Sunday, January 10, 2016

Hewan Bisa Mendengar Siksa Kubur


Siksa kubur adalah siksa yang didapatkan manusia yang ingkar terhadap Allah dan Rasulnya setelah meninggal atau siksa antara dunia dan akhirat. Manusia ingkar tidak bisa lepas dari siksa kubur, walaupun jenazahnya tenggelam di laut, terbakar atau dibakar seperti agama yang lain. Siksa kubur tidak bisa didengar oleh makhluk Allah swt termasuk hewan kecuali manusia dan jin.

Dari Aisyah ra., ia berkata, “Kepadaku datang dua orang wanita tua yahudi di Madinah. Kedua wanita itu berkata, ‘Sesungguhnya penghuni kubur disiksa dalam kubur mereka.’ Aisyah berkata, ‘Aku mendustakan kedua orang itu dan tidak bisa mempercayainya’. Kemudian keduanya pergi dan Rasulullah Saw. datang kepadaku. Maka aku berkata, ‘Ya Rsulullah, ada dua orang wanita tua Yahudi madinah berkata: ‘Sesungguhnya penghuni kubur disiksa di dalam kubur mereka’. Nabi Saw. berkata, ‘Keduanya berkata benar. Sesungguhnya mereka disiksa dengan siksaan yang terdengar oleh hewan-hewan’. Aisyah berkata, ‘Tidaklah aku melihatnya sesudah itu dalam suatu shalat, melainkan beliau memohon perlindungan dari siksa kubur’.” (HR. Muslim).

Tirmidzi mengatakan, para ulama berkata, “Bagalnya meronta-ronta ketiks mendengar suara orang-orang yang disiksa dan tidak terdengar oleh makhluk yang berakal dari golongan jin dan manusia karena sabda Nabi Saw.: ‘Kalau saja siksaan itu tidak tersembunyi tersembunyi dari kalian’.”

Allah Swt. menyembunyikan dari kita, sehingga kita tidak mengetahui dengan hikmah Ilahiah dan karunia Rabbaniah, karena manusia akan merasa sangat takut jika mendengarnya dan kita tidak mendekati kuburan untuk mengubur jenazah, atau mungkin orang yang mendengarnya binasa.

Kita tidak sanggup mendengar siksa Allah di dunia ini karena lemahnya kekuatan yang kita miliki. tidakkah kita melihat apabila orang-orang mendengar suara guntur yang menggelegar atau gempap yang dahsyat, banyak manusia yang mati. Padahal apalah artinya suara guntur bila dibandingkan dengan jeritan orang yang dipukul Malaikat dengan palu besi yang terdengar oleh setiap makhluk yang berada didekatnya?

Nabi Saw. pernah berkata mengenai jenazah seseorang :”Andai kata manusia mendengarnya, tentu ia pingsan.” Kemudian Nabi berkata: “Demikianlah jatuhnya kepala manusia tanpa dipukul dan tanpa kehinaan. Maka bagaimana bila ia ditimpa kehinaan, hukuman, dan mengalami siksaan yang keras? Kita mohon kepada Allah keselamatan dan ampunan-Nya, maaf dan rahmat-Nya.”

Demikianlah sahabat BacaanMadani tentang siksa kubur yang bisa didengar oleh makhluk allah Swt seperti hewan kecuali manusia dan jin. Tentunya marilah sama-sama kita tingkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah swt. mudah-mudahan kita termasuk orang-orang yang dijauhkan dari siksa kubur dan siksa api neraka. Aamiin.

No comments:

Post a Comment