Perbedaan Ikhlas dengan Rela atau Ridha yang Sering Salah Ucapkan


Kata ikhlas dan rela atau ridha merupakan kata yang sering di ucapkan umat muslim. Apalagi umat muslim sering dituntut untuk ikhlash dan rela atau ridha. Sebab dengan ikhlash dan rela atau ridha kita akan mendapatkan balsan dari Allah Swt. Akan tetapi kalimat ikhlas dan rela atau ridha sering tumpah tindih antara keduanya. Terkadang kata ikhlas yang di ucapkan tidak tepat dengan keadaan yang sebenarnya. Begitu juga dengan kata rela atau ridha sering salah ucapkan dengan keadaan yang sebenarnya. Sebagai contoh yang sering salah digunakan adalah disaat ditimpa musibah, kita sering memakai kata ikhlashkan sajalah. Padahal kata yang tepat disini adalah relakan atau ridhakan sajalah.

Kata ikhlash dan rela atau ridha kelihatannya makna sama, akan tetapi sebenarnya berbeda. Dalam masyarakat Indonesia, pengunaan kata ikhlash ini sering bias dengan penggunaan kata “rela” atau “ridha”. Berikut ini perbedaan ikhlash dengan rela atau ridha.

1. Perbedaan ikhlash dengan rela atau ridha kita lihat dari defenisinya.
Ikhlash berarti berlepas diri dari sesuatu selain Allah Swt, yaitu bersihnya perkataan, perbuatan, atau meninggalkan sesuatu hal dengan tujuan karena Allah Swt.

Sedangkan rela atau ridha adalah sikap menerima terhadap segala yang kita peroleh atau kita dapatkan dengan hati yang lapang tanpa ada penyesalan atau kekecewaan.

2. Dari segi posisinya. Ikhlash adalah aktivitas hati saat memulai, contoh : Niat dalam Shalat, puasa atau haji.

Sedangkan rela atau ridha adalah sikap menerima hati setelah terjadinya suatu peristiwa. Contoh : Saya rela ibu kandung saya dipanggil Allah Swt.

3. Dari segi hubungan. Ikhlash berhubungan langsung dengan suatu ibadah serta amal.

Sedangkan rela atau ikhlash adalah berhubungan langsung dengan takdir dan ketentuan Allah Swt.

4. Dari segi imbalan atau balasan. Ikhlash yaitu jika suatu amalan dilakukan dengan ikhlash, amalnya diterima disisi Allah Swt, dan jika tidak ikhlash, maka amalnya ditolak Allah swt.

Sedangkan rela atau ridha, diberi pahala karena kerelaannya, dan murka kalau tidak rela atau ridha.

5. Dari segi bentuk penggunaannya. Ikhlash dilafalkan di dalam hati, dan boleh di ucapkan dengan lisan.

Sedangkan rela atau ridha, cukup dengan sikap hati saja yang diekspresikan dengan sikap wajah dan perbuatan.

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang perbedaan antara ikhlash dan rela atau ridha. Mudah-mudahan kita tidak salah dalam penggunaan kata ikhlash dan rela atau ridha. Aamiin. 

Share on Google Plus

About Bacaan madani

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Post a Comment