nya bisa digunakan sebagai suatu solusi untuk mengatasi semua permasalahan hidup yang tengah dijalani. Dengan shalat tahajjud sembari bermunajat mengadu kepada allah atas masalah yang tengah dihadapi pasti seseorang mendapatkan jalan keluar. Allah akan memberikan pertolongan kepada semua hamba-nya selagi mereka mau bangun tengah malam dan mengadukan  “nasibnya”. Ketahuilah bahwa pertolongan allah banyak diberikan saat tengah malam. Dan hal ini ditegaskan sendiri oleh nabi dalam sebuah hadits:

“Di malam isra’ku ke langit, Allah berpesan lima hal kepadaku; (1) janganlah hatimu terlalu melekat terhadap dunia, sebab dunia diciptakan bukan untukmu (bukan untuk dipakai bersenang-senang), (2) jadikan cintamu hanya kepada-ku, (3) bersungguh-sungguh lah dalam mencari surga, (4) hentikan semua harapmu dari semua makhluk, sebab mereka sama sekali tidak mempunyai kemampuan, (5) terus-meneruslah melaksanakan shalat malam (tahajjud), sebab datangnya pertolongan disertai dengan shalat malam”

Ada lima yang disampaikan Allah kepada nabi Muhammad, salah satunya adalah supaya beliau sekaligus semua umatnya tidak meninggalkan shalat tahajjud, sebab dibalik shalat mala mini terdapat anugrah yang tak ternilai harganya, yakni berupa pertolongan Allah.

Siapapun menyadari bahwa dalam hidup ada banyak masalah yang selalu datang silih berganti. Ironisnya lagi, kadang masalah-masalah itu tidak bisa terselesaikan dengan baik. Pada saat inilah manusia sering berputus asa. Bahkan pada saat-saat yang paling puncak, keputus-asaan itu membuahkan tindakan yang nekat. Adanya kasus-kasus bunuh diri adalah merupakan tanda bahwa manusia sering kali gagal dalam menyikapi dalam masalah hidupnya.

Tak usah bingung dan tak usah ragu! Siapapun anda yang saat ini mungkin sedang dirundung duka sebab tercekik masalah pelik, atau mungkin anda yang merasa bahwa hidup ini begitu sengsara, atau anda yang kali ini berada dalam posisi terjepit yang sangat membutuhkan pertolongan, cobalah anda melakukan shalat tahajjud di tengah malam. Adukan semua permasalahan yang anda hadapi kepada Allah dan memohonlah pertolongan kepada-nya. Yakinlah bahwa Allah pasti akan memberikan pertolongan, sebab dia sendiri sudah berjanji akan menurunkan pertolongan bersamaan dengan upaya tahajjud.

3. Shalat Tahajjud Menjadi Benteng Diri
 “Hendaklah kalian menegakkan shalat malam sebab hal itu biasa dilakukan oleh orang-orang shaleh terdahulu, juga bisa mendekatkan diri kepada Allah, dan akan menjadi benteng bagimu dari segala kejahatan serta menghapusnya”

Kejahatan yang dimaksud disini adalah semua kejahatan baik yang ditimbulkan oleh manusia,jin,maupun oleh alam. Dengan demikian bisa dipastikan jika seseorang itu istiqamah mengerjakan shalat tahajjud, maka ia akan banyak memperoleh keselamatan dalam hidup. Ia akan dijauhka oleh allah dari kejahatan dalam bentuk apapun dan oleh siapapun, termasuk akan dijauhkan dari marabahaya yang diakibatkan oleh alam, seperti bencana dan sebagainya. Kalaupun adanya bencana itu secara keseluruhan dan menimpa di sebuah daerah dimana seseorang tersebut termasuk berada didalamnya, maka tetap saja ia akan diselamatkan oleh Allah dari bahaya-bahaya seperti itu.

4. Shalat Tahajjud Menjadi Penangkal Dari Semua Penyakit
Kedengarannya memang aneh, adakah hubungan antara shalat tahajjud dengan upaya penyembuhan?

Dalam sebuah penelitian tentang hubungan antara shalat tahajjud dengan terapi penyakit, DR.Moh.Sholeh mendapatkan sebuah kesimpulan akhir bahwa shalat tahajjud memang punya kekuatan untuk bisa dijadikan sebagai sebuah terapi. Hal ini disebabkan karena shalat tahajjud memiliki energy yang bisa menyebabkan ketenangan batin dalam diri seseorang. Dalam tinjauan medis menyebutkan bahwa ketenangan dapat meningkatkan ketahanan tubuh sekaligus bisa mengurangi resiko terkena berbagai penyakit. Ketenangan ini memunculkan satu kesimpulan bahwa orang-orang yang rajin melaksanakan shalat tahajjud akan terjamin kesehatannya, bukan hanya kesehatan mental, namun juga kesehatan fisiknya. Hal ini akan lain ceritanya jika seseorang tidak pernah melaksanakan shalat tahajjud, orang-orang yang tidak pernah melaksanakan shalat tahajjud tak akan pernah merasakan sentuhan kalbu yang begitu menentramkan. Apalagi bagi mereka yang sering stress dengan berbagai permasalahan yang dihadapi. Secara medis, orang-orang seperti ini rentan terserang penyakit sebab ketahanan tubunya tidak baik. 

Ketahuilah bahwa disamping shalat tahajjud bisa menjadi wahana yang tepat untuk bermunajat dan memohon kepada Allah, ternyata shalat sunnah ini juga punya keistimewaan yang lain, yaitu bisa menjauhkan seseorang dari penyakit badan lebih-lebih penyakit jiwa. Hal ini pun telah dinyatakan sendiri oleh nabi dalam sebuah hadits:

“Kejakanlah shalat malam sebab itu adalah merupakan kebiasaan orang-orang shaleh terdahulu sebelum kalian, juga merupakan jalan yang bisa mendekatkan diri kepada allah, pula sebagai penebus kejelekan-kejelekan, pencegah dosa serta dapat menghalau penyakit dari badan”

Dari kenyataan ini maka bagi anda yang mungkin sekarang lagi bingung bahkan sedih dengan cengkeramaan penyakit yang sudah menahun dan sudah berusaha berobat kemana-mana namun belum mendapatkan kesembuhan, maka cobalah untuk mencari terapi dengan melaksanakan shalat tahajjud secara rutin, khusyu’ dan ikhlas’ kepada Allah. Kalau nabi sudah menjamin bahwa dengan shalat tahajjud akan menemukan kesembuhan, maka yakinlah bahwa allah pasti akan memberikan kesembuhan terhadap keluhan penyakit anda.

5. Shalat Tahajjud Memberikan Banyak Karunia
“Siapapun yang mengerjakan shalat malam dengan baik, maka allah akan memuliakannya dengan 9 perkara ; 5 diantaranya diberikan didunia dan ada yang 4 diberikan di akhirat. Adapun lima yang diberikan di dunia ialah, (1) Allah akan memeliharanya dari bahaya-bahaya, (2) Allah akan menampakkan bekas-bekas ketaatan diwajah nya, (3) Allah akan menjadikan hati orang-orang shaleh  dan semuanya senang/cinta kepadanya, (4) Allah menjadikan semua ucapannya penuh dengan hikamh, (5) Allah akan menganugrahkannya sebuah kefahaman. Adapun 4 yang diberikan di akhirat adalah (1) akan bangkit dari kuburnya dalam keadaan wajahnya cerah, (2) perhitungan amalnya akan di buat seringan mungkin, (3) melintasi shirat bagaikan kilat, (4) menerima kitab catatan amal dengan tangan kanan kelak di hari kiamat”

Dari hadits diatas ada beberapa keistimewaan yang harus di garis bawahi, pertama, dengan shalat tahajjud ternyata allah akan menampakkan cahaya ketaatan seseorang pada wajahnya. Cahaya ketaatan ini bukan saja sekedar berupa hitamnya jidat akibat seringnya sujud, namun jauh lebih dari itu cahaya ketaatan itu akan bersinar secara samar dalam wajah seseorang. Adalah bisa dipastikan bahwa jika seseorang itu rutinmenjalankan shlat tahajjud, maka wajahnya akan menjadi lain dari wajah orang-orang biasa. Ada semacam keteduhan dan kedamaian yang bersembunyi dibalik  wajah tersebut, dan itu bisa dirasakan oleh siapapun yang melihatnya.

Kedua, dengan rajin melaksanakan shalat tahajjud, Allah akan menjadikan ucapan seseorang menjadi lebih berbobot dan sarat dengan hikmah. Bobot dan hikmah yang keluar dari mulut ahli tahajjud akan Nampak terlihat manakala ia member nasehat pada orang lain. Meski secara tata bahasa ucapan mereka tidak seberapa, misalnya, namun dibalik itu semua ucapan akan terdengar lain dan bisa langsung menyentuh sisi kejiwaan seseorang. Kita sesungguhnya bisa membedakan tutur kata ahli tahajjud dengan orang-orang biasa. Kalau orang biasa pandai bertutur kata, maka semua ucapannya hanya sekedar “enak” di dengar. Beda sekali dengan ahli tahajjud, sekali ia memberikan wejangan atau hanya sekedar mengucap maka pasti ucpannya bisa langsung menyentuh perasaan oranglain. Dengan demikian maka bisa dipastikan bahwa jika seseorang istiqamah melaksanakan tahajjud maka pasti ia akan menjadi orang yang disegani semua ucapannya akan di dengar dan diperhatikan.

Itulah sahabat bacaan madani sederet hikmah dan keistimewaan yang terdapat dalam shalat tahajjud, sekali lagi, meski shalat ini hanya sekedar sebagai amaliyah sunnah, namun dibalik itu ternyata dalam sholat tahajjud terkandung sebuah keajaiban dan keagungan yang begitu besar. 

Share on Google Plus

About Bacaan madani

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Post a Comment