Selasa, 14 Februari 2017

Nama-Nama Rasul Yang Mendapat Gelar Ulul Azmi

Pengertian Rasul menurut bahasa berarti utusan, sedangkan Rasulullah berarti Utusan Allah. Dapat juga diartikan sebagai seseorang yang mengikuti berita-berita yang mengutusnya.

Pengertian menurut istilah, berarti meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah SWT telah mengutus manusia laki-laki terpilih yang diberi wahyu oleh Allah SWT dan wahyu tersebut harus disampaikan kepada umatnya sebagai pedoman dan petunjuk hidup, agar hidupnya selamat dari dunia hingga kelak di akherat.

Sedangkan Rasul ulul azmi adalah rasul-rasul yang memiliki keteguhan hati dan kesabaran luar biasa dalam menghadapi halangan dan rintangan ketika melaksanakan perintah Allah SWT, yaitu menyampaikan wahyu Allah SWT kepada ummatnya. Hal ini berdasarjan firman Allah SWT dalam surat Al Ahqaaf ayat 35.

فَاصْبِرْ كَمَا صَبَرَ أُولُو الْعَزْمِ مِنَ الرُّسُلِ وَلَا تَسْتَعْجِلْ لَهُمْ ۚ كَأَنَّهُمْ يَوْمَ يَرَوْنَ مَا يُوعَدُونَ لَمْ يَلْبَثُوا إِلَّا سَاعَةً مِنْ نَهَارٍ ۚ بَلَاغٌ ۚ فَهَلْ يُهْلَكُ إِلَّا الْقَوْمُ الْفَاسِقُونَ

Artinya : “Maka bersabarlah kamu seperti orang-orang yang mempunyai keteguhan hati dari Rasul-rasul telah bersabar dan janganlah kamu meminta disegerakan (azab) bagi mereka. pada hari mereka melihat azab yang diancamkan kepada mereka (merasa) seolah-olah tidak tinggal (di dunia) melainkan sesaat pada siang hari. (inilah) suatu pelajaran yang cukup, Maka tidak dibinasakan melainkan kaum yang fasik.”

(1) Nabi Nuh A.s.
(2) Nabi Ibrahim A.s.
(3) Nabi Musa A.s.
(4) Nabi Isa A.s.
(5) Nabi Muhammad Saw.

Setiap Rasul Ulul Azmi memiliki kisah hidup utama yang dapat dijadikan teladan bagi setiap muslim. Misal, kegigihan Nabi Nuh A.s. yang berdakwah kepada kaumnya, ketegaran Nabi Ibrahim A.s. saat mendapat perintah Allah Swt. terutama di saat dapat perintah dari Allah Swt untuk mengorbankan anak Nabi Ismail waktu kecil. Keteguhan Nabi Musa A.s. yang memimpin Bani Israel serta kesabarannya menghadapi raja zalim waktu itu yang bernama Fir’aun, Kelembutan Nabi Isa A.s. dan teladan agung Rasulullah Muhammad Saw. bagi seluruh umat akhir zaman.

Itulah sahabat bacaan madanini Nama-Nama Rasul Yang Mendapat Gelar Ulul Azmi, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi Petunjuk dan RidhaNya kepada kita untuk selalu konsisten dalam menjalankan ajarannya. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.