Kisah Anak Gembala yang Membuat Khalifah Umar bin Khattab Bercucuran Air Mata


Diriwayatkan oleh Abdullah bin Dinar, bahwa pada suatu hari dia berjalan dengan Khalifah Umar bin Khattab ra. Dari Madinah menuju kota Mekah, di tengah perjalanan mereka berjumpa dengan seorang anak gembala, yang sedang turun dari tempat pengembalaan dengan kambing-kambingnya yang banyak. Khalifah Umar bin Khattab ra. Ingin menguji anak tersebut, sampai dimana anak gembala tersebut bersifat amahah. Lalu Khalifah Umar bin Khattab menyapa anak gembala tersebut. Dan antara keduanya terjadi percakapan sebagai berikut :

Khalifah Umar bin Khattab ra. :”Wahai gembala, juallah kepadaku seekor anak kambing dari ternakmu itu.”

Anak gembala :“Aku ini hanya seorang budak.”

Khalifah Umar bin Khattab ra. :”Katakan saja nanti kepada tuanmu, anak kambing itu telah dimakan serigala.”

Anak gembala :Faainallaah (kalau begitu dimana Allah)?”

Jawaban anak gembala tersebut pendek, namun mengandung makna yang luar biasa. Sampai-sampai khalifah Umar bin Khattab ra. beserta rombongan kaum muslim kala itu, merinding mendengar jawban anak gembala tersebut.

Seakan-akan anak gembala itu berkata :

“Memang, tuan saya yang memiliki ternak ini, akan bisa saja saya tipu, dia tidak melihat apa yang saya lakukan di sini, tetapi bagaimana saya akan menipu Allah!” Bukankah Allah melihat apa-apa yang saya perbuat, maka Allah swt. mengetahui apa yang terguris dalam hati seseorang, dimanapun ia berada."

Tidaklah heran, apabila waktu itu Khalifah Umar bin Khattan ra. bercucuran air mata lantaran terharu atas jawaban anak gembala tersebut. Kemudian Khalifah Umar bin khattan ra mengajak anak gembala tersebut menjumpai tuannya pemilik kambing-kambing tersebut. Dan Khalifah Umar bin Khattab ra langsung ditebusnya kemerdekaan anak gembala tersebut, dan lalu berkat :

“Kalimat ‘faainallah’ inilah yang memerdekakan kamu di dunia ini, semoga kelak dengan kalimat itu pula akan memerdekakan kamu di akhirat.”

Demikianlah sahabat bacaan madani kisah anak gembala yang amanah, semoga kita termasuk orang-orang yang bisa mengemban amanah. Aamiin.
Share on Google Plus

About Bacaan madani

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Post a Comment