Thursday, July 20, 2017

4 Sosok Wanita Pemimpin Penghuni Surga

Pemimpin adalah orang yang  memiliki kewibawaan dan kekuasaan yang mengemban tugas dan tanggung jawab untuk memimpin dan bisa mempengaruhi orang yang dipimpinnya.

Wanita penghuni surga punya pemimpin. pemimpin yang benar adalah pemimpin yang di puji dan dipersaksikan oleh Allah Swt. wanita wanita yang diangkat Allah Swt sebagai pemimpin wanita disurga adalah wanita yang di ridhai- Allah Swt dan diterima-Allah Swt dengan penerimaan yang baik.

Ada 4 (empat) sosok wanita yang kelak akan menjadi pemimpin para wanita ahli surga. Mereka hidup dari zaman yang berbeda, merka satu sama lainnya memiliki keutamaan yang berbeda sebagaimana telah digambarkan Al Qur'an dan Hadits.

Pemimpin wanita disurga itu adalah Khadijah. istri Nabi Muhammad Saw. Fatimah putri Rasulullah Saw. Maryam putri Imran, ibu Nabi Isa as. dan Asiyah istri Fir`aun . hal ini sebagaimana sabda Nabi Muhammad Saw. yang diriwayatkan oleh imam Ahmad . imam at-Tahawi dan imama al-Hakim dalam kitabnya al-mustadrak denagn sanad yang sahih.

Ibnu Abbas berkata . "Rasulullah Saw, membuata empat buah garis lurus diatas tanah. kemudian beliau bersabda "Tahukah kalian apa ini? " Para sahabat menjawab "Allah dan Rasul-NYA lebih mengetahui" kemudian Rasulullah Saw. bersabda "Sebaik-baiknya wanita penghuni surga adalah Khadijah binti Khuwailid, Fatimah binti Muhammad, Maryam binti Imran dan Asiyah binti Muzahim istrinya Fir`aun." (HR-Ahmad).

Dari ali bin abu talib ra. nabi SAW. bersabda,"Sebaik -baik wanita adalah Maryam dan Khadijah," (HR. Bukhari)

Maryam adalah pemimpin pertama wanita disurga dan dia adalah wanita terbaik secara umum. hal ini sebagaimana diriwayatkan dari jabir ra, ia berkata, Rasulullah Saw,"Pemimpin wanita surga setelah Maryam binti Imran adalah Fatimah , Khadijah dan Asiyah istri Fir`aun," Maryam dikatakan sebagai wanita terbaik, berdasarkan firman Allah Swt.


فَتَقَبَّلَهَا رَبُّهَا بِقَبُولٍ حَسَنٍ وَأَنْبَتَهَا نَبَاتًا حَسَنًا وَكَفَّلَهَا زَكَرِيَّا ۖ كُلَّمَا دَخَلَ عَلَيْهَا زَكَرِيَّا الْمِحْرَابَ وَجَدَ عِنْدَهَا رِزْقًا ۖ قَالَ يَا مَرْيَمُ أَنَّىٰ لَكِ هَٰذَا ۖ قَالَتْ هُوَ مِنْ عِنْدِ اللَّهِ ۖ إِنَّ اللَّهَ يَرْزُقُ مَنْ يَشَاءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ

"Maka Tuhannya menerimanya (sebagai nazar) dengan penerimaan yang baik, dan mendidiknya dengan pendidikan yang baik dan Allah menjadikan Zakariya pemeliharanya. Setiap Zakariya masuk untuk menemui Maryam di mihrab, ia dapati makanan di sisinya. Zakariya berkata: "Hai Maryam dari mana kamu memperoleh (makanan) ini?" Maryam menjawab: "Makanan itu dari sisi Allah". Sesungguhnya Allah memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa hisab." (QS. Ali Imraan :37)


وَإِذْ قَالَتِ الْمَلَائِكَةُ يَا مَرْيَمُ إِنَّ اللَّهَ اصْطَفَاكِ وَطَهَّرَكِ وَاصْطَفَاكِ عَلَىٰ نِسَاءِ الْعَالَمِينَ

"Dan (ingatlah) ketika Malaikat (Jibril) berkata: "Hai Maryam, sesungguhnya Allah telah memilih kamu, mensucikan kamu dan melebihkan kamu atas segala wanita di dunia (yang semasa dengan kamu)." (QS Ali Imraan : 42)

Meraka berempat merupakan contoh wanita sempurna dan shalehah. Maryam dipuji oleh allah Swt. karena menjaga kehormatannya . Khadijah adalah wanita jujur yang beriman kepada Nabi Muhammad Saw. tanpa keraguan dan rela berkorban dengan hartanya, Asiyah istri Fir`aun seorang kafir yang telah beriman. Fatimah putri Rasulullah Saw, penyabar, bartaqwa dan dari keturunan yang suci. (Dr. uman sulaiman al-asyqar, al-jannah wa an-naar, 2002:210-212).

Adapun Khadijah adalah wanita yang beriman kepada Rasulullah Saw., mengutakan, serta menolongnya dengan jiwa dan hartanya. Tuhannya telah memberi kabar gembira dalam kehidupannya dengan istana di surga yang terbuat dari kayu yang tidak tercampur dengan apapun.

Dari Abu Hurairah ra. bahwa Jibril mendatangi Rasulullah Saw. lalu berkata kepadanya, “Wahai Rasulullah, ini adalah Khadijah. Dia telah datang dengan membawa wadah yang berisi makanan dan minuman. Jika ia datang kepadamu, bacalah atasnya salam dari Tuhannya dan dan dariku. Berilah kabar gembira kepadanya dengan rumah di surga yang terbuat dari kayu tanpa campuran apapun.” (HR. Bukhari)

Adapun Asiyah istri Fir’aun, dia telah dihinakan oleh raja dunia, lalu kafir terhadap Fir’aun dan ketuhanannya. Maka disiksalah ia oleh suaminya hingga meninggal dunia.

Firman Allah Swt.


وَضَرَبَ اللَّهُ مَثَلًا لِلَّذِينَ آمَنُوا امْرَأَتَ فِرْعَوْنَ إِذْ قَالَتْ رَبِّ ابْنِ لِي عِنْدَكَ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ وَنَجِّنِي مِنْ فِرْعَوْنَ وَعَمَلِهِ وَنَجِّنِي مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ

“Dan Allah membuat perumpamaan bagi orang-orang yang beriman, istri Fir’aun, ketika dia berkata: “Ya Tuhanku, bangunkanlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam surga dan selamatkanlah aku dari Fir’aun dan perbuatannya, dan selamatkanlah aku dari kaum yang dhalim.” (QS. at-Tahrim: 11)

Sedangkan Fatimah az-Zahra’ binti Rasulullah Saw. termasuk orang yang sabar bermuhasabah (instropeksi diri), wara’, dan mendidik anak manusia.

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang empat sosok wanita yang menjadi pemimpin penghuni surga. Mudah-mudahan kita termasuk ahli surganya Allah Swt. Aamiin.

No comments:

Post a Comment