Thursday, October 19, 2017

Gambaran Bentuk Fisik Para Penghuni Surga

Surga merupakan suatu tempat yang dipenuhi segala kenikmatan yang telah Allah Swt sediakan bagi hamba-hambaNya yang bertakwa. Kenikmatan yang ada di dalamnya adalah suatu bentuk kenikmatan yang belum pernah dilihat oleh mata manusia ataupun didengar oleh manusia. Suatu kenikmatan yang tiada bandingannya dengan apa yang ada di dunia ini.

Setiap orang berharap agar dirinya bisa masuk surga. Karena dengan masuk surga, segala apa yang diinginkan olehnya pasti ada. Dan di dalam surga tidak ada rasa susah, derita, musibah, siksaan, atau hal-hal yang tidak mengenakkan lainnya.

Di dalam surga yang ada hanyalah kesenangan dan kenikmatan yang memang akan Allah Swt berikan kepada mereka yang selama di dunia bisa sabar dalam menahan hawa nafsu dan patuh dalam menaati segala perintahNya.

Kelak apabila para penghuni surga masuk kedalamnya. Maka tidak ada lagi yang akan ditemukan penghuninya yang tua-tua. Semua akan di ubah menjadi orang yang sebaya orang yang berumur 30 tahun.

Imam Ahmad dan Thabrani meriwayatkan dari Abu Hurairah ra, RasulullahSsaw bersabda :

"Penghuni surga masuk ke sana dalam keadaan masih muda, berkulit putih, berambut ikal, bercelak mata, sebaya dengan orang berusia tiga puluh tiga tahun. Bentuk mereka seperti Adam, yaitu setinggi enam puluh hasta dengan lebar tujuh hasta." (HR. Ahmad).

Dalam Shahih Muslim dijelaskan, Rasulullah Saw bersabda,

"Sesungguhnya para penghuni surga makan dan minum, tetapi tidak buang air kecil dan air besar. Makanan yang mereka konsumsi lenyap berubah menjadi keringat dengan bau harum seperti minyak kesturi yang semerbak. Nafas mereka tahmid, takbir dan tasbih." (HR. Muslim).

Dalam hadits Rasulullah Saw dari Abu Hurairah ra, Rasulullah Saw bersabda,

"Rombongan pertama yang masuk surga, wajah mereka bagaikan bulan purnama. Mereka tidak meludah di surga, tidak keluar ingus dan tidak berak di sana. Sisir mereka terbuat dari emas dan perak. Pedupaan mereka dari kayu uluwah (pohon yang kayunya digunakan untuk berdupa). Bau mereka seharum minyak kesturi. Setiap orang lelaki memiliki dua orang istri. Sungsum betis mereka kelihatan dari balik daging, karena indahnya. Tidak ada perselisihan dan kebencian di antara mereka. Perasaan hati mereka sama. Mereka bertasbih kepada Allah setiap pagi dan petang." (HR. Ahmad)

Dalam riwayat Abu Ya'la dari Abu Hurairah ra, Rasulullah Saw bersabda,

"Rombongan pertama yang masuk surga, wajah mereka bagaikan bulan purnama. Rombongan berikutnya, wajah mereka bagaikan bintang bercahaya seperti mutiara yang paling terang di langit. Mereka tidak kencing, tidak berak, tidak meludah dan tidak keluar ingus. Sisir mereka dari emas. Bau mereka seharum minyak kesturi. Pedupaan mereka dari kayu uluwah. Istri istri mereka para bidadari. Perangai mereka sama. Tubuh mereka setinggi moyang mereka (Adam), yaitu enam puluh hasta." (HR. Muslim).

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang gambaran bentuk fisik para penghuni surga. Semoga kelak kita di kumpulkan dengan orang yang bertaqwa kepada Allah Swt di surga. Aamiin. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.

No comments:

Post a Comment