Sunday, December 31, 2017

7 Akibat Buruk Dari Mengkomsumsi Makanan Dan Minuman Yang Haram dalam Islam

Banyak terjadi salah sangka dari masyarakat bahwa menjari rezeki yang haram saja sulit, apalagi yang halal. Hal itu malah memicu banyak kesalahapahaman tentang halal dan haram suatu rezeki. Akhirnya, banyak masyarakat menghalalkan segala cara untuk mencari rezeki, padahal belum tentu halal. Kita sebagai orang bertaqwa hendaknya menghindari hal itu dengan banyak mempelajari Al Qur’an dan Hadist tentang pengertian halal dan haram.

Apabila manusia memakan makanan dan meminum minuman yang haram maka akan menimbulkan akibat buruk baik manusia itu sendiri baik terhadap pribadinya maupun terhadap orang lain atau masyarakat bahwaka terhadap lingkungannya.

Di antara akibat buruk dari makanan dan miuman yang haram adalah:

1. Amal ibadahya tidak akan diterima dan doanya tidak akan dikabulkan Allah Swt. Rasulullah Saw bersabda yang artinya:
Dari Abu Hurairah R.a. ia berkata:

عَن أبى هُريرَة رَضيَ للهُ عَنْه ُقَالَ : قَالَ رَسُولُ الله صلى الله عليه وسلم إِنَّ اللهَ تَعَالى لَايقْبَلُ إِلَّا طَيِّبًا وَإِنَّ اللهَ أَمَرَ المُؤْمِنِينَ بِمَا أَمَرَبِهِ الْمُرْسَلِيْنَ فَقَالَ : يَا أَيُّهَاالُّرُّسُلُ كُلُوا مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَاعْمَلُوا صَالِحًا وَقَالَ تَعَالَى : يَا أَيُّهَاالَّذِيْنَ آَمَنُوا كُلُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَارَزَقْنَاكُمْ .... (رواه مسلم)

Artinya: “ “Rasulullah Saw bersabda: Sesungguhnya Allah Saw adalah Dzat Yang Maha Baik, tidak mau menerima kecuali yang baik dan sesungguhnya Allah telah memerintahkan orang-orang mukmin sesuai dengan yang diperintahkan kepada para Rasul. Allah Ta’ala berfirman: Hai Para Rasul, makanlah dari amaknan yang baik-baik dan kerjakanlah amal yang shalih, Allah Swt berfirman: Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rizki yang baik-baik yang kami berikan kepada kamu sekalian…” (HR. Muslim)

2. Makanan dan minuman haram bisa merusak jiwa (terutama minuman keras yang mengandung alkohol), seperti:

a. Kecerdasan menurun
b. Cenderung lupa dan melakukan hal-hal yang negatif
c. Senang menyendiri dan melamun
d. Semangat kerja berkurangan.

3. Makan dan minuman yang haram dapat membahayakan kesehatan.

4. Makanan dan minuman yang haram memubadirkan harta.

5. Menimbulkan permusuhan dan kebencian.

6. Menghalangi terkabulnya doa, karena telah melanggar aturan Allah Swt.

7. Menghalangi mengingat Allah Swt.

Allah swt. berfirman:

إِنَّمَا يُرِيدُ الشَّيْطَانُ أَنْ يُوقِعَ بَيْنَكُمُ الْعَدَاوَةَ وَالْبَغْضَاءَ فِي الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ وَيَصُدَّكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ وَعَنِ الصَّلوةِ فَهَلْ أَنْتُمْ مُنتَهُونَ

Artinya: "Sesungguhnya syaitan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu lantaran (meminum) khamar dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan sembahyang; Maka berhentilah kamu (dari mengerjakan pekerjaan itu)." (QS. Al-Maidah: 91)

Usaha - usaha  untuk Menghindari  makanan dan Minuman yang Haram.
Sebagai seorang muslim kita harus berusaha menghindari atau menjauhi makanan dan minuman yang haram. Agar dapat menghindari makanan dan minuuman yang diharamkan, hendaklah diperhatikan hal-hal berikut :

1. Tanamkan di dalam diri sikap benci dan tidak suka terhadap makanan dan minunam yang diharamkan.

2. Hendaklah difahami betul macam-macam makanan dan minuman yang diharamkan.

3. Jika terdapat keraguan terhadap makanan dan minuman tersebut tanyakanlah kepada ulama terdekat.

4. Bersikap hati-hati terhadap makanan dan minuman yang telah diolah atau dalam kemasan.

5. Tanamkan keyakinan di dalam diri bahwa makan dan minum sesuatu yang haram akan merusak dan membahayakan jiwa kita.

6. Menjauhi pergaulan yang mengarah pada makanan dan minuman ynag haram.

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang akibat buruk dari memakan makanan Dan minuman yang haram dalam Islam. Sumber Buku Fiqih Kelas VIII MTS Kementerian Agama Republik Indonesia, 2015. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.

No comments:

Post a Comment