Manfaat Menggunakan Jilbab

Sungguh di balik perintah untuk berhijab, ada banyak kebaikan dan manfaat yang terkandung, bukan hanya sekedar menutup aurat. Perintah untuk berhijab bukan untuk mempersulit kaum wanita dalam berpakaian.  Akan tetapi untuk memuliakan kaum wanita itu sendiri. Apalagi wanita sangat mulia dalam pandangan Islam.

Berbicara mengenai hijab, masih saja ditemukan bahwa sebagian wanita yang menggunakan jilbab hanya sekedar disuruh atau diwajibkan oleh orang tua, tempat belajar atau tempat kerja. Tetapi jika keluar dari aturan itu tersebut, maka lepas pula jilbab yang menutupi kepalanya. Sebagian lagi, wanita memakai jilbab hanya terkesan untuk gaya. Sehingga jilbab yang dipakai tidak seperti apa yang diperintahkan dalam agama.

“Dan katakanlah kepada perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasan (auratnya), kecuali yang (bisa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka atau atau ayah suami mereka atau putra-putra mereka,...” (Q.S An-Nur : 31)

Jilbab sangat dianjurkan dalam Agama Islam. Dengan berjilbab, kewajiban bagi seorang wanita untuk menutup aurat sudah terlaksanakan. Untuk urusan penampilan, eits jangan salah ya, wanita yang berjilbab juga tidak kalah oke nya bila dibandingkan dengan wanita yang tidak berjilbab. Bahkan banyak wanita yang merasa lebih cantik setelah mereka memutuskan untuk berjilbab. Bagi sebagian wanita, memutuskan untuk memakai jilbab memang tidaklah mudah. Masih begitu banyak pertimbangan dan pemikiran yang mengganjal untuk memakai jilbab.
Terus apa saja keuntungan atau manfaat memakai jilbab? Inilah beberapa keuntungan memakai jilbab :

1. Menutup Aurat.
Didalam Islam sudah jelas dikatakan bahwa hukum menutup aurat bagi seorang muslimah adalah wajib. Jadi, bagi anda yang sudah memakai jilbab, anda sudah memenuhi kewajiban anda sebagai seorang muslimah. Dengan berjilbab dan berpakaian rapi dan tertutup, anda akan merasakan begitu banyak manfaat.

2. Jiwa Menjadi Tenang dan Tentram.
Ketika seorang wanita memutuskan untuk berjilbab, hal ini adalah salah satu keunggulan tersendiri bagi seorang wanita muslimah. Jiwa mereka akan lebih tenang dan tentram apabila dibandingkan pada saat mereka belum berjilbab. Tidak percaya?

3. Lebih Dihormati.
Seorang wanita muslimah yang berjilbab, secara tidak langsung akan merasakan dampak positif yang satu ini, lebih dihormati. Iya, bayangkan saja ketika bertemu dua orang wanita, yang satu berpakaian begitu terbuka dan minim dan yang satu begitu rapi dan tertutup. Perlakuan orang lain terhadap kedua orang wanita tersebut sudah pasti akan berbeda. Orang lain akan melihat bahwa wanita yang berjilbab adalah seorang wanita yang dekat dengan Allah Swt dan begitu rela mematuhi apa yang sudah diperintahkan-Nya untuk menutup aurat, hal ini akan memberikan rasa hormat tersendiri bagi wanita tersebut.

4. MencegahPerbuatan Dosa.
Setiap manusia sudah pasti tidak akan luput dari yang namanya perbuatan dosa. Namun, ketika seorang wanita berjilbab tentu akan berfikir seribu kali untuk melakukan perbuatan dosa. Secara mudahnya, jilbab dapat menjadi benteng untuk membendung perbuatan-perbuatan dosa.

5. Tampil Lebih Cantik dan Anggun.
Jangan salah, berjilbab tidak akan mengurangi penampilan kok. Bahkan begitu banyak wanita yang justru menjadi lebih pede, lebih cantik, lebih terlihat anggun dan begitu lembut. Dengan berjilbab, kecantikan anda tidak akan berkurang kok.

6. Cantiknya Luar Dalam.
Kecantikan seorang wanita tidak hanya dinilai dari luarnya saja, ada sisi cantik dari dalam dirinya, kepribadiannya, perilakunya dan lain sebagainya. Orang sering menyebutnya inner beauty. Seorang wanita yang berjilbab akan sangat mungkin mendapatkan kecantikan luar dalam sekaligus. Dari penampilan begitu cantik dan lembut, kecantikan dari dalam dirinya pun terpancar begitu jelas.

7. Tubuh Akan Terlindung Dari Polusi dan Sengatan Matahari.
Hmm, betapa banyak wanita yang berlomba-lomba mempercantik dirinya dan begitu mati-matian menghinda dari efek buruk dari sinar matahari dan berbagai polusi. Nah, bagi seorang muslimah yang berjilbab, secara tidak langsung akan terhindar dari ketakutan-ketakutan tersebut. Jika memang harus berada ditempat terbuka yang langsung terkena sinar matahari dan polusi lainnya, jilbab akan melindungi kulit, tubuh dan rambut mereka dari sinar matahari dan polusi-polusi lainnya. Dengan begitu, kulit pun akan tetap putih bersih, tidak takut menjadi hitam dan rambut pun tetap aman karena tertutup jilbab.

Baca Juga: Manfaat Hijab Bagi Kesehatan Kulit

8. Jilbab adalah Indikasi Wanita Baik.
Mungkin saat ini begitu banyak wanita berjilbab yang perilakunya "kurang" mencerminkan pribadi seorang muslimah yang baik. Hmm, mungkin itu adalah segelintir wanita yang niat awalnya sudah "tidak benar". Jika seorang muslimah memakai jilbab karena kesadaran dan niat dari hati yang tulus mentaati perintah Allah Swt, sangat tidak akan mungkin hal tersebut terjadi. Bagaimanapun juga, jilbab adalah salah satu indikasi bahwa wanita tersebut adalah seorang wanita yang baik dan taat terhadap perintah Agama.

9. Calon Istri dan Ibu yang Baik?
Mungkin masih terkait dengan nomor 8 diatas, bahwa jilbab bisa menjadi indikasi atau tolak ukur wanita yang baik. Pria mana yang tidak mau memperistri wanita yang berjilbab dan taat perintah agama dan berperilaku baik? sudah barang tentu semua pria akan dengan senang hati meminang wanita seperti ini. Jadi, jilbab juga bisa dijadikan sebagai ukuran bagi seorang pria bahwa memang wanita tersebut adalah wanita yang sesuai kriteria untuk dijadikan pasangan hidup dan kelak menjadi ibu dari putra-putrinya.

10. Jilbab Dapat Menutupi Aib.
Hmm, setiap manusia memang terlahir berbeda. Mungkin saja ada wanita yang rambutnya dianggap kurang bagus. Nah, dengan berjilbab, maka jilbab akan dapat menutupi kekurangan tersebut. Kepercayaan diri anda pun akan tetap terjaga dengan tertutupinya kelemahan tersebut.

11. Menjadi Contoh Bagi Wanita Lainnya yang Belum Berjilbab.
Ketika seorang wanita sudah berjilbab dengan niat yang tulus dan ikhlas, maka dia akan menjadi contoh yang baik bagi wanita lainnya yang belum berjilbab. Bisa jadi akan ada wanita muslimah lain yang kemudian ikut berbondong-bondong memakai jilbab setelah melihat anda yang sudah berjilbab. Berlomab lomba dalam kebaikan sangat dianjurkan dalam Agama Islam, termasuk yang ini nih, mengajak untuk mulai mengenakan jilbab.

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang manfaat jilbab untuk muslimah yang memakainya. Tentunya untuk mendapatkan manfaat jilabab tersebut, jilbab yang di pakai harus sesai dengan jilbab syariat. Bukan hanya jilbab untuk menggaya yang hanya sekedar menutup sebagian kepala.
Baca Juga:
1. Manfaat dan Keutamaan Wudhu Sebelum Tidur
2. Manfaat Mencukur Bulu Kemaluan Dalam Islam Beserta Tipsnya
Share on Google Plus

About Bacaan madani

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

1 komentar :

  1. Saya pernah melihat perempuan berjilbab tetapi merokok di area umum, bagai mana menurut anda dengan hal ini, sedangkan yang kita tau jilbab merupakan identitas sering juga di anggap wanita baik2

    ReplyDelete