Mengenal Sifat dan Perilaku Jin, Iblis dan Setan

Kata Jin berasal dari bahasa Arab artinya menutupi atau merahasiakan, yang dimaksudkan adalah bahwa jin tertutup dari panca indra. Jin adalah makhluk halus yang tidak dapat dilihat, ia diciptakan dari api.

Adapun kata ‘Iblis’ berasal dari bahasa Arab, yaitu “Iblas” artinya putus asa (dari rahmat atau kasih sayang Allah). Sedangkan kata Setan berasal dari bahasa arab, yaitu “Syaitana” yang artinya jauh. Maksudnya adalah setan itu sangat jauh dari kebaikan dan sangat dekat dari keburukan atau kejahatan.

Iblis dan setan adalah makhluk halus dari golongan jin. Makhluk ini diciptakan Allah Swt dari api. Kerjanya merangsang keinginan nafsu rendah manusia. Iblis adalah makhluk yang pertama kali mengingkari perintah Allah Swt. Setan identik dengan iblis.

Dengan menyandang nama “Setan”, dan tidak hanya membangkang terhadap perintah Allah Swt sebagaimana yang dilakukan iblis, tetapi juga menggoda manusia. Sifat dan Perilaku Jin, Iblis dan Setan sebagai berikut,

Sifat-Sifat Jin.

1. Tidak dapat dilihat oleh indra manusia.
2. Diciptakan dari api yang sangat panas.
3. Ada yang mengakui ke-Esaan Allah Swt., dan ada pula yang membangkang perintah Allah Swt.

Perilaku Jin.

Jin juga diperintahkan oleh Allah Swt untuk menerima syariat Islam sebagaimana yang diperintahkan kepada manusia. Menurut sebagian ulama, rupa, tabiat, kelakuan, dan perangai jin mirip manusia. Karena jin juga seperti manusia, mereka pun ada yang baik dan yang jahat, ada yang muslim dan yang kafir. Jin juga memiliki tingkatan iman, ilmu, dan amalan tertentu berdasarkan keimanan dan amalan mereka kepada Allah Swt.

Walaupun jin Islam yang paling tinggi imannya dan paling saleh amalannya serta paling luas dan banyak ilmunya, tetapi masih ada pada diri mereka sifat-sifat tercela seperti takabbur, riya’, ujub, dan sebagainya. Namun bisa saja mereka mudah menerima teguran dan pengajaran.

Sifat Iblis dan Setan.

1. Tidak dapat dilihat oleh indra manusia.
2. Diciptakan dari api yang sangat panas.
3. Angkuh dan sombong sebagai sifat dasar dari setan atau iblis.
4. Selalu membangkang terhadap perintah Allah Swt.
5. Tidak mati sebelum datangnya hari kiamat.

Perilaku (Tugas) Iblis dan Setan.

Mengingkari perintah Allah dan tidak mau menghormati Adam, tetapi juga berusaha menggoda Adam dan Hawa memakan buah terlarang. Menghendaki agar manusia menempuh jalan yang sesat, serta menggoda manusia agar menyeleweng dari petunjuk Allah Swt. Setan/Iblis senang jika manusia hidup menderita. Dia akan membinasakan dan menggoda Adam beserta seluruh keturunannya (yaitu golongan manusia) sampai hari kiamat.

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang sifat-sifat dan perilaku jin, iblis dan setan. Kepada Allah Swt juga kita bermohon, semoga kita dan keluarga kita di jauhkan dari gangguan dan godaan jin, iblis dan setan tersebut. Aamiin.
Share on Google Plus

About Bacaan madani

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Post a Comment