Minggu, 29 November 2015

Enam Keistimewaan Ibadah Shalat


Shalat  kedudukan yang paling utama dalam Islam.shalat merupakan kerangka iman dan juga sebagai tiang agama. Shalat termasuk dalam rukun Islam dan merupakan ibadah yang mempunyai banyak keistimewaan. Seorang muslim (muslimah) yang betul-betul beriman kepada Allah swt. dan beriman kepada Rasulnya tentu akan disiplin dalam mengerjakan shalat. Mereka melakukannya dengan ikhlas karena Allah swt dan sesuai dengan syara'.

Shalat adalah tiang agama Islam. Jika agama Islam itu di ibaratkan sebuah bangunan, maka shalat adalah sebagai tiangnya. Sebagaimana hadits Rasulullah saw. yang artinya,

"Shalat adalah tiang agama, maka barang siapa yang menegakkannya, berarti menegakkan agama dan barang siapa yang meninggalkannya berarti meruntuhkan agama."(HR Baihaqi)

Adapun Keistimewaan ibadah shalat antara lain sebagai berikut:

1. Shalat merupakan ibadah badaniah(ibadah yang pelaksanaanya melalui gerakan-gerakan anggota badan) yang pertama diwajibkan.

2. Kewajiban shalat lima waktu langsung disampaikan ALLAH SWT kepada nabi Muhammad yakni pada malam mi’raj tanggal 27 Rajab setahun sebelum hijrah ke madinah. Sedangkan ibadah-ibadah lain yang hukumnya wajib disampaikan ALLAH melalui malaikat Jibril.

3. Shalat merupakan wasiat terakhir Rasulullah saw terhadap umatnya.

Ali berkata “Adalah akhir pembicaraan Rasulullah saw, “Peliharalah shalat perihalah shalat!” Dan bertaqwalah kepada ALLAH terhadap budak sahayamu. (H.R. AHMAD)

4. Salat merupakan amal yang pertama dihisab (diadili) di alam akhirat kelak.
Rasulullah saw bersabda : 

“ Amal yang paling pertama dihisab dari seseorang  hamba di hari kiamat ialah   shalatnya .jika shalatnya diterima,maka diterimalah amal-amal yang lain,jika shalatnya ditolak(tidak diterima), maka ditolaklah amal-amal lainnya.” (HR Ath-Thabrani)

5. Shalat merupakan amal atau perbuatan yang paling disukai ALLAH.
Dalam sebuah hadis disebutkan. “Ibnu Mas’ud ra berkata: 

“Saya bertanya kepada Rasulullah saw amal apakah yang paling disukai ALLAH SWT? Rasulullah saw menjawab: “Shalat pada waktunya. “Saya bertanya kembali: “ kemudian apalagi?”Rasulullah menjawab : “Berbaktilah kepada orang tua.” Sekali lagi saya bertanya: “Lalu apalagi Rasulullah?” Beliau  menjawab: “Berjuang (berjihad) di jalan ALLAH.(H.R. Bukhari dan Muslim)

6. Meninggalkan shalat termasuk dosa besar yang diancam dengan siksa neraka.
ALLAH swt berfirman :

Artinya :”Apakah yang memasukkan kamu masuk kedalam saqar(neraka)?”mereka menjawab: “kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang yang mengerjakan shalat." (Al- muddatstsir 74 :42-43)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.