Minggu, 28 Februari 2016

Perbedaan Hijab, Jilbab, Khimar dan Kerudung


Sering terjadi kesalahan memaknai atau mengartikan antara hijab, jilbab, khimar/khumur dan kerudung. Ada yang memaknai sama arti dan tujuannya dan ada pula yang memaknai dan mengartikan terbalik diantara hijab, jilbab, khimar dan kerudung. Padahal kalau kita perhatikan secara seksama antara hijab, jilbab, khimar dan kerudung itu jelas berbeda sekali maknanya.

Untuk itulah disini kita bisa melihat perbedaan diantaranya. Khususnya bagi wanita muslim yang mulai belajar memakai jilbab sebagai anjuran agama Islam, jangan sampai salah memaknainya. Adapun perbedaan hijab, jilbab, khimar/khumur dan kerudung sebagai berikut,

1. Hijab
Hijab (bahasa Arab: حجاب, ħijāb) adalah kata dalam bahasa Arab yang berarti "penghalang". Pada beberapa negara berbahasa Arab serta negara-negara Barat, kata "hijab" lebih sering merujuk kepada kerudung yang digunakan oleh wanita muslim (lihat jilbab). Namun dalam Al Qur’an kata Hijab ada di QS. Al Ahzab: 53. Arti hijab dalam Al Qur’an justru penutup secara umum, misalnya tirai, papan pembatas, atau kelambu. Bila dikaitkan dengan menutup aurat, istilah hijab bermakna lebih tepat merujuk kepada tata cara berpakaian yang pantas atau menutup (hijab) tubuh sesuai dengan tuntunan agama.

2. Bahaya Memakai Pakaian Ketat bagi Pria dan Wanita dari Segi Kesehatan
Ada yang menyatakan juga bahwa setiap jilbab adalah hijab, tetapi tidak semua hijab itu jilbab, sebagaimana yang tampak. Seperti dijelaskan di atas, hijab berasal dari kata hajaban yang artinya menutupi, dengan kata lain al-Hijab adalah benda yang menutupi sesuatu.

Dalam Al Qur'an pada dua surat Al-Ahzab :59 dan An-Nur :31 disebutkan kewajiban wanita muslim menggunakan hijab

2. Jilbab
Sedangkan Jilbāb (Arab: جلباب ) adalah busana muslim terusan panjang menutupi seluruh badan kecuali wajah dan telapak tangan yang biasa dikenakan oleh para wanita muslim. Penggunaan jenis pakaian ini terkait dengan tuntunan syariat Islam untuk menggunakan pakaian yang menutup aurat atau dikenal dengan istilah hijab.

Secara terminologi, dalam kamus yang dianggap standar dalam Bahasa Arab, jilbab berarti selendang atau pakaian lebar yang dipakai wanita untuk menutupi kepala, dada dan bagian belakang tubuhnya.

3. Khimar/Khumur
Khimar/khumur adalah penutup kepala, leher dan menjulur hingga menutupi dada wanita dari belakang maupun dari depan (termasuk menutupi tulang selangka). Desain pakaian ini menutupi kepala, leher dan menjulur hingga menutupi dada wanita dari belakang maupun dari depan (termasuk menutupi tulang selangka).

Khimar ini tidak diikatkan ke leher seperti kerudung, karena jika hal tersebut dilakukan, maka akan memperjelas bentuk lekuk dada dari wanita. Jadi khimar harus menjulur lurus kebawah dari kepala ke seluruh dada tertutupi. Khimar seringkali disebut kerudung, tapi sebenarnya berbeda. Perintah Khimar terdapat dalam QS An-Nur ayat 31. Khimar adalah apa yang dapat menutupi kepala, leher dan dada tanpa menutupi muka.

4. Kerudung
Kerudung adalah semacam selendang yang menutupi sebagian besar atau seluruh bagian atas kepala dan rambut perempuan. Kerudung bisa dipakai karena berbagai tujuan, seperti demi kehangatan, untuk kebersihan, untuk fashion atau jati diri unik; dengan alasan keagamaan, menyembunyikan kebotakan, demi kesopanan, atau alasan-alasan lainnya. Pemakaian kerudung tidak dianjurkan dalam agama Islam.

Kerudung dapat menjadi sesuatu yang berhubungan dengan keagamaan. Perempuan Yahudi Ortodoks yang sudah menikah, misalnya, diwajibkan untuk menutupi rambut mereka, seringkali menggunakan kerudung yang dikenal dengan nama tiche atau snood, sesuai dengan aturan kesopanan tzniot.

Kerudung juga dipakai oleh perempuan Kristen Katolik saat menghadiri Misa atau Perayaan Ekaristi. Kerudung yang biasa dipakai oleh perempuan Kristen Katolik disebut Kerudung Misa atau Mantilla. Sebenarnya Tradisi ini sudah begitu lama di dalam Gereja bagi seorang wanita untuk memakai kerudung Misa (Mantilla) saat Perayaan Ekaristi. Bahkan sudah ada sejak zamannya Rasul Paulus, namun kelihatannya tradisi ini sudah mulai hilang termakan oleh zaman modern saat ini. Akan tetapi pemakaian Kerudung Misa belakangan ini mulai di populerkan kembali oleh Gereja mengingat makna pemakaiannya yang sangat mulia, namun pemakaian Kerudung Misa ini tidaklah menjadi kewajiban setiap wanita tetapi merupakan suatu bentuk devosi dan bentuk ketaataan atau kerendahan diri kepada Allah saat mengikuti Perayaan Ekaristi. Rambut wanita Katolik juga merupakan suatu mahkota kehormatan oleh karena itu, wanita mengerudungi dirinya sendiri dalam Misa, sebagai cara untuk menunjukkan kehormatan mereka,yang telah Allah sendirilah yang memberikan kehormatan tersebut.

Jadi kesimpulannya setiap jilbab adalah hijab, tetapi tidak semua hijab itu jilbab, sebagaimana yg tampak.  jilbab itu berupa pakaian Longgar, tebal atau tidak tembus pandang dan menampakkan lekukan tubuh yang menutupi seluruh anggota tubuh kecuali, telapak tangan dan wajah. Sedangkan hijab adalah sesuatu pembatas yang menutupi aurat. Begitu juga dengan khimar/khumur berbeda dengan kerudung, tetapi kerudung hampir mirip dengan Khimar , namun kerudung tidak dianjurkan dalam Islam, karena desain kerudung cuma sebagai penutup kepala saja. Kerudung yang hanya sebagai penutup kepala, tidak sepanjang khimar yang mampu menutupi dada wanita sekaligus. Kerudung hanya menutup kepala atau leher saja, akan tetapi bentuk lekuk tubuh pada bagian leher dan dada masih terlihat.

4 komentar:

  1. Penjelasan yang lengkap dan mudah dipahami, semoga semakin banyak yang membaca artikel ini supaya tidak salah istilah lagi tentang hijab, jilbab, dll :D

    BalasHapus
  2. Ingin beli hijab / kerudung hanya di www.pramafashion.com, kami menyediakan jilbab dan kerudung yang selalu update, modis, cantik dan elegan untuk pelanggan setia,
    ingat toko online kami hanya di www.pramafashion.com. untuk instagram kami #pramafashion, trimakasih

    admin pramafashion

    BalasHapus
  3. The scarves are in an assortment of styles, hues and textures and you can without much of a stretch arrange them with the hijabs. Best Jersey Hijabs

    BalasHapus
  4. It's up to you whether or not this is an idea that you might consider, but it could have a few problems. http://kaprayshapray.blogspot.co.uk/2017/07/hidden-pearls-hijab-review.html

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.