Thursday, April 2, 2020

Contoh Soal Latihan Essay dan Jawaban Aqidah Akhlak Materi Kisah Fatimah dan Uwais al-Qarni Kelas XI MA

Soal Ulangan dan Jawaban Uraian Aqidah Akhlak Kisah Fatimah dan Uwais al-Qarni Kelas 11 Aliyah

Jawablah dengan benar soal Uraian bawah ini.

1. Jelaskan bagaimana sosok Fatimatuzzahrah dalam pandangan anda?
2. Bagaimana figur Uwais al-Qarni dalam pandangan anda?
3. Apa saja sifat-sifat utama dari Fatimatuzzahrah dan Uwais al-Qarni?
4. Apa teladan yang bisa diambil dari sosok Fatimatuzzahrah jika dikaitkan dengan kondisi saat ini?
5. Apa teladan yang bisa diambil dari sosok Uwais al-Qarni jika dikaitkan dengan kondisi saat ini?

Kunci jawaban: 
1. Fatimatuzzahra adalah putri Nabi Muhammad Saw dan Khadijah. Ketika sudah dewasa dia menikah dengan Ali bin Abi Thalib. Dari pernikahan tersebut melahirkan Hasan dan Husein. Fatimah sangat terkenal di dunia Islam, karena hidupnya paling dekat dan paling lama dengan Rasulullah Saw. Rasulullah sendiri sangat menyayanginya. Dari dialah keturunan Nabi Saw berkembang dan tersebar di hampir seluruh negeri Islam.

Fatimah dilahirkan di Makkah pada tanggal 20 Jumadil Akhir, 18 tahun sebelum Nabi Saw. hjirah (tahun ke-5 dari kerasulan). Dia adalah putri bungsu Rasulullah Saw. setelah berturut-turut Zainab, Ruqayyah, dan Ummu Kulsum. Saudara lakilakinya yang tertua, Qasim dan Abdullah, meninggal dunia pada usia muda.

2. Uwais al-Qarni adalah salah seorang penduduk Yaman, aeran Qarn dari kabilah Murad. Ayahnya sudah tiada dan dia hidup bersama ibunya dan sangat berbakti kepadanya. Uwais al-Qarni pernah mengidap penyakit kusta, lau berdoa kepada Allah swt lalu diberi kesembuhan, tetapi masih ada bekas sebesar dirham di kedua lengannya. Menurut keterangan, Nabi Muhammad saw mengatakan bahwa Uwais al-Qarni adalah pemimpin para tabi’in.

Fatimah adalah seorang wanita yang agung, seorang ahli hukum Islam. Dari Fatimah inilah banyak diriwayatkan hadis Nabi Saw. Dialah tokoh perempuan dalam bidang kemasyarakatan. Orangnya sangat sabar dan bersahaja, akhlaknya sangat mulia.

3. Uwais al-Qarni juga figur yang sangat hormat dan taat kepada ibunya. Sebagian hidupnya digunakan untuk merawat dan mendampingi ibu yang sangat disayangi. Walaupun ia mendapat perhatian sanga penguasa waktu itu yaitu Umar bin Khattab, tetapi Uwais al-Qarni tidak memanfaatkan fasilitas dan kesempatan tersebut untuk bersenang-senang. Justru Uwais al-Qarni tidak mau diperlakukan istimewa, justru sebaliknya dia ingin diperlakukan sama dengan rakyat yang lain.

4. Banyak hal yang bisa diambil teladan dari sosok Fatimah jika dikaitkan dengan masa sekarang, terutama kaum perempuan. Fatimah adalah seorang wanita yang agung, seorang ahli hukum Islam. Dari Fatimah inilah banyak diriwayatkan hadis Nabi Saw. Dialah tokoh perempuan dalam bidang kemasyarakatan. Orangnya sangat sabar dan bersahaja, akhlaknya sangat mulia. Dari gambaran tersebut bisa disimpulkan bahwa kaum muda an kita semua terutama kaum perempuan bisa meniru dan mencontoh ϐisgur Fatimah tersebut.

5. Banyak teladan yang bisa dicontoh dan dipraktekkan dari sosok Uwais al-Qarni untuk masa sekarang. Karena ia adalah ϐigur yang sangat hormat dan taat kepada ibunya. Sebagian hidupnya digunakan untuk merawat dan mendampingi ibu yang sangat disayangi. Walaupun ia mendapat perhatian sanga penguasa waktu itu yaitu Umar bin Khattab, tetapi Uwais al-Qarni tidak memanfaatkan fasilitas dan kesempatan tersebut untuk bersenang-senang. Justru Uwais al-Qarni tidak mau diperlakukan istimewa, justru sebaliknya dia ingin diperlakukan sama dengan rakyat yang lain.

KD : 3.5 Menganalsisis sifat-sifat utama Fatimatuzzahrah binti Rasulullah saw dan Uwais al-Qarni

1) Menjelaskan sifat-sifat utama Fatimatuzzahra dan Uwais al-Qarni
2) Menunjukkan sifat-sifat utama Fatimatuzzara dan Uwais al-Qarni

Terima Kasih Atas Kunjungannya. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin Segera Bisa? Klik disini Sekarang!

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.