Tuesday, May 17, 2016

Amalan yang Memasukan Seseorang Kedalam Surga


Siapa yang tidak ingin kesurga? Tentu semua orang menginginkannya.
Surga (jannah) adalah suatu tempat yang nikmat atau menyenangkan yang disediakan bagi orang-orang yang bertaqwa atau beramal saleh. Surga itu bertingkat-tingkat dan bermacam-macam sesuai dengan kualitas dan tingkatan keimanan serta ketaatan kepada Allah swt.

Setiap manusia pasti ingin menikmati keindahan surga di alam akhirat nanti. Keindahan gambaran surga yang sering disampaikan dalam Al-Qur’an dan hadits sering kali membuat manusia menjadi semangat dalam berbuat amalan – amalan kebaikan yang dapat mengantarkannya untuk bisa menikmati indahnya surga.

Dalam Agama Islam sendiri, surga dijanjikan sebagai balasan untuk orang – orang yang mau mematuhi setiap perintah Allah SWT dan menjauhi segala larangan-Nya. Jika menilik dari statement ini, maka kunci untuk mendapatkan surga pada dasarnya tidak lah sulit. Kunci surga hanya terdiri dari dua perkara saja yaitu melakukan peritah Allah dan menjauhi larangan Allah. Ini beberapa amalan yang dapat membawa seseorang kedalam surga,


1. Menuntut Ilmu.
Rasulullah Saw bersabda,

“Barangsiapa yang melewati satu lorong untuk mencari ilmu berarti Allah subhanahu wa ta’ala telah memudahkan baginya satu jalan menuju surga.” (HR. Muslim)

2. Menyempurnakan Wudhu dan Berdo’a.
Dari Umar bin Khathab ra, Rasulullah Saw bersabda :

“Tidak ada seseorang darimu yang berwudhu lalu menyempurnakan wudhu, kemudian ia membaca: ‘Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah (yang berhak disembah) selain Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan rasul-Nya’, kecuali dibukakan baginya pintu pintu surga, ia masuk dari manapun yang dia kehendaki." (HR.Muslim)

3. Membangun Masjid.
Dari Utsman bin Affan ra, Rasulullah Saw bersabda :

“Barangsiapa yang membangun masjid karena mengharap wajah Allah subhanahu wa ta’ala niscaya Allah subhanahu wata’ala membangunkan rumah untuknya di surga." (Muttafaqun ‘alaih)

4. Melaksanakan Shalat Lima Waktu.
Dari Ubadah bin Shamit ra, Rasulullah Saw bersabda :

"Shalat lima waktu yang diwajibkan Allah subhanahu wa ta’ala kepada hamba, barangsiapa yang melaksanakannya dan tidak menyia-nyiakan sedikit pun darinya karena meremehkan haknya, niscaya janji untuknya di sisi Allah bahwa Allah memasukkannya ke dalam surga." (HR. Ahmad, Abu Daud dan an-Nasa`i)

Hal ini seperti apa yang disampaikan oleh Rasulullah SAW dalam sebuah hadits yang artinya 

“Barang siapa yang pergi ke masjid atau pulang dari masjid, niscahya Allah SWT akan mempersiapkan untuknya nuzul (rezeki berupa makanan pokok) di dalam surga setiap kali dia pergi dan pulang.” (H.R. Bukhari dan Muslim).

5. Melaksanakan Shalat Rawatib.
Dari Ummu Habibah rh, Rasulullah Saw bersabda :

"Tidak ada seorang muslim yang shalat sunnah karena Allah setiap hari dua belas rekaat yang bukan fardhu, kecuali Allah membangunkan Istana untuknya di surga.” (HR.Muslim)

6. Melaksanakan Puasa.
Dari Sahl bin Sa’ad ra, Rasulullah Saw bersabda :

"Sesungguhnya di dalam surga ada satu pintu yang dinamakan Rayyan, yang dimasuki oleh orang-orang yang rajin berpuasa dan tidak ada seorang pun yang memasukinya selain mereka." (Muttafaqun ‘alaih)

7. Menunaikan Ibadah Haji dan Umrah.
Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah Saw bersabda :

“Satu umrah kepada umrah berikutnya merupakan kafarat di antara keduanya, dan haji mabrur tidak ada balasannya kecuali surga." (Muttafaqun ‘alaih)

8. Mengurus dan Menyayangi Anak Perempuan.
Dari Jabir ra, Rasulullah Saw bersabda :

"Barangsiapa yang mempunyai tiga orang putri yang dia mengurus, menyayangi dan menjamin mereka niscaya wajib baginya surga.’ Ada yang bertanya: Ya Rasulullah, jika hanya dua orang? Beliau menjawab: ‘Sekalipun hanya dua orang.’ kemudian ada seseorang bertanya: ‘Jika hanya satu? Tentu, Beliau bersabda: Sekalipun hanya satu orang." (HR.Ahmad)

Dalam Riwayat lain :

“Barangsiapa yang diberi cobaan lewat beberapa anak putrinya, lalu ia memperlakukan mereka dengan baik, niscaya mereka menjadi penutup dia dari neraka." (HR.Muslim)

9. Dari ‘Iyadh bin Hamar al-Majasyi’i ra, Rasulullah Saw bersabda :

“Penghuni surga ada tiga: Pemilik kekuasaan yang adil, bersedekah lagi benar, laki-laki yang penyayang, lembut hati bagi karib kerabat, dan seorang muslim menahan diri dari yang haram, serta tidak meminta-minta walaupun punya banyak tanggungan." (HR.Muslim)

10. Menebarkan Salam, Memberi Makan, Menyambung silaturrahim dan Shalat Malam
Menyebarkan salam itu akan menumbuhkan rasa cinta diantara manusia. Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Tidak akan masuk surga sampai kalian beriman, dan kalian tidak beriman sampai kalian saling mencintai. Maukah kalian aku tunjukkan sesuatu yang jika kalian kerjakan maka kalian akan saling mencintai ? Sebarkanlah salam di antara kalian.” (HR. Muslim)

Dari ‘Abdullah bin Salâm, ia berkata: “Ketika Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam datang ke Madinah, orang-orang segera pergi menuju beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam (karena ingin melihatnya). Ada yang mengatakan: Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah datang, lalu aku mendatanginya ditengah kerumunan banyak orang untuk melihatnya. Ketika aku melihat wajah Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam , aku mengetahui bahwa wajahnya bukanlah wajah pembohong. Dan yang pertama kali beliau ucapkan adalah, ‘Wahai sekalian manusia, sebarkanlah salam, berikan makan, sambunglah silaturrahim, shalatlah di waktu malam ketika orang-orang tertidur, niscaya kalian akan masuk Surga dengan selamat.”

Sahabat bacaan madani. Inilah sebagian dari hadits-hadits Nabi Saw yang menjelaskan amal-amal penghuni surga, semoga Allah memudahkan Kita dan meneguhkan hati kita untuk tetap beramal Shaleh penuh keikhlasan dan Bertakwa kepada-Nya. 

No comments:

Post a Comment