Selasa, 20 September 2022

5 Dampak Negatif dari Sifat Hasad dan 6 Cara Menghindari Sifat Hasad

A. Dampak Negatif dari Sifat Hasad

Hasad adalah sifat seseorang yang merasa tidak senang terhadap kebahagiaan orang lain karena memperoleh suatu nikmat dan berusaha menghilangkan nikmat tersebut. Sifat ini muncul pada diri seseorang dikarenakan adanya rasa benci terhadap segala sesuatu yang dimiliki orang lain, baik berupa harta benda ataupun jabatan.

Sifat hasad akan menghilangkan kebaikan yang dimiliki seseorang, hal ini sesuai sabda Nabi Saw. berikut ini:


Artinya: “Dari Abu Hurairah r.a. bahwa Nabi Saw. bersabda:’ jauhilah hasad (dengki), karena hasad dapat memakan kebaikan seperti api memakan kayu bakar”. (H.R. Abu Dawud)


Selain di atas, banyak dampak negatif lain dari sifat hasad, di antaranya adalah


1) Menentang Takdir Allah Swt.

Orang yang bersifat hasad merasa tidak senang atas nikmat yang dimiliki oleh orang lain. Padahal semua itu atas takdir dan kehendak dari Allah Swt. Maka pada hakikatnya sifat hasad sama dengan menentang takdir Allah Swt.


2) Hati Menjadi Susah

Setiap kali melihat orang lain mendapatkan nikmat, maka hatinya menjadi susah. Hatinya terasa gelisah dan sengsara karena menyaksikan kebahagiaan orang lain.


3) Menghalangi Keinginan Berdoa Kepada Allah Swt.

Orang yang hasad selalu sibuk memperhatikan dan memikirkan nikmat yang dimiliki orang lain, sehingga ia tidak pernah berdoa kepada Allah Swt agar diberi karunia dan kenikmatan.


4) Meremehkan Nikmat dari Allah Swt.

Ia menganggap bahwa dirinya tidak diberi nikmat oleh Allah Swt., sedangkan orang yang ia dengki dianggap memperoleh nikmat yang lebih besar darinya. Ini berarti ia meremehkan nikmat yang diberikan Allah Swt. kepadanya.


5) Merendahkan Martabat Orang Lain

Apabila seseorang hasad kepada orang lain, maka ia akan selalu mengawasi nikmat yang diberikan Allah Swt. kepada orang-orang di sekitarnya. Ini dilakukan agar ia dapat menjauhkan semua orang dari orang yang ia benci tersebut. Caranya, dengan merendahkan martabatnya, menceritakan keburukannya, dan meremehkan kebaikannya.


B. Cara Menghindari Sifat Hasad

Berikut ini merupakan cara menghindari sifat hasad


1) Meyakini Keadilan Allah Swt.

Allah Swt. memberikan rejeki dan nikmat kepada semua manusia secara adil dan sesuai kebutuhan hamba-Nya. Apabila kita meyakini keadilan Allah Swt. tersebut maka sifat hasad akan hilang dari diri kita.


2) Memperbanyak Rasa Syukur

Bersyukur merupakan salah satu cara agar selalu ingat atas nikmat dari Allah Swt. Rasa syukur juga akan menumbuhkan kesadaran bahwa semua manusia punyak hak yang sama untuk memperoleh nikmat dari Allah Swt.


3) Menjaga Sifat Rendah Hati (tawadhu’)

Masih banyak orang yang lebih susah dibanding kita, oleh karenanya perlu bersikap rendah hati dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian akan menghilangkan sifat rakus dan hasad pada diri kita.


4) Senang Membantu Orang Lain

Selalu ringan tangan dan ikhlas membantu akan menjadikan diri kita mampu merasakan kesulitan yang sedang dialami orang lain. Rasa empati seperti ini akan menghilangkan sifat hasad kepada orang lain.


5) Mempererat Tali Silaturahmi

Sifat hasad muncul karena seseorang kurang mengenal dengan baik kepribadian orang lain. Dengan mempererat tali silaturahmi maka akan tumbuh rasa persaudaraan antara sesama dan menghilangkan sifat hasad.


6) Mendahulukan Kepentingan Umum

Orang yang hasad selalu tidak peduli dengan kebutuhan orang lain. Ia menginginkan agar selalu ingin dilayani, diutamakan dan didahulukan. Sifat hasad bisa dihilangkan dengan selalu berusaha mendahulukan kepentingan umum


Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang 5 dampak negatif lain dari Sifat Hasad dan 6 Cara Menghindari Sifat Hasad. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.