Sabtu, 09 Mei 2020

Contoh Soal Ujian Al-Qur'an Hadis Semester Genap (UKK) Kelas X Aliyah

Contoh Soal Ujian Kenaikan Kelas (UKK) Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadis Kelas 10 MA (Objektif dan Essay)
A. Berilah tanda silang (x) pada huruf A, B, C, D, atau E di depan jawaban yang paling benar!

1. Secara etimologi, kata hadis mempunyai beberapa arti, di antaranya adalah....
A. Perintah
B. Aturan
C. Dekat
D. Acara
E. Lama

2. Segala sesuatu yang ditetapkan oleh Nabi Saw, yang tidak terkait dengan masalah-masalah fardu dan wajib adalah pengertian hadis menurut ....
A. Ahli Usul Fikih
B. Ahli Kalam
C. Ulama Tabiin
D. Ahli Fikih
E. Ahli Hadis

3. Sunnah secara etimologi memiliki beberapa arti. Yang bukan merupakan arti sunnah secara etimologi adalah....
A. Cara
B. Tradisi
C. Jalan yang ditempuh
D. Baru
E. Ketetapan

4. Menurut ahli hadis bahwa perbedaan hadis dengan sunnah adalah….
A. Sunnah lebih luas pengertiannya dari hadis.
B. Hadis dan sunnah sama saja.
C. Sunnah hanya khusus pada Nabi Muhammad Saw.
D. Hadis lebih kuat dari sunnah.
E. Hadis bisa disandarkan pada selain Nabi Muhammad Saw.

5. Kata atsar secara etimologi mempunyai arti ….
A. Do’a
B. Barang bekas
C. Sesuatu yang baru
D. Debu
E. Sisa dari sesuatu

6. Ahli hadis mendefinisikan khabar adalah ….
A. Suatu berita yang berasal dari ulama hadis
B. Suatu berita yang khusus dari sahabat Nabi
C. Suatu berita yang hanya mengandung hukum
D. Suatu berita yang diterima dari sahabat dan tabiin
E. Suatu berita yang diterima dari Nabi Muhammad Saw, sahabat dan tabiin

7. Sunnah adalah segala sesuatu yang diriwayatkan dari Nabi Saw, baik perkataan maupun perbuatan beliau, sedangkan hadis hanya khusus mengenai perbuatan beliau adalah menurut pendapat....
A. Ibnul Humam
B. Dr. Taufiq
C. Ahli Hadis
D. Ahli Fikih
E. Ahli Ushul

8. Secara garis besar persamaan antara sunnah dan hadis adalah ….
A. Keduanya merupakan perbuatan Nabi Saw.
B. Keduanya merupakan perkataan Nabi Saw.
C. Keduanya merupakan taqrir Nabi Saw.
D. Keduanya bersumber kepada Nabi Saw.
E. Keduanya terkadang bersumber dari selain Nabi Saw.

9. Berikut ini pernyataan yang tidak benar terkait dengan hadis, sunnah, khabar dan asar adalah ….
A. Sunnah lebih luas dari pada hadis
B. Hadis lebih luas daripada sunnah
C. Khabar selain dinisbahkan ke Nabi Saw, dapat juga dinisbahkan kepada Sahabat dan tabi'in
D. Khabar lebih umum daripada hadis
E. Atsar lebih sering digunakan untuk sebutan bagi perkataan sahabat

10. Pernyataan berikut ini yang bukan merupakan perbedaan al-Qur’an dengan hadis nabi adalah....
A. Al-Qur’an diturunkan bahasa dan maknanya dari Allah Swt sedang hadis dari Nabi.
B. Al-Qur’an tidak boleh diriwayatkan maknanya saja, hadis boleh.
C. Al-Qur’an baik lafaz dan maknanya merupakan mu’jizat, hadis bukan mu’jizat
D. Al-Qur’an diturunkan melalui perantara Jibril, hadis melalui mimpi Nabi.
E. Membaca al-Qur’an bernialai ibadah dan berpahala, membaca hadis tidak.

11. Dari segi bahasa sanad dapat diartikan...
A. 
B. 
C. 
D. 
E. 

12. 
Terjemahan ungkapan di atas yang paling tepat adalah ….
A. Cara hadis sampai dibukukan
B. Jalan mencari hadis
C. Jalan mencari isi hadis
D. Jalan yang menyampaikan kepada matan hadis
E. Isi pokok hadis

13. 
Yang disebut matan adalah ….
A. 
B. 
C. 
D. 
E. 

14. orang yang memindahkan hadis dari seorang guru kepada orang lain atau membukukannya ke dalam suatu kitab hadis disebut....
A. Matan
B. Hadis
C. Sanad
D. Sunnah
E. Rawi

15. Pengertian dabit adalah ….
A. Setiap hari mengingat hadis yang dihafalkan
B. Mempunyai daya ingat yang kuat
C. Mempunyai perhatian terhadap hafalan hadis
D. Mempunyai daya konsentrasi yang tinggi
E. Tidak mudah percaya pada orang lain

16. Ulama’ yang pertama menyusun kitab perawi hadis secara singkat, adalah....
A. Imam Muslim
B. Imam Tirmidzi
C. Imam Bukhari
D. Imam Ahmad
E. Imam Maliki

17. Orang yang menerangkan sanad suatu hadis disebut....
A. Isnad
B. Musnid
C. Musnad
D. Masnud
E. Atsary

18. Mata rantai para rawi saling menyandarkan berita kepada gurunya dan menghubungkannya sampai ke matan hadis disebut ....
A. Sanad
B. Perawi
C. Muhaddis
D. Matan
E. Mukharrij

19. Sanad memiliki banyak fungsi, di antaranya adalah ....
A. Memberikan kesempatan perawian hadis
B. Memberikan kemudahan para rawian hadis dalam meriwayatkannya
C. Mempertanggungjawabkan kebenaran atau kesahihan hadis
D. Mempersulit rawian hadis
E. Memperketat para rawi hadis

20. Ilmu yang membahas para perawi hadis disebut ....
A. Ilmu Hadis
B. Ilmu Matan Hadis
C. Ilmu Rawi Hadis
D. Ilmu Atsar Hadis
E. Ilmu Rijalul Hadis

21. Pada umumnya para ulama mengklasifikasikan bentuk sunnah menjadi tiga, yaitu ….
A. qauliyah, fi’liyah dan taqririyah
B. muakkad, qauliyah dan gairu qauliyah
C. fi’liyah, hammiyah dan taqririyah
D. taqririyah, qauliyah dan gairu qauliyah
E. qauliyah, fi’liyah dan sam’iyah

22. Yang dimaksud dengan sunnah qauliyah adalah ….
A. komentar dan tanggapan yang diberikan Nabi Muhammad Saw.
B. pengawasan syariat Islam yang dilakukan Nabi Muhammad Saw.
C. petunjuk Nabi Muhammad Saw, yang berkaitan dengan syariat Islam
D. ucapan Nabi Muhammad Saw, yang berhubungan dengan syariat Islam
E. isyarat yang diberikan kepada Nabi Saw, berkaitan dengan syariat Islam

23. Nabi Muhammad Saw, mencontohkan tata cara shalat, haji dan puasa. Hal itu dikategorikan sebagai sunnah ….
A. qauliyah
B. fi’liyah
C. sifatiyah
D. khuluqiyah
E. taqririyah

24. Penggunaan kata-kata  atau dalam hadis Nabi Saw merupakan karakteristik sunnah ….
A. qauliyah
B. fi’liyah
C. sifatiyah
D. hammiyah
E. taqririyah

25. Dari bermacam-macam sunnah tersebut, yang menempati urutan pertama, yang kualitasnya paling tinggi adalah sunnah ….
A. hammiyah
B. sifatiyah
C. taqririyah
D. fi’liyah
E. qauliyah

26. Suatu perbuatan yang dikehendaki Nabi Saw tetapi belum sempat dikerjakan disebut sunnah ….
A. qauliyah
B. fi’liyah
C. hammiyah
D. taqririyah
E. sifatiyah

27. Terjemahan dari hadis berikut adalah ….
A. berdo’alah kalian sebagaimana melihat aku berdo’a
B. ambillah manasik dariku
C. shalatlah kalian seperti kalian melihat aku shalat
D. shalatlah kalian karena shalat tiang agama
E. shalatlah kalian sebelum kalian dishalati

28. Rawi hadis di atas (no. 7) adalah ….
A. Bukhari
B. Muslim
C. Bukhari dan Muslim
D. Tirmizi
E. Nasa’i

29. Perintah untuk melaksanakan puasa sunnah pada tanggal 9 Muharram merupakan isyarat dari sunnah ….
A. qauliyah
B. fi’liyah
C. taqririyah
D. hammiyah
E. sifatiyah

30. Sahabat Nabi Muhammad Saw, yang mewakili sahabat menanyakan memakan daging biawak (dab) adalah …
A. Khalid ibn Mughirah
B. Abdullah ibn mas’ud
C. Abdullah ibn Umar
D. Abdullah ibn Abbas
E. Khalid ibn Walid

31. Ulama’ hadis sulit sekali membedakan antara hadis Shahih dan Hasan dan di kalangan ahli hadis pada umumnya hanya membedakan pada sisi....
A. Ke dabitan para rawinya
B. Keadilan rawinya
C. Ketegasan rawinya
D. Status sosial rawinya
E. Istiqomah rawinya

32. Hadis dari satu segi dapat ditinjau dari dua sisi yaitu sisi kuantitasnya dan kualitasnya. Adapun yang dimaksud dengan tinjauan pada sisi
kuantitasnya adalah .....
A. Melihat dari sisi kandungan hadis
B. Mengkaji dari sisi sejarahnya
C. Mengkaji suatu hadis dari sisi banyaknya rawi
D. Melihat dari sisi apakah hadis tersebut dapat diterima atau ditolak
E. Melihat pada sisi sanat dan matan hadis

33. Hadis dari satu segi dapat ditinjau dari dua sisi yaitu sisi kuantitasnya dan kualitasnya. Adapun yang dimaksud dengan tinjauan pada sisi kualitasnya adalah .....
A. Mengkaji suatu hadis dari sisi banyaknya rawi
B. Melihat dari sisi kandungan hadis
C. Mengkaji dari sisi sejarahnya
D. Melihat dari sisi apakah hadis tersebut dapat diterima atau ditolak
E. Melihat pada sisi sanat dan matan hadis

34. Di bawah ini adalah salah satu pokok pikiran yang terdapat pada definisi Hadis mutawatir …..
A. Rawinya dari para sahabat yang terpilih dan terjaga hafalannya
B. Jumlah rawinya banyak dan mereka mustahil sepakat untuk berdusta
C. Rawi dari generasi tabi’in bertemu dengan sahabat minimal sudah baligh
D. Rawi yang meriwayatkan hadis semua harus laki-laki
E. Jumlah Tingkatan pada sahabat minimal dua orang

35. Imam Syafi’i berpendapat bahwa sebuah hadis dapat dikatagorikan sebagai hadis mutawatir apabila jumlah rawi pada tiap tingkatan minimal…..
A. 4 orang
B. 5 orang
C. 20 orang
D. 40 orang
E. 100 orang

36. Jumhur Ulama bersepakat bahwa hukum menggunakan dan mempercayai hadis mutawatir adalah....
A. mubah
B. jaiz
C. wajib
D. sunnah
E. mustahabbah

37. Yang disebut Hadis mutawatir adalah apabila suatu hadis diriwayatkan oleh .....
A. Banyak rawi
B. Satu rawi
C. Dua rawi
D. Minimal dua rawi
E. Imam Bukhari, Imam Muslim dan abu Daud

38. Salah satu jenis hadis ahad adalah hadis masyhur. adapun hadis masyhur adalah yang diriwayatkan oleh rawi....
A. Satu
B. Dua
C. Tiga
D. Empat
E. Lima

39. Hadis yang menjadi shahih karena ada riwayat lain atau keterangan lain yang menguatkan disebut hadis....
A. Shahih lizatihi
B. Hasan
C. Hasan li ghairihi
D. Shahih
E. Shahih li ghairihi

40. Apabila anda menjumpai sebuah hadis dan setelah anda teliti ternyata hanya diriwayatakan oleh hanya satu orang rawi saja maka hadis tersebut dikatagorikan sebagai hadis .....
A. Masyhur
B. Aziz
C. Shahih
D. Dha’if
E. Garib

41. Kata  نُسُكِى  pada QS. al-An’am [6] ayat 162 artinya....
A. Shalatku
B. Hidupku
C. Matiku
D. Ibadahku
E. Amalanku

42. Kata shalat disebut lagi setelah kata nusuk (ibadah), padahal shalat juga termasuk ibadah hal demikian menurut ahli tafsir bermakna....
A. Shalat sebagai kewajiban
B. Pentingnya shalat dalam kehidupan manusia
C. Shalat adalah tujuan hidup
D. Shalat merupakan ibadah wajib
E. Shalat dilakukan secara rutin

43. Memberi makna ikhlas yang paling tepat adalah ….
A. Melakukan aktivitas tanpa minta imbalan apapun
B. Melakukan kegiatan yang bermanfaat untuk orang lain
C. Menolong sesama manusia yang paling memerlukan
D. Menyelamatkan manusia dari dari kesesatan
E. Usaha memurnikan dan menyucikan hati supaya benar-benar terarah kepada Allah

44. Arti dari kata  مُخْلِصِينَ yang tepat dari sisi bahasa adalah ….
A. Orang-orang yang ikhlas
B. Orang-orang yang hatinya hanya munajat kepada Allah
C. Orang-orang yang hanya berserah diri kepada Allah
D. Orang yang masih dihinggapi pamrih
E. Orang yang mencoba membersihkan perbuatannya dari pamrih

45. Merupakan salah satu syarat diterimanya suatu ibadah, di antaranya ….
A. Ikhlas
B. Adanya semangat
C. Konsentrasi
D. Terjaga dari pengaruh sikap jelek
E. Memiliki niat yang kuat

46. Dalam Surah al-An’am [6]: 162, Allah memerintahkan kepada manusia agar seluruh amalannya bernilai ibadah, Hal ini bisa dilakukan dengan niat ….
A. Harus jelas tujuan ibadah yang dikerjakan
B. Harus sesuai dengan kondisinya dan situasi
C. Hanya untuk mencari ridha Allah
D. Untuk mendapat petunjuk yang lurus dari Allah
E. Untuk mendapatkan keselamatan dunia dan akhirat

47. Arti kata  وَبِذَٰلِكَ أُمِرْتُ  pada QS, al-An’am [6]: 163 adalah….
A. Demikianlah kita diperintahkan al-Qur’an
B. Demikianlah perintah Allah menjadi jelas
C. Demikianlah Allah memerintahkan
D. Demikianlah yang diperintahkan kepadaku
E. Demikianlah ketentuan yang diberikan Allah

48. Kandungan yang terdapat QS. al-Bayyinah [98] Ayat 5, bahwa ibadah seseorang dapat diterima jika disertai….
A. Kesungguhan dan tidak putus asa
B. Pengulangan yang aktif dan tekun
C. Ikhlas
D. Sabar dan tawakkal
E. Khusyuk dan tawaddhu’

49. Arti kata دِينُ ٱلْقَيِّمَةِ pada QS. al-Bayyinah [98] Ayat 5 adalah….
A. Agama yang benar
B. Agama yang baik
C. Agama yang jelas
D. Agama yang murni
E. Agama yang lurus

50. Arti kata yang bergaris bawah pada potongan hadis berikut adalah....
A. Mengerjakannya
B. Membiarkannya
C. Menyenanginya
D. Membiasakannya
E. Menekuninya

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar !
1. Apa yang dimaksud sunnah menurut istilah?
2. Uraikan perbedaan hadis, sunnah, khabar dan atsar!
3. Jelasakan perbedaan antara al-Qur’an dan hadis!
4 Apa yang dimaksud dengan sanad ?
5 Apa yang dimaksud dengan 
6 Sebutkan syarat-syarat yang harus dimiliki oleh seorang rawi hadis!
7. Apa yang dimaksud Sunnah Qauliyah, Sunnah fi’liyah dan sunah hammiyah menurut istilah?
8. Tuliskan contoh hadis yang termasuk kategori sunnah fi’liyah?
9. Bedakan antara sunnah fi’liyah dan sunnah taqririyah!
10. Apa yang dimaksud dengan hadis mutawatir. Jelaskan dari segi bahasa dan istilah!
11. Sebutkan syarat-syarat yang harus dipenuhi supaya hadis suatu hadis dapat dikatagorikan sahih !
12. Jelaskan kedudukan hadis mutawatir menurut jumhur ulama!
13. Jelaskan pengertian ikhlas dalam beribadah!
14. Jelaskan pengertian ibadah!
15. Jelaskan kandungan QS. Al-Bayyinah ayat 5!

Kunci Jawaban
Pilihan ganda
1. C
2. D
3. D
4. A
5. E
6. E
7. A
8. D
9. B
10. D
11. A
12. D
13. B
14. E
15. B
16. C
17. B
18. A
19. C
20. E
21. A
22. D
23. B
24. B
25. E
26. C
27. C
28. A
29. D
30. E
31. A
32. C
33. D
34. B
35. B
36. C
37. A
38. C
39. E
40. E
41. D
42. B
43. E
44. E
45. A
46. C
47. A
48. C
49. E
50. D

Uraian
1. Sunnah secara terminologi adalah Segala yang bersumber dari Nabi Muhammad Saw, baik berupa perkataan, perbuatan, taqrir, tabiat, budi pekerti, maupun perjalanan hidupnya, baik sebelum beliau diangkat menjadi rasul maupun sesudahnya.

2. Menurut sebagian ulama, sunnah lebih luas dari hadis. Khabar selain dinisbahkan kepada Nabi Muhammad Saw, dapat juga dinisbahkan kepada sahabat dan tabiin. Khabar lebih umum dari hadis, karena masuk didalamnya semua riwayat yang bukan dari Nabi Muhammad Saw, Atsar lebih sering digunakan untuk sebutan bagi perkataan sahabat Nabi Muhammad Saw, meskipun kadang-kadang dinisbahkan kepada beliau.

3. Perbedaan dari segi bahasa dan makna.

- Al-Qur’an diturunkan dengan bahasa dan maknanya langsung dari Allah Swt.

- Hadis adalah bahasadan maknanya dari Nabi Saw.

Perbedaan dari segi periwayatan

- Al-Qur’an tidak boleh diriwayatkan dengan maknanya saja sebab dapat mengurangi kemukjizatannya

- Hadis boleh diriwayatkan dengan maknanya saja. Yang terpenting dalam hadis adalah penyampaian maksudnya.

Perbedaan dari segi kemukjizatan.

- Al-Qur’an baik lafal maupun maknanya merupakan mukjizat.

- Hadis bukan merupakan mukjizat.

Perbedaan dari segi nilai membacanya.

- Al-Qur’an diperintah untuk dibaca, baik pada waktu shalat (wajib membaca Surah al-Fatihah) maupun di luar shalat sebagai ibadah, baik orang yang membacanya itu mengerti maksudnya maupun tidak

- hadis dilarang dibaca ketika shalat dan membacanya tidak dinilai ibadah. Yang terpenting dalam hadis adalah untuk dipahami, dihayati dan diamalkan.

4. Sanad dari segi bahasa, berarti artinya yang menjadi sandaran, tempat bersandar, arti yang lain sesuatu yang dapat dipegangi atau dipercaya. Dalam istilah ilmu hadis, sanad ialah rangkaian urutan orang orang yang menjadi sandaran atau jalan yang menghubungkan satu hadis atau sunnah sampai pada Nabi Saw.

5. Secara etimologi, matan berarti Punggung jalan, Tanah gersang atau tandus, membelah, mengeluarkan, mengikat. Matan menurut istilah ilmu hadis adalah perkataan yang disebut pada akhir sanad, yakni sabda Nabi Saw, yang disebut sesudah habis disebutkan sanadnya.

6. Syarat-syarat rawi hadis:
- Adil
- Muslim
- Baligh
- Berakal
- Tidak pernah melakukan perbuatan dosa besar dan
- Tidak sering melakukan dosa kecil.
- Dhobit

7. Sunnah qauliyah adalah Sunnah Qauliyah adalah bentuk perkataan atau ucapan yang disandarkan kepada Nabi Muhammad Saw, yang berisi berbagai tuntunan dan petunjuk syarak, peristiwa-peristiwa atau kisahkisah, baik yang berkenaan dengan aspek akidah, syariah maupun akhlak.

Sunnah fi’liyah adalah segala perbuatan yang disandarkan kepada Nabi Muhammad Saw, Sunnah fi’liyah juga dapat maknakan sunnah Nabi yang berupa perbuatan Nabi yang diberitakan oleh para sahabat mengenai soal soal ibadah dan lain-lain seperti melaksanakan shalat manasik haji dan lain-lain.

Sunnah Hammiyah ialah: suatu yang dikehendaki Nabi Saw, tetapi belum dikerjakan.

8. Contoh sunnah fi’liyah :

“Shalatlah kalian seperti kalian melihat aku shalat.” (HR. Al-Bukhari)
“Ambillah manasik (tata cara melaksanakan haji) kamu dariku.” (HR. Muslim)

9. Sunnah fi’liyah adalah segala perbuatan yang disandarkan kepada Nabi Muhammad Saw, sedangkan sunnah Taqririyah adalah sunnah yang berupa ketetapan Nabi Muhammad Saw, terhadap apa yang datang atau dilakukan para sahabatnya. Dengan kata lain sunnah taqririyah, yaitu sunnah Nabi yang berupa penetapan Nabi terhadap perbuatan para sahabat yang diketahui Nabi tidak menegurnya atau melarangnya bahkan Nabi cenderung mendiamkannya.

10. Kata Mutawatir secara etimologi berarti Muttabi’ yang artinya yang datang beturut-turut dan tidak ada jarak. Sedangkan secara terminologi hadis mutawatir adalah hadis yang merupakan tanggapan pancaindera, yang diriwayatkan oleh sejumlah besar rawi, yang menurut kebiasaan mustahil mereka berkumpul dan bersepakat untuk dusta.

11. Syarat-syarat hadis sahih sebagai berikut:
- Hadisnya musnad. Maksudnya yaitu hadis tersebut disandarkan kepada Nabi Saw, dengan disertai sanad.

- Sanadnya bersambung. Artinya, antara rawi dari sanad hadis tersebut pernah bertemu langsung dengan gurunya.

- Seluruh rawinya adil dan dabith. Maksud rawi yang adil yaitu
rawi yang bertakwa dan menjaga kehormatan dirinya, serta dapat menjauhi perbuatan buruk dan dosa besar seperti syirik, fasik, dan bid’ah. Adapun yang dimaksud dengan dabith adalah kemampuan seorang rawi dalam menghafal hadis.

- Tidak ada syak. Artinya, hadis tersebut tidak bertentangan dengan hadis dari rawi lain yang lebih kuat darinya.

- Tidak ada ‘illah. Artinya, dalam hadis tersebut tidak ditemukan cacat yang merusak kesahihan hadis.

12. Menurut pendapat para ulama’ ahli hadis, bahwa tidak boleh ada keraguan sedikit pun dalam memakai hadis mutawatir. Hadis mutawatir harus diyakini dan dipercayai dengan sepenuh hati. Hal ini sama halnya dengan pengetahuan kita tentang adanya udara, angin, panas, dingin, air, api dan jiwa, yang tanpa membutuhkan penelitian ulang kita sudah percaya akan keberadaannya. Jadi, dengan kata lain nahwa hukum hadis mutawatir adalah bersifat qath’i (pasti).

13. Ikhlas berarti melaksanakan perbuatan semata mata untuk mendapatkan ridha Allah Swt., tidak bercampur dengan hal-hal lain. Dalam menjalankan ibadah, seseorang tersebut tidak memasukkan unsur unsur yang dapat mengurangi nilai ibadah, misalnya riya’, karena riya’ walaupun sedikit akan mengurangi nilai ibadah tersebut dan tidak dapat dikatakan ikhlas.

14. Dari segi bentuknya, ibadah dibedakan menjadi 5, yaitu: Ibadah qauliyah (ucapan), Ibadah jismiyah (fisik), Ibadah maliyah (melibatkan harta), Ibadah qauliyah wa jismiyah (ucapan dan perbuatan), ibadah qauliyah, jismiyah, dan maliyah. Ditinjau dari cakupannya, ibadah dibedakan menjadi dua, yaitu:

- Ibadah ‘ammah (umum) atau ghairu mahiah, yaitu segala perbuatan yang dilakukan semata-mata karena Allah Swt., untuk mendapatkan rida-Nya.

- Ibadah khassah (khusus) atau ibadah ibadah mahiah., yaitu
ibadah yang telah ditetapkan oleh nash tentang kaifiyah (tata cara) pelaksanaanya.

15. Kandungan surat al-Bayyinah [98] ayat 5 adalah sebagai berikut:

- Perintah untuk beribadah kepada Allah Swt., dan menaati ajaran Allah Swt dengan lurus

- Sebagai seorang muslim, wajib hukumnya untuk mendirikan shalat lima waktu dalam sehari semalam.

- Perintah untuk menunaikan zakat. Oleh karena itu, dalam setiap harta ada hak Allah Swt yang harus dikeluarkan untuk orang yang berhak menerimanya.

Terima Kasih Atas Kunjungannya. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.