Wednesday, August 28, 2019

Mahasiswa Zaman Now “Sukses Kuliah Sukses Berdakwah”

Oleh : Faris Sabili – Mahasiswa STEI SEBI (sabilifaris@gmail.com)

Mahasiswa merupakan sebutan bagi seseorang yang sedang menjalani proses belajar pada jenjang pendidikan tinggi di sebuah perguruan tinggi yang terdiri atas akademi, sekolah tinggi dan universitas. Menjadi seorang mahasiswa tidaklah semudah bayangan saat kita masih SMA.

Menjadi mahasiswa zaman modern ini tidaklah mudah banyak tantangan dan rintangan yang harus dihadapi. Seperti perkembangan IPTEK yang sangat pesat, sehingga harus mampu mengikutinya dan membentengi diri supaya tidak tejerumus ke dalam hal negatif dalam penggunaan IPTEK tersebut.

Pada zaman yang modern ini, kita mengetahui bahwa segala hal yang ada di dunia ini semakin berkembang dengan pesat dan sangat berbeda dengan  yang ada di zaman dahulu.

Seperti perkembangan IPTEK yang sangat terasa perubahannya. Terutama perkembangan pada teknologi memberikan dampak perubahan yang signifikan pada hampir semua bidang. Contohnya adanya HP/Smartphone sebagai alat komunikasi yang dapat memudahkan dalam berhubungan dengan orang lain jarak jauh. Dan sekarang pun masih  dikembangkan semaksimal mungkin untuk mendapatkan kemudahan di setiap pekerjaan. Tidak hanya pada teknologi alat komunikasi saja, bahkan di bidang pendidikan pun juga berkembang pesat. Salah satu penyebabnya adalah adanya teknologi.

Zaman modern ini dikenal dengan sebutan “Zaman now” yang terdiri dari dua kata yaitu kata “zaman” dan “kata now”. Zaman bisa juga diartikan dengan masa. Sedangkan kata “now” berasal dari bahasa Inggris yang artinya sekarang, saat ini. Jadi, kata “zaman now” jika disatukan akan berarti masa yang saat ini sedang terjadi.

Pada zaman dulu ketika belum mengenal canggihnya teknologi, semua peserta didik baik dari kalangan siswa maupun mahasiswa hanya menulis pelajaran menggunakan alat tulis berupa buku saja. Sedangkan sekarang sudah mulai meninggalkan hal tersebut. Sekarang ini sudah berganti menggunakan gadget.

Mahasiswa zaman now hampir seluruhnya memakai gadget sebagai media mereka dalam belajar. Gadget merupakan sebuah alat yang memiliki teknologi canggih dan berbentuk praktis sehingga mudah untuk dibawa kemana - mana dan bisa memudahkan pekerjaan manusia. Gadget dapat berupa laptop, tablet, dan smartphone. Pada zaman now sangat mustahil jika mahasiswa zaman now tidak memiliki gadget. Setiap saat pasti mereka selalu membawa gadget kemana pun mereka pergi.

Smartphone bisa disebut sebagai raja dari semua gadget. Dengan berbagai macam kecanggihan yang terdapat didalamnya dan bentuk yang sangat praktis sehingga mudah dibawa semua orang pasti mayoritas lebih memilih untuk memakai gadget, terutama pada para mahasiswa yang basicnya adalah anak muda.

Di balik semua dampak positif dari adanya gadget, juga terdapat dampak yang negatif. Dampak negatif bisa saja terjadi pada siapa pun. Hanya saja, bagaimana kita bisa mengendalikan diri terhadap penggunaan gadget.

Mahasiswa zaman now, haruslah menjadi mahasiswa yang cerdas dan memiliki keimanan dan ketaqwaan yang kuat. Sehingga bisa memanfaatkan gadget semaksimal mungkin untuk hal-hal yang positif.

Makna Sukses Kuliah dan sukses berdakwah
Sukses itu apa sih? Kesuksesan itu relatif, tergantung seseorang yang memaknai sukses itu sendiri. Sukses  menurut saya sendiri merupakan suatu proses dalam menjalankan sesuatu  yang menghasilkan suatu nilai yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain. Ketika kita ingin sukses dalam perkuliahan maka kita harus belajar dengan sungguh-sungguh dan mengamalkan ilmu yang sudah kita pelajari bisa itu seperti mengajarkan mata kuliah kepada teman kita yang belum bisa, mengajar les privat, mengajar ngaji anak-anak dan lain-lain.

Kita juga harus memiliki persepsi mengenai makna sukses dan bahagia. Karena kesuksesan dan kebahagiaan kadang setiap orang berbeda dalam memandangnya. Kita sering mengetahui sebuah fakta bahwa menurut seseorang, memiliki uang yang banyak akan membuat orang tersebut menjadi bahagia. Tetapi, tidak selamanya begitu, ada juga yang merasakan bahwa memiliki uang banyak dan kekayaan itu membuat orang tersebut menjadi resah dan tidak menenangkan.

Kesuksesan dalam perkuliahan, tidak hanya diukur dengan tinginya nilai IPK kita, tetapi kesuksesan itu diukur dengan sejauh mana kita berkontribusi kepada kampus dalam hal apapun yang posistif dan bermanfaat bagi diri sendiri, kampus maupun orang lain. Terutama kesuksesan dalam hal ketika mampu meningatkan ketakwaan bagi dirinya dan menyebarkannya ke seluruh civitas kampus.

Kesuksesan itu mencakup,

1. Iman dan taqwa yang kuat
2. Keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah
3. Tubuh yang kuat dan sehat
4. Hablum Minannass dan hablum minallah
5. Pribadi yang baik
6. Manajemen keuangan yang rapi dan teratur
7. Mensyukuri kehidupan
8. Akademik yang sukses
9. Berdakwah dengan ikhlas

Kesuksesan itu akan kita dapatkan ketika kita mempersepsikan diri kita untuk sukses. Sukses yang tidak hanya sebatas sukses, tapi sukses dengan senantiasa menyertakan Allah di setiap perjuangan. Mahasiswa sukses adalah mahasiswa yang rela dan ikhlas berjuang untuk agama Allah tanpa melupakan tugasnya sebagai mahasiswa. Inilah esensi dari “Sukses berdakwah dan sukses kuliah”.

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang mahasiswa zaman now “Sukses Kuliah Sukses Berdakwah”. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.

No comments:

Post a Comment