Friday, April 6, 2018

Kitab Hadis | Pengertian Kitab as-Sunan dan Contoh Kitab Sunan

A. Pengertian Kitab as-Sunan.
Secara etimologi kata sunan merupakan bentuk jama’ dari kata sunnah yang diartikan at -tariqah berarti jalan atau al-sirah berarti perjalanan hidup atau sejarah. Secara terminologi sunah adalah segala sesuatu yang datang dari Nabi Saw. baik perkataan, perbuatan dan persetujuan (taqrīr), sama dengan hadis. Dalam sunan tidak menyebutkan hadis mauquf (berita yang disandarkan kepada sahabat) dan maqthu’ (berita disandarkan kepada tabi’in). Dalam kitab al-Risalah al-Mustat ̣rafah disebutkan bahwa kitab sunan adalah sebagai berikut :

“Kitab hadis yang tersusun berdasarkan bab-bab fikih, dari bab iman, bersuci, shalat, zakat dan seterusnya. Di dalam kitab ini tidak ada tidak ada hadis mauquf, karena hadis mawquf tidak dinamakan sunah dalam istilah mereka tetapi dinamakan hadis.”

Sementara yang dimaksud kitab sunan di sini adalah himpunan beberapa hadis yang didapat dari para syaikhnya dengan menggunakan teknik penghimpunan seperti sistematika kitab fikih pada umumnya. Yakni memuat bab taharah (kesucian), shalat, zakat, puasa dan haji. Bab mu’amalat mengandung jual beli (buyu’), sewa menyewa (ijarah), gadai (rahn) dan lain-lain. Bab munakahat dan faraid (pernikahan dan harta warisan) dan jinayat dan hudud (pidana dan hukumannya) dan lain-lain. Di dalam kitab Sunan ini dijelaskan kualitasnya, ada yang sahih, hasan dan da’if.

B.  Contoh Kitab Sunan.
Contoh kitab Sunan antara lain:

1. Sunan Abi Dawud karya Abu Dawud (w. 275 H)
2. Sunan al-Nasa’i, karya al-Nasa’i (w. 303 H)
3. Sunan Ibn Majah, karya Ibn Majah (w. 273 H)

Kitab-kitab Sunan ini adalah perkembangan pembukuan hadis pada abad ke-3 H, yakni masa kejayaan pengkodifikasian, sehingga buku Sunan ini termasuk sebagian buku hadis yang dijadikan buku induk hadis. Kitab hadis yang dijadikan buku induk sebanyak 6 kitab, yaitu 3 al-Jami’ dan 3 Sunan, yaitu:

1. Al-Jami` al-Sahih li al-Bukhri 
2. Al-Jami` al-Sahih li Muslim 
3. Jami` al-Turmuzi 
4. Sunan Abi Dawud 
5. Sunan al-Nasa’i 
6. Sunan Ibn Majah

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang pengertian kitab as-sunan dan contoh kitab sunan. Sumber buku Siswa Hadits Ilmu Hadits Kelas X MA Kementerian Agama Republik Indonesia, 2014. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.

No comments:

Post a Comment