Senin, 18 Januari 2016

Kenalilah, Ciri-ciri Orang Sombong Disekitar Kita


Salah satu akhlak yang merupakan pangkal dari keburukan ialah sombong atau takabbur. Dikatakan pangkal keburukan ialah karena sombong akan mengantarkan manusia pada suatu kebiasaan menuju pada perbuatan tercela. Sebab kesombongan itu hanya dimiliki Iblis laknatullah. Manusia tidak pantas memiliki sifat sombong.

Orang yang mempunyai sifat sombong cenderung berbuat kejahatan dalam bentuk memperkosa keberanian dan melangar hak-hak makhluk lain. Contoh orang sombong apabila di ajak berdiskusi untuk memusyawarahkan masalah dalam mencapai kebenaran, maka tidak mungkin dia menegakkan kebenaran itu sendiri. Sebab orang yang demikian ini menonjolkan pikirannya. Buah pikirannya, saran dan idenya dianggap lebih benar, lebih baik daripada ide atau pendapat orang lain.

Jika engkau melihat orang yang sombong, maka akan engkau temui ciri-ciri nyata sebagai berikut (pasti ada salah satu di antaranya):

1. Orang yang sombong lebih cenderung untuk lebih tinggi dari majelis. Sedangkan orang lain direndahkan, bahkan dianggap sebagai pelengkap saja.

2. Orang yang sombong mempunyai kecenderungan untuk mendahului orang lain jika jalan bersamaan. Sebab tidak mau di belakangi orang lain.

3. Orang bersifat sombong, selalu memandang orang lain dengan pandangan meremehkan. Jika ia tidak di beri  salam terlebih dahulu maka ia akan sakit hati (marah). Ia akan tersinggung jika keperluaan dan kehormatannya/ harga dirinya di kurangi.

4. Orang yang bersifat sombong akan cenderung merasa tak suka jika di beri nasehat, dan membenci pada orang yang memberi nasehat. Orang tersebut mersa lebih tahu dan pintar.

5. Orang sombong, apabila memberi nasehat atau mengajar ilmu, menunjukan atau menjelaskan sesuatu, maka sikapnya kasar dan suka membentak-bentak pada orang yang di nasehati. Kebiasaan ini tujuannya supaya orang lain mendengar bahwa dia lagi memberikan nasehat.

6. Orang yang sombong jika bertukar pikiran, maka selalu berusaha agar buah pikirnya di terima/dipakai. Ia bahkan memaksa kebenaran atau mempekorsa kebenaran demi buah kepikiranya dihargai orang lain. Walaupun ada pendapat orang lain yang lebih baik daripada pendapatnya.

7. Orang yang sombong, jika memandang orang awam, maka pandanganya kecil, mengangap yang di pandang itu adalah seekor kedelai. Maksudnya selalu meremehkan orang lain.

Demikianlah sahabat bacaanmadani ciri-ciri orang yang sombong, mudah-mudahan kita di lindungi oleh Allah swt. dari sifat-sifat orang sombong. Aamiin yaa Rabbal 'aalamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.