Mengenal Pelayan-pelayan Muda untuk Penghuni Surga

Surga adalah tempat yang penuh dengan kenikmatan yang kekal dan sempurna di alam akhirat yang tidak ada sedikitpun kekurangannya. Surga ini Allah Swt sediakan bagi hambanya yang selalu taat kepada Allah Swt dan Rasulnya.

Kenikmatan yang ada di surga, tidak ada satupun kenikmatan didunia ini yang menandingi kenikmatan surga. Termasuk didalamnya dengan pelayanan yang tidak pernah mengecewakan manusia yang memasuki surga. Sebagaimana sabda Rasulullah Saw,

“Aku sediakan bagi hamba-hambaku yang saleh segala sesuatu yang tidak pernah terlihat oleh mata, tidak pernah terdengar oleh telinga dan tidak pernah terlintas dalam hati manusia.” (HR. Bukhari)

Para penghuni surga tidak akan pernah bosan maupun capek didalamnya. Para penghuni surga akan di layani oleh pelayan-pelayan surga. Sebagaiman Allah Swt Berfirman :

يَطُوفُ عَلَيْهِمْ وِلْدَانٌ مُخَلَّدُونَ .بِأَكْوَابٍ وَأَبَارِيقَ وَكَأْسٍ مِنْ مَعِينٍ

"Mereka dikelilingi oleh anak-anak muda yang tetap muda, dengan membawa gelas, cerek dan minuman yang diambil dari air yang mengalir." (QS. Al-Waqiah : 17-18)

Allah Swt Berfirman :

وَيَطُوفُ عَلَيْهِمْ وِلْدَانٌ مُخَلَّدُونَ إِذَا رَأَيْتَهُمْ حَسِبْتَهُمْ لُؤْلُؤًا مَنْثُورًا

"Dan mereka dikelilingi oleh pelayan-pelayan muda yang tetap muda. Apabila kamu melihat mereka, kamu akan mengira mereka, mutiara yang bertaburan." (QS. Al- Insan : 19)

Allah Swt Berfirman :

 وَيَطُوفُ عَلَيْهِمْ غِلْمَانٌ لَهُمْ كَأَنَّهُمْ لُؤْلُؤٌ مَكْنُونٌ

"Dan berkeliling di sekitar mereka anak-anak muda untuk (melayani) mereka, seakan-akan mereka itu mutiara yang tersimpan." (QS. Ath-Thur :24)

Imam Ibnu Katsir dalam Tafsirnya menjelaskan ayat-ayat diatas, yaitu para pelayan-pelayan muda mengelilingi para penghuni surga mereka berada dalam keadaan tetap dalam kondisi yang sama, mereka kekal dalam kondisi seperti itu dan tiada pernah berubah, usia mereka tidak bertambah (tetap Muda), yaitu ketika engkau melihat para pelayan-pelayan surga yang melayani segala keperluan tuan-tuan mereka.

Karena jumlah mereka yang begitu banyak, wajah mereka yang ceria, karena kulit, pakaian dan perhiasan mereka yang begitu indah, dan bentuk fisik mereka yang begitu indah. kau akan mengira mereka laksana mutiara yang bertebaran, tidak ada perumpamaan yang lebih indah lagi, tidak ada pemandangan yang lebih indah dari mutiara bertaburan ditempat yang indah.

Ibnu Katsir menjelaskan Makna "Mereka dikelilingi oleh anak-anak Muda yang tetap muda", yaitu Istana dan bantal-bantal telah disediakan untuk mereka, mereka dilayani oleh anak-anak muda dan malaikat-malaikat, mereka dimasukan kedalam luasnya surga dan kerajaan, para malaikat mengucapkan salam kepada mereka kala berada didalam istana, adanya mereka dikaruniai semua itu adalah karena mereka bersungguh-sungguh untuk menggapai keridhaan Rabb-Nya.

Allah Swt Berfirman :

فَلَا تَعْلَمُ نَفْسٌ مَا أُخْفِيَ لَهُمْ مِنْ قُرَّةِ أَعْيُنٍ جَزَاءً بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

"Tak seorangpun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan." (QS. As-Sajdah : 17)

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang pelayan-pelayan surga. Mudah-mudahan kelak kita juga mendapat layanan dari pelayan-pelayan surga. Aamiin.
Share on Google Plus

About Bacaan madani

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Post a Comment